Stabilizer (pesawat terbang)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Tail of a conventional aircraft.svg

Stabilizer pesawat terbang adalah sebuah komponen aerodinamis permukaan, biasanya termasuk satu atau lebih permukaan control bergerak, yang terdiri dari pitch membujur dan/atau directional (yaw) stabilitas dan kontrol. Sebuah stabilizer dapat menampilkan struktur tetap atau disesuaikan di mana setiap permukaan kontrol bergerak yang berengsel, atau bisa sendiri menjadi permukaan sepenuhnya bergerak seperti stabilator. Tergantung pada konteksnya, "stabilizer" kadang-kadang menggambarkan hanya bagian depan permukaan secara keseluruhan.

Dalam konfigurasi pesawat konvensional, stabilisator vertikal (fin) dan horizontal (tailplane) yang terpisah membentuk empennage diposisikan di ekor pesawat. Pengaturan lain dari empennage, seperti konfigurasi ekor-V, fitur stabilisator yang berkontribusi terhadap kombinasi stabilisasi dan kontrol longitudinal dan arah.

Stabilitas longitudinal dan kontrol dapat diperoleh dengan konfigurasi sayap lainnya, termasuk canard, sayap tandem dan pesawat berekor.

Beberapa jenis pesawat yang stabil dengan kontrol penerbangan elektronik, dalam hal ini, permukaan tetap dan bergerak yang ada di mana saja di sepanjang pesawat dapat berfungsi sebagai peredam gerak aktif atau stabilisator.

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]