Stephen Foster

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Stephen Foster

Stephen Collins Foster (4 Juli 182613 Januari 1864), yang dikenal sebagai "bapak musik Amerika," adalah seorang komponis terkemuka Amerika Serikat pada abad ke-19. Lagu-lagunya, seperti "Oh! Susanna", "Camptown Races", "My Old Kentucky Home", "Old Black Joe", "Beautiful Dreamer" dan "Old Folks at Home" ("Swanee River") masih tetap populer lebih dari 150 tahun setelah dikarang.

Masa kecil[sunting | sunting sumber]

Foster dilahirkan di Lawrenceville, kini bagian dari Pittsburgh, Pennsylvania, dan bertumbuh sebagai anak bungsu dari 10 bersaudara dalam sebuah keluarga kelas menengah yang akhirnya hampir melarat setelah ayahnya menjadi seorang pecandu alkohol. Pendidikan Foster termasuk sebulan di sekolah tinggi, namun ia tidak banyak memperoleh pendidikan musik yang formal. Meskipun demikian, ia menerbitkan sejumlah lagu sebelum usianya mencapai 20 tahun. Lagunya yang pertama, "Open Thy Lattice Love," muncul ketika ia berusia 18 tahun.

Stephen sangat dipengaruhi oleh dua orang di masa remajanya: Henry Kleber (1816-1897) dan Dan Rice. Yang pertama adalah seorang musikus yang terlatih dalam bidang musik klasik yang bermigrasi dari kota Darmstadt di Jerman, dan membuka sebuah toko musik di Pittsburgh, dan merupakan salah satu dari segelintir guru musik formal Stephen. Rice adalah seorang penghibur -- seorang badut dan penyanyi yang wajahnya biasa dihitamkan. Ia hidup dengan melakukan sirkus keliling. Dua dunia musik yang sangat berbeda ini menciptakan ketegangan dalam hidup Foster yang masih remaja. Meskipun ia menghargai lagu-lagu yang lebih beradab di masanya, Stephen dan teman-temannya seringkali duduk di sebuah piano, mengarang dan menyanyikan lagu minstrel sepanjang malam. Akhirnya, Foster belajar mencampurkan kedua genre itu ke dalam beberapa dari karyanya yang terbaik.


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  • Emerson, Ken (1998). Doo Dah! Stephen Foster and the Rise of American Popular Culture. De Capo Press. ISBN 0-306-80852-8.
  • Charles Hamm (1979). Yesterdays: Popular Song in America (Chapter 10, "Old Folks at Home, or, the Songs of Stephen Foster"). W. W. Norton & Company. ISBN 0-393-01257-3.

Sumber[sunting | sunting sumber]

Aneka rupa / Rujukan dalam budaya populer[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]