Stasiun MRT Expo

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
 CG1  DT35 
Stasiun MRT Expo
博览地铁站
எக்ஸ்போ
Angkutan cepat
Cg1 expo exterior.jpg
Struktur unik Stasiun MRT Expo
Statistik stasiun
Alamat 21 Changi South Avenue 1
Singapore 486065
Koordinat 1°20′7,69″LU 103°57′42,36″BT / 1,33333°LU 103,95°BT / 1.33333; 103.95000
Jalur
Hubungan Bis, Taxi
Struktur Melayang (Jalur Timur Barat)
Bawah tanah (Jalur Pusat Kota)
Tingkat 2
Peron Island
Rel 2
Informasi lain
Dibuka 10 Januari 2001 (Jalur Timur Barat)
Akses Handicapped/disabled access
Kode CG1 / DT35
Operasi
Stasiun sebelumnya   Mass Rapid Transit   Stasiun selanjutnya
Terminus
Jalur Timur Barat
Changi
Terminus
Jalur Pusat Kota Terminus
Letak
Stasiun MRT Expo
Jalur Timur Barat & Pusat Kota
Kereta C751B di peron

The Stasiun MRT Expo (Kode CG1 / DT35) dibuka sejak 10 Januari 2001 merupakan bagian dari MRT Singapura jalur tambahan Changi Airport ke Jalur Timur Barat. Dirancang dengan arsitektur era luar angkasa oleh Sir Norman Foster. Penutup atap dari bahan titanium, baja dan kaca, dirancang dengan peron tanpa tiang untuk memberikan keleluasaan ruang. Rancangan ini juga menggambarkan suasana kesibukan yang tergantung kegiatan di sebelahnya yaitu Singapore Expo, dimana kesibukan penumpang tergantung acara yang diadakan di Singapore Expo.

Bagian bawah tanah jalur ini ke Stasiun MRT Changi Aiport adalah bagian terpanjang dari dua stasiun MRT di Singapura.

Otorita Transportasi Darat sudah mengumumkan bahwa stasiun ini akan menjadi persimpangan dengan Jalur Pusat Kota pada masa mendatang.

Pemberian kode stasiun ini sebelumnya adalah EW28 sebelum diganti menjadi CG1 pada 20 Juni 2003. Pemberian kode yang sama dipakai juga di Stasiun MRT Pioneer

Arsitektur[sunting | sunting sumber]

Stasiun MRT Expo.

Rancangan atap model cangkang merupakan bagian dari sebuah torus, sebagian merupakan bentuk potongan tegak lurus dari sisi silinder dari torus, yang mana atap cangkang ini didukung oleh dua pasang kolom berbentuk "Y" yang terpisah 70 meter. Kolom ini unik karena dibangun di luar peron stasiun dan berada disamping rel.

Ciri khas lain adalah adanya bentuk piringan besar di atas lift kaca, seperti terlihat di foto sebelah kanan. Piringan yang menggantung di satu bagian bentuk atap lengkung melindungi lift untuk penyandang cacat. Bentuk yang tidak umum ini menyebabkan komentar masyarakat bahwa bentuknya seperti pesawat atau UFO. Meski bentuk ini bukan yang pertama di Singapura karena juga dipakai di gedung baru Supreme Court yang dibangun di pusat kota Singapura pada 2006.

Jadwal layanan[sunting | sunting sumber]

Layanan ke stasiun Expo ini beroperasi untuk dua stasiun dari Stasiun MRT Tanah Merah sebagai penerus jalur layanan dari stasiun Boon Lay sewaktu pertama kali dibuka. Kemudian menjadi bagian perpanjangan sampai ke Stasiun MRT Changi Airport ketika stasiun itu dibuka. Namun karena untuk mengurangi biaya operasional mengingat penumpang yang sedikit dibanding perkiraan, layanan berubah menjadi jalur ulang alik sejak 22 Juli 2003.

Saat ini stasiun dipenuhi penumpang ketika ada kegiatan besar di Singapore Expo. Pengembangan Singapore Expo membantu peningkatan penumpang di stasiun ini. Namun jumlah penumpang akan turun ketika tidak ada aktifitas di Singapore Expo.

Tujuan Kereta Pertama Kereta Terakhir
Sen - Sab Minggu &
Hari Libur
Harian
Jalur Timur Barat
ke EW4 Tanah Merah 05.36 06.04 00.11
ke CG2 Changi Airport 05.22 05.49 23.54

Denah stasiun[sunting | sunting sumber]

L1
Peron
Peron A Jalur Timur Barat menuju  CG2  Changi Airport (→)
Peron pulau, Pintu terbuka di kanan
Peron B Jalur Timur Barat menuju  EW4  Tanah Merah (←)
B1 Gerbang EWL Pintu Karcis, Mesin Karcis, Kontrol Stasiun, 7-Eleven, Singapore Expo

Pintu-pintu[sunting | sunting sumber]

  • Pintu A - Expo Drive, Upper Changi Road, Singapore Expo
  • Pintu B - AEI Distribution Centre, Changi South Avenue 1, Xilin Ave,

Changi South Industrial Estate, Circle Concord Districentre, DBS Asia Hub, Honeywell Building, ITE College East, Plaza 8 @ CBP, Standard Chartered @ Changi, The IBM Place, The Signature, Thyssen Haniel Logistics Centre, UE Bizhub East (U/C), U-Freight Logistics Centre, Ultro Building, Xilin Districentre, Xilinx Building,Yas Global Logistics, Changi City Point, Eightrium @ Changi Business Park, HansaPoint @ CBP