Stasiun Parungpanjang

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari
Stasiun Parung Panjang
Stasiun Parungpanjang.jpg
Stasiun Parung Panjang.
Letak
Provinsi Jawa Barat
Kabupaten Bogor
Kecamatan Parung Panjang
Alamat Jalan Sayuti No. 2
Kode pos 16360
Sejarah
Informasi lain
Operator Daerah Operasi I Jakarta
Singkatan stasiun PRP
Ketinggian +54 m
Layanan Rangkas Jaya, Patas Merak, KA Commuter Jabodetabek.
Operasi
Stasiun sebelumnya   KRL Jabodetabek   Stasiun selanjutnya
Maja-Tanah Abang
menuju Maja
Tata letak stasiun

Stasiun Parung Panjang (PRP) merupakan stasiun yang terletak di Parung Panjang, Bogor. Pada zaman penjajahan Belanda stasiun ini merupakan stasiun pembantu untuk bengkel, karena berada pertengahan antara Merak dan Jakarta. Dahulu stasiun ini merupakan stasiun yang cukup besar, lebih besar daripada Stasiun Tanahabang.Templat:Butuh Referensi

Stasiun ini sudah tidak menjadi titik akhir stasiun terelektrifikasi, karena sudah diperpanjang sampai Stasiun Maja. Stasiun ini berada di depan Pasar Parung Panjang. Stasiun ini juga tidak jauh dari jalan raya Curug-Parung Panjang-Lebakwangi, sehingga banyak penumpang yang berasal dari Curug yang turun di sini. Saat ini jalur elektrifikasi sudah sampai Stasiun Maja.

Rencananya jalur elektrifikasi akan kembali diperpanjang hingga Stasiun Rangkasbitung dan juga menjadi titik terminus dari jalur lingkar baru dari KA Commuter Jabodetabek menuju Stasiun Cikarang melalui Stasiun Nambo dan Stasiun Citayam jika jalur kereta api Citayam-Nambo diaktifkan kembali serta perpanjangan jalur elektrifikasi dari Blue Line hingga Stasiun Cikarang.

Pengembangan stasiun saat ini sedang dikembangan di sisi Timur stasiun. Pembangunan fisik stasiun sesuai rencana pembangunan jangka panjang Stasiun Parung Panjang.

Saat ini memiliki 4 peron, dengan peron 1 dan 4 untuk parkir KRL, peron 2 untuk kereta menuju Tigaraksa - Maja - Serang - Rangkas - Merak. Peron 3 untuk kereta tujuan stasiun Serpong - Tanah Abang.

Kereta api[sunting | sunting sumber]



Stasiun sebelumnya:
Stasiun Cicayur
Stasiun berikutnya:
Stasiun Cilejit

Koordinat: 6°20′39″LS 106°34′07″BT / 6,3441538°LS 106,5686595°BT / -6.3441538; 106.5686595