Spezia Calcio

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Spezia
logo Spezia Calcio
Nama lengkap A.S.D. Spezia Calcio 2008
Julukan Aquilotti (Elang)
Didirikan 1906
Stadion Stadio Alberto Picco,
La Spezia, Italia
(Kapasitas: 10,000)
Ketua Bendera Italia Gabriele Volpi
Manajer Bendera Italia Marco Rossi
Liga Seri D
Posisi 2007-08 Serie B, 21th
Kostum kandang
Kostum tandang

A.S.D. Spezia Calcio 2008 yang dulunya bernama Spezia Calcio 1906 adalah klub sepak bola Italia, bermarkas di La Spezia, Liguria. Mereka sekarang berada di Serie B. Berdiri pada tahun1906, dan warna seragamnya adalah putih dan hitam. Stadion mereka bernama Stadio Alberto Picco.

Secara de facto, Spezia pernah merebut scudetto. Pada tahun 1944, ketika terjadi perang dunia kedua, liga utama Italia dibagi menjadi beberapa grup regional dan disebut Campionato Alta Italia. Spezia waktu itu bernama 42 Corpo dei Vigili del Fuoco della Spezia (korps pemadam kebakaran La Spezia) setelah merger dengan tim sepak bola korps pemadam kebakaran lokal untuk menjaga jumlah pemain. Spezia tergabung dalam grup D di regional Emilia-Romagna. Pada akhirnya Spezia melaju sampai babak grup final yang diisi oleh 3 klub (Spezia, Torino, Venezia), dan diadakan di Milan. Setelah seri 1-1 dengan Venezia dan menang 2-1 melawan il grande Torino, akhirnya Spezia meraih scudetto setelah di pertandingan ketiga Torino mengalahkan Venezia 5-2. Manis tapi Tragis, gelar scudetto Spezia satu-satunya itu dinyatakan tidak sah oleh Federasi Sepak Bola Italia dengan alasan terjadi perang sehingga penampilan tim peserta kurang maksimal.

Pada tahun 2002, akhirnya gelar scudetto tahun 1944 itu diberikan kepada Spezia oleh F.I.G.C., tapi tetap saja tidak dimasukkan dalam daftar peraih scudetto resmi. Untuk mengenang prestasi membanggakan itu, saat ini, dan dengan izin F.I.G.C; di seragam tim Spezia terpampang badge scudetto layaknya tim pemenang Serie A, tapi dengan bentuk yang sedikit berbeda dari badge scudetto sebenarnya.

Pada tahun 2008 karena krisis finansial, maka klub ini mengalami kebangkrutan. Tim ini lalu dibentuk ulang dengan nama A.S.D. Spezia Calcio 2008 dan berlaga di Seri D