Stargirl (novel)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Stargirl
Book cover
First edition cover
Pengarang Jerry Spinelli
Penerjemah Tanti Lesmana
Negara Amerika Serikat
Bahasa Indonesia
Seri Stargirl
Genre
Penerbit Scholastic Inc., Gramedia Pustaka Utama
Tanggal terbit 8 August 2000 (Amerika), Februari 2004 (Indonesia)
Jenis media Buku
Halaman 232 halaman
ISBN 979-22-0586-1
Diikuti Love, Stargirl

Stargirl adalah yang ditulis oleh penulis Amerika Jerry Spinelli dan pertama kali dipublikasikan pada tahun 2000.

Novel ini berdasarkan narasi Leo Borlock, siswa kelas sebelas di SMU Mica di Arizona, dan cerita tentang murid baru bernama Susan "Stargirl" Caraway. Stargirl, murid kelas sepuluh yang eksentrik dan selalu menghibur dengan individualistis yang kuat, namun ditolak oleh sebagian besar teman-teman satu sekolahnya, kecuali Leo, dan dia secara bertahap tertarik dalam kehidupan yang tidak biasa dari sosok Stargirl. Tema utama yang dibahas adalah individualitas, keragaman, dan penerimaan.

Stargirl diterima para kritikus, yang memuji karakter Stargirl dan pesan tentang keragaman yang ada di novel ini secara keseluruhan. Termasuk dalam New York Times Bestseller, a Parents Choice Gold Award Winner, dan pemenang ALA Top Ten Best Books Award, dan Publishers Weekly Best Book of the Year. [1][2][3] Kelanjutannya, Love, Stargirl [4] dirilis pada 14 Agustus 2007.


Sinopsis[sunting | sunting sumber]

Prolog[sunting | sunting sumber]

Novel ini dimulai dengan pengenalan singkat tokoh Leo Borlock saat usia 12 tahun, dan mengisahkan kepindahannya beserta keluarganya dari negara bagian asal mereka, Pennsylvania, menuju ke Arizona. Sebelum pindah, pamannya (Paman Pete) memberikan Leo sebuah dasi bergambar landak sebagai hadiah perpisahan, menginspirasi Leo untuk mulai mengoleksi dasi seperti itu. Setelah koleksinya disebutkan di surat kabar lokal, Leo menerima dasi bergambar landak kedua saat ulang tahunnya yang ke-14, ditinggalkan di depan pintu rumahnya, dalam sebuah paket terbungkus rapi tanpa disertai nama si pengirim.

Plot Utama[sunting | sunting sumber]

Cerita berlanjut ke empat tahun kemudian (saat Leo berusia 16 tahun) dengan kedatangan seorang murid baru yang eksentrik, Susan Caraway, di SMU tempat Leo bersekolah. Susan, yang memakai nama Stargirl, sekolah di rumah (homeschooling) sepanjang hidupnya, dan perilakunya tidak biasa dan provokatif. Murid-murid SMU Mica menganggapnya aneh melebihi segalanya, tapi Stargirl tampaknya tidak peduli apa yang orang lain pikirkan tentang dirinya. Dia datang ke sekolah mengenakan pakaian yang aneh, seperti kimono, baju kulit rusa asli Amerika, gaun gadis tahun 1920-an dengan rok panjang sampai lantai, dan pakaian pionir tanpa riasan. Pada setiap periode kelas dia menghiasi mejanya dengan taplak meja dan bunga. Dia menari di tengah hujan, dan memainkan ukulele setiap hari saat makan siang sambil menyanyikan "Happy Birthday" untuk anak-anak yang tidak pernah dia kenal. Dia menghadiri pemakaman orang asing bersorak untuk kedua tim selama acara olahraga. Perilakunya sangat tidak biasa, pada awalnya setiap murid tidak tahu apa yang membuat dirinya jadi seperti itu. Murid populer bernama Hillari Kimble menyatakan bahwa Stargirl adalah sebuah rekayasa yang sengaja dihadirkan pihak sekolah, sehingga berbagai spekulasi dan rumor akhirnya beredar.

Ketika Hillari melarang Stargirl menyanyikan lagu "Happy Birthday" untuknya di hari ulang tahunnya, Stargirl berjanji tidak akan melakukan itu. Tapi Stargirl menyanyikan "Happy Birthday, Dear Hillari", tetapi lagu itu ditujukan untuk Leo, dan dia mengatakan bahwa dia menganggap Leo itu cakep. Leo secara bertahap menjadi tertarik dengan misteri Stargirl, mengikutinya sepulang sekolah dan pasif mengamati tindakan anehnya serta reaksi murid lain. Meskipun pada awalnya dijauhi oleh sebagian besar murid, Stargirl mendapatkan popularitas saat bergabung dalam tim pemandu sorak. Murid-murid mulai meniru perilakunya, dan saat makan siang ia tidak lagi duduk sendirian. Ulahnya di tim pemandu sorak memicu membludaknya penonton yang hadir di acara olahraga. Leo pribadi merayakan sifat individualitas yang terjadi sekolah, meskipun sikap pemalunya sendiri membuatnya tidak ikut berpartisipasi.

