Speculum Humanae Salvationis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Kenaikan Yesus Kristus dalam naskah Speculum Humanae Salvationis, Perpustakaan Kerajaan Denmark.

Speculum Humanae Salvationis (Cermin Keselamatan Manusia) adalah naskah laris berilustrasi buatan penulis tak dikenal mengenai teologi populer pada Abad Pertengahan akhir, bagian dari genre sastra speculum yang ensiklopedis, dalam hal ini berpusat pada teori Abad Pertengahan mengenai tipologi, yaitu bahwa peristiwa-peristiwa pada Perjanjian Lama telah meramalkan atau menubuatkan peristiwa-peristiwa pada perjanjian Baru. Versi aslinya merupakan sajak berima dalam bahasa Latin, dan berisi serangkaian peristiwa Perjanjian baru, yang masing-masing disertai dengan tiga peristiwa Perjanjian Lama yang menubuatkannya. Naskah ini merupakan salah satu buku yang lazim ditemukan sebagai manuskrip terhias, dan juga dalam cetakan awal baik dalam bentuk buku balok maupun inkunabulum.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Wilson, Adrian, and Joyce Lancaster Wilson. A Medieval Mirror. Berkeley: University of California Press, 1984. online edition Includes many illustrations, including a full set of woodcut pictures with notes in Chapter 6.
  • An Introduction to a History of Woodcut, Arthur M. Hind,p , Houghton Mifflin Co. 1935 (in USA), reprinted Dover Publications, 1963 ISBN 0-486-20952-0, pp. 245-7 and passim.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]