Stasiun kerja

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sun SparcStation 4 menjalankan CDE

Sebuah stasiun kerja (bahasa Inggris: workstation) adalah komputer yang digunakan untuk perhitungan ilmiah atau teknis, atau keperluan. Komputer-komputer ini biasanya mahal, komputer dengan biaya tinggi. Mereka berbeda dari komputer biasa digunakan untuk pengolahan teks. Sangat sering mereka memiliki sistem operasi yang memungkinkan beberapa pengguna untuk bekerja di depan komputer pada waktu yang sama. Sangat sering, stasiun kerja yang terhubung ke jaringan komputer. Komputer terminal dapat digunakan untuk mengaksesnya. Saat ini, hampir semua stasiun kerja menggunakan sistem operasi unix atau mirip-unix.

Komputer stasiun kerja sering menggunakan CPU kelas server 64-bit seperti Intel Xeon atau AMD Opteron, dan beberapa memiliki lebih dari satu CPU. Mereka juga mungkin memiliki memori lebih dari komputer desktop biasa, dan mereka sering memiliki 10000 atau 15000 RPM cakram keras atau solid state drive. Beberapa stasiun kerja memiliki perangkat yang tidak umum digunakan pada komputer desktop normal, seperti SCSI, Fibre Channel, dan 10 gigabit Ethernet.

Beberapa teknologi yang dulunya hanya ditemukan pada stasiun kerja kini telah menjadi umum di komputer pribadi biasa, seperti prosesor multi-inti, solid-state drive, grafis akselerasi perangkat keras, warna 24-bit, akses Internet broadband, memori virtual, multitasking pre-emptive, dan OpenCL.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]