Namun, popularitas Stargirl terlalu singkat. Sebagian berkat usahanya, musim pertandingan basket adalah yang terbaik dalam sejarah sekolah dan memicu semangat untuk bersekolah. Kemudian para murid mulai membenci kebiasaan Stargirl bersorak untuk kedua tim. Kemarahan mereka terlihat selama syuting acara televisi sekolah, Hot Seat, yang dijalankan oleh Leo dan teman baiknya, Kevin. Selama acara itu para "juri" (terdiri atas murid-murid sukarela) dihadirkan untuk mengajukan pertanyaan pada bintang tamu. Bintang tamu saat itu adalah Stargirl, dan meskipun awalnya hanya pertanyaan-pertanyaan sederhana yang diajukan untuk Stargirl, tapi segera berubah menjadi pertanyaan kasar dan menyakitkan yang datang bertubi-tubi seputar kepribadian dan tindakan Stargirl. Seorang guru menyuruh untuk menghentikan acara Hot Seat saat itu, dan hasil wawancara dengan Stargirl tidak pernah ditayangkan, tetapi kekacauan sudah terlanjur terjadi. Tak lama kemudian, Stargirl menghibur pemain terluka dari tim lawan selama pertandingan basket play-off, dan disalahkan atas kegagalan SMU Mica berikutnya di pertandingan basket. Stargirl dijauhi oleh seluruh murid, temannya hanya Dori Dilson, Leo, dan sampai batas tertentu, Kevin.

Leo mengagumi Stargirl karena kebaikannya, keberanian gadis itu untuk tampil beda, dan mereka berdua memulai terlibat asmara untuk sementara. Mereka menghabiskan lebih banyak waktu bersama-sama, dan Leo mengalami gaya hidup yang tidak biasa dan mulai membantu Stargirl dengan berbagai proyek, seperti meninggalkan kartu ucapan bagi orang-orang yang tidak mereka kenal dan menjatuhkan koin di trotoar untuk ditemukan orang lain. Untuk sementara Leo lupa daratan saat mereka pacaran, tetapi kenyataan membuat Leo menyadari bahwa seluruh sekolah menjauhi mereka berdua. Sebagai tanggapan, Leo meyakinkan Stargirl untuk bertindak lebih "normal." Stargirl pun mulai memakai nama aslinya, Susan, mengenakan pakaian khas remaja, dan menjadi orang yang terobsesi dengan hal-hal yang membuatnya diterima dalam pergaulan dan populer. Tindakan ini tidak membuahkan hasil.

Stargirl memutuskan bahwa cara terbaik untuk menjadi populer adalah dengan memenangkan lomba pidato antar negara bagian. Dia berhasil maju ke final, dan kepribadiannya yang eksentrik dan kreatif membuatnya meraih kemenangan. Tapi ketika Stargirl kembali ke sekolah, berharap dapat sambutan meriah selayaknya seorang pahlawan, Stargirl kecewa karena hanya tiga orang yang menyambutnya. Menyadari bahwa ia tidak mendapatkan apapun saat mencoba menyesuaikan diri dengan lingkungan pergaulan, dan sebenarnya dalam proses mengkhianati dirinya sendiri, Stargirl kembali pada sifat dan kepribadiannya yang dulu. Leo tidak mampu mengatasi pengucilan yang terjadi pada dirinya karena menjadi pacar Stargirl dan menghentikan hubungan asmara mereka, bingung tentang perasaannya sendiri dan tidak mampu mengatasi keinginan untuk diterima dalam pergaulan murid lain.

Meskipun mereka sudah putus, Stargirl menghadiri Ocotillo, pesta dansa sekolah, bersama temannya, Dori. Leo mengamati dari kejauhan saat Stargirl tiba di pesta dansa, di atas sepeda yang dihiasi sekumpulan bunga matahari. Meskipun awalnya diabaikan oleh orang lain di pesta dansa itu, sesuatu dalam diri Stargirl untuk sementara membuatnya mulai menarik perhatian. Dia meyakinkan DJ untuk memainkan musik tarian "Kelinci Lompat", dan secara bertahap murid-murid lain bergabung dengannya dalam tarian itu, sampai akhirnya satu-satunya orang yang tidak ikut hanyalah Hillari Kimble dan pacarnya, Wayne Parr. Ketika tarian berakhir, Hillari berdiri berhadapan dengan Stargirl, mengatakan bahwa Stargirl sudah merusak semuanya, dan menampar pipi Stargirl. Stargirl membalas tamparan Hillari dengan ciuman lembut di pipinya. Tak seorang pun di kota itu melihat Stargirl lagi sejak malam itu, dan Leo mengetahu dari Archie, teman kelompoknya, bahwa Stargirl dan keluarganya sudah pindah.

Epilog[sunting | sunting sumber]

Kita bertemu dengan Leo lagi, lima belas tahun setelah ia lulus SMA, dan mengetahui bahwa ia bekerja sebagai perancang set. Dia menggambarkan bahwa Stargirl membuat perubahan permanen yang tertinggal di SMU Mica. Murid-murid di sana bersorak untuk tim lawan yang mencetak angka dalam pertandingan basket berikutnya, anak-anak membuat sebuah klub bernama "Bunga Matahari" yang melakukan satu perbuatan baik per hari untuk orang lain, dan marching band sekolah adalah satu-satunya di Arizona yang menggunakan ukulele. Leo juga menjelaskan bahwa Stargirl menyebabkan efek lebih halus namun langgeng dalam menjalani hidupnya sendiri, serta terus memikirkan Stargirl. Pada akhir cerita diceritakan bahwa Leo menerima kiriman dasi bergambar landak lewat pos, beberapa hari setelah hari ulang tahunnya, mungkin kiriman dari Stargirl.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Parents' Choice Awards - Stargirl
  2. ^ Publishers Weekly - Stargirl
  3. ^ White, Sarah Reaves. "Star Girl review". Readers Read. Diakses 04-08-2010. 
  4. ^ Hot News

Pranala luar[sunting | sunting sumber]