Stasiun Union

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Salah satu tangga utama Stasiun Union.

Stasiun Union adalah sebuah stasiun kereta api di Chicago yang dibuka pada tahun 1925, menggantikan stasiun sebelumnya yang dibuka pada 1881. Stasiun ini adalah satu-satunya terminal kereta antarkota di Chicago sekarang. Stasiun Union dibangun di sisi barat sungai Chicago dan berdiri di antara Adams Street dan Jackson Street. Panjangnya sekitar sembilan setengah blok, dan hampir seluruhnya berada di bawah tanah. Stasiun ini dimiliki oleh Chicago Union Station Company, anak perusahaan Amtrak.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Pada 7 April 1874, the Pennsylvania Company, Chicago, Burlington and Quincy Railroad, Michigan Central Railroad, Chicago and Alton Railroad, dan Chicago, Milwaukee and St. Paul Railway menandatangani perjanjian untuk membangun sebuah stasiun pusat di tanah yang dimiliki oleh Pennsylvania Company antara Van Buren Street dan Madison Street.

Union Station kedua dibangun oleh Chicago Union Station Company. Dirancang oleh arsitek Daniel Burnham, bangunan ini bergaya neoklasik. Ruang tunggu utamanya bergaya Beaux-Arts, tingginya sekitar 34 meter. Dalam Perang Dunia II, stasiun ini menangani sekitar 300 kereta dan 100.000 penumpang setiap hari.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Galeri[sunting | sunting sumber]