Space Needle

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Space Needle dilihat dari Taman Volunteer

Space Needle (Jarum Angkasa) adalah sebuah menara di Seattle, Washington, Amerika Serikat. Menara ini merupakan sebuah lambang yang terkenal di Amerika Serikat dan Pacific Northwest dan merupakan simbol kebanggaan kota Seattle. Terdapat di kompleks Seattle Center, menara ini dibangun untuk festival Pameran Dunia tahun 1962,

Space Needle memiliki ketinggian 184 m dan lebar 42 m dan berbobot 9.550 ton. Pada saat menara ini selesai dibangun, ini merupakan bangunan tertinggi di sebelah barat Sungai Mississippi. Menara ini juga dibangun untuk mampu bertahan menghadapi angin kencang hingga 320 km/jam dan gempa bumi hingga skala 9.5 dan memiliki 25 penangkal listrik untuk menghindari sambaran petir.

Menara Space Needle memiliki observatorium pada ketinggian 160 m yang dapat dikunjungi untuk bersantap malam (di restoran SkyCity), melihat-lihat pemandangan, atau pengunjung dapat pula membeli cindera-mata di lantai dasar. Dari puncak menara, pengunjung tidak hanya dapat melihat keseluruhan pusat kota Seattle, namun juga Pegunungan Olympic, Pegunungan Cascade, Gunung Rainier, Gunung Baker, dan Elliott Bay serta pulau-pulau di sekitarnya. Pengunjung dapat naik ke puncak menara dengan menggunakan elevator yang berkecepatan 16 km/jam. Perjalanan naik setinggi 160 meter ini memakan waktu 43 detik dan banyak pengunjung seringkali harus antri berjam-jam untuk naik ke atas.

Menara ini dikukuhkan menjadi monumen bersejarah pada 19 April 1999. Menara ini sekarang dimiliki dan dikelola secara pribadi oleh Space Needle Corporation.