Spud Webb

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Anthony Jerome Webb (lahir 13 Juli 1963, dikenal sebagai Spud Webb) adalah mantan pemain NBA dengan posisi point guard dan tinggi tubuh 169 cm. Ia bermain untuk Midland Junior College di Midland, Texas, dan bersama mereka memenangkan juara nasional junior college pada 1982. Setelah itu ia diberi beasiswa ke North Carolina State University, di mana ia mencapai rata-rata 10,4 points dan 5,7 assists per pertandingan.

Ia kemudian bermain secara profesional untuk Atlanta Hawks, dan kemudian pindah ke Sacramento Kings, Minnesota Timberwolves, dan Orlando Magic sebelum pensiun pada 1998. Dalam 12 musim pertandingan ia mencapai rata-rata 9.9 points. Webb tinggal di Dallas, di mana ia menjadi komentator TV untuk Dallas Mavericks. Webb adalah orang terpendek ketiga yang pernah bermain di NBA, selain Earl Boykins (5 feet 5 inches) dan Muggsy Bogues. (5 feet 3 inches).

Slam Dunk Contest[sunting | sunting sumber]

Webb adalah orang terpendek yang pernah bertanding dalam NBA Slam Dunk Contest. Ia menang pada 1986 dengan elevator two-handed double pump dunk, one-handed off the backboard one-handed jam, 360-degree helicopter one-handed dunk, 180-degree reverse double-pump slam, dan 180-degree reverse two-handed strawberry jam. 20 tahun kemudian, ia juga membantu point guard New York Knicks Nate Robinson (5 feet 9 inches) memenangkan kontes ini.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]