Stilton

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Stilton
Blue Stilton Quarter Front.jpg
Negara asal Inggris
Wilayah Derbyshire, Leicestershire, Nottinghamshire
Sumber susu Sapi
Dipasteurisasi Ya
Tekstur Keras
Kadar lemak 52%
Waktu pematangan 12 minggu [1]

Stilton adalah keju dari negara Inggris yang dibuat dengan menggunakan susu sapi yang dipasteurisasi dan memiliki tekstur yang bercorak biru karena penambahan jamur pada proses pembuatannya.[1] Keju Stilton memiliki bentuk silinder yang tinggi dengan kulit yang tebal, berkerut dan padat.[1] Warna dari kulit tersebut adalah coklat keabu-abuan dengan bercak-bercak putih.[1] Kulit tersebut memiliki lubang-lubang sangat kecil yang merupakan hasil dari menusukkan jarum.[2] Jarum tersebut ditusukkan pada kulit keju agar udara di bagian dalam keju dapat keluar.[2] Berat dari keju ini berkisar antara 2.5 kilogram atau 8 kilogram.[2] Stilton pertama kali dipopulerkan oleh Bell Inn, yaitu sebuah penginapan bagi para wisatawan dari London yang hendak ke York.[1] Keju Stilton muda berwarna seperti gading dan rapuh.[1] Sedangkan keju Stilton tua memiliki warna yang lebih gelap dan memiliki corak biru yang lebih menonjol.[1]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d e f g (Inggris) Iburg, Anne (2004). Dumont's Lexicon of Cheese. Rebo International b.v., Lisse, The Netherlands. ISBN 978-90-366-1689-8.  Page 276-279.
  2. ^ a b c (Inggris) Harbutt, Juliet (2006). The World Encyclopedia of Cheese. Anness Publishing Ltd. ISBN 978-1-84309-960-4.  Page 76.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Wikidata: Stilton cheese