Steyl

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Steyl merupakan sebuah desa di wilayah Venlo (daerah Tegelen) di Belanda. Steyl dikenal sebagai daerah dengan banyak biara.

Letak Steyl di wilayah Tegelen

Letak[sunting | sunting sumber]

Steyl terletak di pinggir kanan Sungai Meuse. Sebuah feri menghubungi Steyl dengan Baarlo. Di masa lalu Steyl harus sering menghadapi banjir karena tingginya Sungai Meuse. Banjir besar terakhir terjadi pada tahun 1995. Saat banjir sebagian besar Kota Lama Steyl ditutupi air.

Steyl dibagi menjadi dua wilayah:

  1. Bekas Steyl: Pusat kota lama, terletak di sebelah barat Roermondseweg, jalan utama di Tegelen.
  2. Steyl Baru: Wilayah baru, terletak di sebelah timur Roermondseweg. Juga dikenal dengan nama Alland.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada Zaman Pertengahan Steyl digunakan sebagai bandar untuk impor anggur, batu bara, dan barang lain yang dimaksud untuk wilayah Gulick. Ini membuat pedagang Steyl sangat kaya, khususnya pada abad ke-18. Bandar itu sekarang sudah tidak ada, tetapi masih ada banyak bangunan dari zaman itu. Ada setidaknya empat tempat biara di Steyl pada abad ke-20; sebagian besar didirikan Arnold Janssen, orang Jerman, pada dekade 1870-an. Desa Steyl merupakan sebuah jawatan sampai tahun 1933, ketika dijadikan paroki.

Mission Museum merupakan museum tertua di Venlo dan menceritakan sejarah Gereja. Ada pula taman Jochum Hof, yang dinamakan untuk guru biologi Pr. Peter Jochum. Ada pula Museum Limburgs Schutterij Museum, yang berisikan barang dari milisi Belanda. Pada tahun 2008 museum ini nyaris roboh karena kebakaran, dan sebagian koleksinya hangus.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • A.J. Welschen 2000-2005: Course Dutch Society and Culture, International School for Humanities and Social Studies ISHSS, Universiteit van Amsterdam

Koordinat: 51°20′LU 6°08′BT / 51,333°LU 6,133°BT / 51.333; 6.133