Stay Out of the Basement

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Stay Out of the Basement atau dalam terjemahan Indonesianya Jauhi Ruang Bawah Tanah adalah buku kedua dari seri Goosebumps karya R.L. Stine.

Plot[sunting | sunting sumber]

Dr. Brewer, seorang botanis dan baru saja dipecat, menghabiskan seluruh waktunya diruang bawah tanah rumahnya untuk melakukan penelitian. Dr. Brewer sudah memperingatkan anaknya, Margaret dan Casey, untuk tidak masuk, tapi mereka masuk juga. Didalam sana, mereka menemukan banyak sekali spesies-spesies aneh tanaman yang belum pernah mereka jumpai. Saat mereka akan naik keatas lagi, Dr. Brewer sudah pulang dan Casey menyadari bahwa t-shirt yang dia lepaskan tadi masih tertinggal dibawah. Setelah mengambilnya, keduanya ketahuan oleh Dr. Brewer dan ia terlihat akan marah, namun ia tidak marah. Margaret lalu semakin merasa ngeri terhadap ayahnya setelah ia memergoki ayahnya sedang memakan pupuk, tidur diranjang bersama tanaman, dan berdarah warna hijau. Setelah topi baseball yang selalu ia pakai lepas, terlihat bahwa daun tumbuh dikepalanya. Lalu ia menjelaskan, bahwa ia berusaha membuat tanaman yang tercipta dari campuran genetik manusia dan tumbuhan.

Margaret dan Casey kemudian turun keruang bawah tanah sekali lagi, hanya untuk menemukan Dr. Brewer lainnya sudah terkunci dalam kloset. Kakak beradik itu menyadari, bahwa sebenarnya orang yang mereka sebut ayah itu selama ini adalah kloningan yang sempurna dari Dr. Brewer yang asli. Dr. Brewer yang asli berusaha membuat kloningan dari dirinya, namun kloningan itu terlalu berambisi sehingga ia mengunci Dr. Brewer yang asli di kloset. Lalu, kloningan dari Dr. Brewer itu dibelah menjadi dua secara vertikal oleh Margaret dengan sebuah kapak, dan mengucurkan darah hijau, bukan merah. Lalu Dr. Brewer yang asli menghancurkan semua tanaman yang ada disana, dan berencana akan mengubah ruang bawah tanah yang hijau, pengap dan mengerikan itu menjadi ruang rekreasi dengan meja billiard dan lainnya.

Dibagian terakhir, saat Margaret sedang melihat bagian belakang rumahnya yang ditumbuhi beberapa bunga dari ruang bawah tanah itu, setangkai bunga mendekati Margaret, dan berbicara kepada Margaret, bahwa ia adalah Dr. Brewer yang asli.

Adaptasi Televisi[sunting | sunting sumber]

  • Dibuku, yang Casey lepaskan diruang bawah tanah adalah t-shirt. Diserial TV, yang dia lepaskan adalah sweater.
  • Dibuku, Margaret menyelamatkan Casey yang tertangkap tanaman saat mengambil t-shirt nya. Diserial TV, ia berhasil mengambilnya.
  • Dibuku, Dr. Brewer mencoba memberi makan Margaret dan Casey tanaman saat makan siang. Diserial TV, itu untuk sarapan.

Tagline[sunting | sunting sumber]

  • Versi asli : "Something waiting in the dark"
  • Versi Indonesia : "Sesuatu menanti dalam gelap"

Lihat Juga[sunting | sunting sumber]