Steeljaw

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Steeljaw
Autobot
Sub-grup Mini-cassettes
Fungsi Tracker
Peringkat 6
Rekan Eject
Semboyan "What the eyes don't see, the nose knows."
Model alternatif Lion/Cassette Tape
Seri Transformers: Generation 1

Steeljaw merupakan nama untuk salah satu robot kaset dari Blaster dalam serial The Transformers Generation One.

Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Ia merupakan anggota Autobots, dan merupakan bagian dari tim mini-kaset Blaster. Ia bisa berubah menjadi seekor singa, dengan kemampuan cerdas sebagai pemburu. Saingannya adalah Ravage di Decepticons.

Sebagai member dari mini-kaset Blaster, ia bekerja dengan anggota lainnya, Eject, Grandslam, Raindance, Rewind, dan Ramhorn.

Ketika Steeljaw berburu, ia mempunyai perasaan yang sensitif dan pintar. Dengan determenasi tinggi, sifat yang dingin, dan tentu saja selalu professional dalam setiap misinya.

Ia mampu menjelajah hingga jarak 800 mil, dilengkapi dengan rahang yang kuat –dapat memutuskan kabel besi dengan sekali gigit. Mempunyai dua senapan yang ditenagai Matahari, dan bisa menembak 1200 kali per menit, dan bisa mengumpulkan energi sendiri secara elektromagnetik dalam mode kaset.

Penampilan[sunting | sunting sumber]

The Transformers: The Movie[sunting | sunting sumber]

Dalam film ini, Blaster dan kaset-kasetnya merupakan pegawai di Autobot City di Bumi. Dimana Megatron kemudian menyerangnya. Blaster kemudian mengirim sinyal ke Optimus Prime di Bulan, sayangnya transmisi radionya tertangkap oleh Soundwave dan sempat dibelokan arahnya, namun karena transmisi radio tersebut lebih kuat, sinyal dari Blaster akhirnya bisa masuk ke Bulan.

Setelah serangan, Blaster menerima balasan sinyal dari markas Autobots Bulan Satu dan Dua, dan setelah itu Blaster bersama kaset-kasetnya tidak tampil lagi sampai film selesai.

Transformers G1: season tiga[sunting | sunting sumber]

Steeljaw baru tampil secara mandiri dalam episode "Call of the Primitives" sebagai salah satu Transformers Primitif (semua Transformers hewan termasuk Dinobots, Predacons, dan Terrorcons, termasuk Sky Lynx) ketika ia dipanggil oleh Primacron untuk melawan ciptaannya, Tornedron, namun Grimlock berhasil menggagalkan usaha tersebut dengan mematikan mesin energi utamanya.

Dalam episode 78, "Madman's Paradise", Spike dan istrinya, Carly menghadiri sebuah acara di Cybertron untuk menghormati duta besar. Putra mereka, Daniel bosan dan kemudian pergi. Grimlock kemudian menemaninya dan mereka lantas jatuh ke dimensi lain, dimana Quintessons sedang mengacau di dimensi tersebut.

Kemudian Ultra Magnus, Blaster, Eject, Rewind, Ramhorn, Steeljaw, dan Carly pergi mencari Daniel. Lantas mereka semua berhasil membuat Quintessons tersebut lari tunggang langgang, dan dengan pertolongan Perceptor, Daniel beserta ibunya dan para Autobots berhasil kembali ke Cybertron.

Dalam episode "The Quintesson Journal" Steeljaw kemudian menjadi salah satu tim Autobots yang berhasil memperbaiki peralatan milik Quintessons. Lalu bersama Ramhorn, ia juga sempat melawan Galvatron yang ketika itu tampil dalam mode kanon.

Steeljaw merupakan salah satu Autobots yang terkena infeksi hate plague karena sentuhan Superion. Setelah Optimus Prime hidup kembali, ia bersama Sky Lynx sempat pergi ke Chaar untuk mencari potongan metal yang dikembangkan oleh Dr. Morgan, dan kemudian berhasil diambil oleh Galvatron. Ironisnya, Galvatron, Sky Lynx, dan Steeljaw terkena wabah tersebut, dan mereka akhirnya bisa ditolong melalui kekuatan Matrix dari Optimus Prime.

Mainan[sunting | sunting sumber]

Mainan Steeljaw merupakan satu bagian lengkap yang dirilis bersama Eject. Namun tidak dirilis secara lengkap bersama sang pemilik, Blaster.