Split (poker)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Dalam poker, kadang-kadang diperlukan untuk split atau membagi pot di antara dua atau lebih pemain. Hal ini bisa terjadi karena tie (imbang), juga dalam permainan split-pot poker (yang paling khas dari permainan ini yaitu high-low split poker, dimana high hand dan low hand berbagi pot).

Setelah pot sepenunya, dan ternyata menyisakan beberapa chip yang tidak bisa dibagi antara mereka (odd chip), maka sisa chip dapat diberikan dalam beberapa cara, disepakati sebelum permainan dimulai. Aturan berikut ini adalah yang umum:

  • Jika dalam permainan high-low split, membagi pot antara tangan tertinggi dan tangan terendah, sisa chip diberikan kepada tangan tertinggi.
  • Jika split pot dikarenakan terjadi tie, sisa chip yang tak bisa terbagi diberikan kepada tangan yang berisi satu kartu dengan peringkat paling tinggi, menggunakan suit kartu untuk memutuskan tie (keriting merupakan peringkat terendah, diikuti oleh diamond, hati, dan sekop yang tertinggi, seperti dalam bridge) .
  • (Variasi) Antara tangan yang tie, pemberian sisa chip kepada pemain pertama dalam rotasi (urutan) searah jarum jam dari dealer. (Catatan: bahwa dalam stud game (permainan meja) di kasino dengan house dealer dan tanpa button, hal ini tidak menguntungkan untuk pemain di sebelah kiri dealer, sehingga kartu tertinggi ditentukan menurut suit kartu dengan metode yang disukai).
  • (Variasi) Menyerahkan sisa chip sebagai ante tambahan untuk transaksi atau permainan berikutnya. Hal ini biasa terjadi dalam permainan rumah.