Sprite

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sprite (minuman))
Sprite
JenisMinuman ringan
ProdusenThe Coca-Cola Company
Negara asalJerman
DiperkenalkanJerman 1959 (sebagai Fanta Klare Zitrone)
Amerika Serikat 1961
WarnaTanpa warna (bening)
RasaLemon dan jeruk nipis
Produk terkait7 Up
Situs webwww.sprite.com

Sprite adalah minuman ringan berkarbonasi transparan rasa lemon dan jeruk nipis serta bebas kafeina yang diproduksi oleh The Coca-Cola Company. Produk ini bermula dari varian Fanta bernama Fanta Klare Zitrone yang dibuat di Jerman, yang kemudian menjadi Sprite setelah diluncurkan secara resmi di Amerika Serikat pada tahun 1961. Sprite diproduksi oleh The Coca-Cola Company menyusul kesuksesan 7 Up dengan ciri-ciri yang sama. Sprite dikemas dalam kaleng berwarna biru dan hijau serta dikemas dalam botol transparan berwarna hijau (versi internasional) dan botol transparan tanpa warna (versi Jepang). Sejak tahun 2019, Sprite mulai dikemas dalam botol plastik transparan tanpa warna yang mudah didaur ulang (mulai dipasarkan di Indonesia pada tanggal 18 Februari 2021).

Pemasaran[sunting | sunting sumber]

Botol Sprite dari masa ke masa. Dari kiri ke kanan: kemasan tahun 1961, 1996, 2006, dan 2009.
Botol Sprite kemasan 500 ml versi Jepang, transparan tanpa warna, dengan logo tahun 1961 yang digunakan pada tahun 2011

Gagasan penamaan "Sprite" telah dicetuskan oleh Haddon Sundblom, seorang ilustrator, yang terinspirasi dari maskot "The Sprite Boy", maskot Coca-Cola pada dasawarsa 1940-an hingga 1950-an. Sebagai respon atas kesuksesan 7 Up, maka Sprite melakukan metode pemasaran yang gencar dengan terus menekan 7 Up, hingga akhirnya menjadi pemimpin pasar internasional untuk kategori minuman berkarbonasi rasa lemon dan jeruk nipis pada tahun 1978. Salah satu bukti yang dapat terlihat adalah beberapa iklan Sprite (termasuk Diet Sprite) pada pertengahan dasawarsa 1980-an yang banyak menyerang 7 Up, sehingga sempat menimbulkan pro dan kontra tentang persaingan dagang yang tidak sehat.

Ciri-ciri Sprite adalah memiliki rasa lemon dan jeruk nipis, serta tidak berwarna. Dalam pemasarannya, Sprite menggunakan kata kunci Lymon (singkatan dari gabungan kata Lime (jeruk nipis) dan Lemon). Pada tahun 1984, Sprite hadir dengan motto "Great Lymon Taste". Pada tahun yang sama, pernah pula diluncurkan Diet Sprite yang tidak mengandung kalori dan memiliki kemasan kaleng berwarna perak dan warna hijau yang lebih terang dari Sprite reguler.

Memasuki dasawarsa 1990-an, setiap motto Sprite secara terus-menerus digunakan sampai saat ini, sehingga menjadi ikon yang dimiliki oleh Sprite. Di seluruh dunia, Sprite dikampanyekan dengan motto "Obey Your Thirst". Sedangkan di Filipina, Sprite dikampanyekan dengan motto "Magpakatotoo Ka!" ("jadilah diri sendiri"). Pada tahun 1996, Sprite membuat logo dengan ikon lemon berwarna kuning dan jeruk nipis berwarna hijau di atas huruf "I". Kemudian, pada tahun 1997, Sprite membuat logo dengan ikon dua lingkaran berwarna kuning (melambangkan rasa lemon) dan hijau (melambangkan rasa jeruk nipis).

Memasuki milenium 2000, Sprite mulai berinovasi dengan berbagai varian baru. Pada tahun 2002 diluncurkan Sprite Remix di Amerika Serikat, Sprite Super Lemon dan Sprite On Fire/Sprite Finger Lemon di Hong Kong dan Tiongkok (2004), serta Sprite Ice di Korea Selatan dan wilayah lainnya di Asia (2004). Sprite Duo diluncurkan dalam kemasan kaleng pada tahun 2007. Sprite Remix adalah minuman campuran antara rasa lemon dan jeruk nipis serta rasa buah-buahan. Sprite Remix memiliki tiga jenis rasa yaitu, Tropical, Berryclear, dan Aruba Jam.

Jenis produk[sunting | sunting sumber]

  • Sprite, minuman berkarbonasi rasa lemon dan jeruk nipis
  • Diet Sprite, versi tanpa kalori dari Sprite yang diproduksi pada tahun 1984
  • Sprite Zero Sugar, versi bebas gula dari Sprite
  • Sprite Remix, campuran rasa lemon dan jeruk nipis dengan tambahan buah-buahan: Tropical, Berryclear, dan Aruba Jam
  • Sprite Waterlymon, diproduksi sejak tahun 2019 dan hanya tersedia di Indonesia

Di Indonesia, Sprite diproduksi oleh PT Coca-Cola Bottling Indonesia, divisi dari Coca-Cola Europacific Partners Indonesia. Ada tiga varian Sprite yang beredar di Indonesia, yaitu Sprite, Sprite Zero Sugar dan Sprite Waterlymon.

Slogan Sprite di Indonesia[sunting | sunting sumber]

  • Ceriaaah...! (1990-1995)
  • Kutahu Yang Kumau (1995-2003)
  • Bebas Gerah Sensasi Plong (2003-2010)
  • Segarkan Ekspresimu (2010-2015)
  • Segarkan Akalmu (2015-2016)
  • Nyatanya Nyegerin (2016-2022)
  • NO BokiS. (2018-2022)
  • Gerah? Chill Aja Lah. (2022-sekarang)

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]