Soyuz (wahana antariksa)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Soyuz (pesawat))
Soyuz
Pesawat Soyuz (versi TMA)
ProdusenEnergia
Negara asal Uni Soviet (hingga 1991)
 Rusia
OperatorProgram antariksa Uni Soviet (1967–1991)
Roscosmos (1992–sekarang)
AplikasiMembawa antariksawan ke orbit dan kembali ke Bumi
Spesifikasi
Usia pakaiLebih dari 6 bulan (berlabuh ke Stasiun Luar Angkasa Internasional)
Kapasitas awak3
RegimeOrbit Bumi rendah
Produksi
StatusAktif dalam layanan
Peluncuran pertamaKosmos 133: 28 November 1966 (tanpa awak)
Soyuz 1: 23 April 1967 (berawak)
Peluncuran terkiniPeluncuran terbaru: Soyuz MS-19: 5 Oktober 2021 (berawak)
Wahana antariksa terkait
PenerusProgress, Shenzhou

Soyuz (bahasa Rusia: Союз, Persatuan) adalah sebuah rangkaian pesawat luar angkasa yang dirancang oleh Sergey Korolev untuk program luar angkasa Uni Soviet.

Soyus melanjutkan rancangan pesawat Voskhod dan awalnya dibangun sebagai bagian dari program Luna. Pesawat-pesawat Soyuz diluncurkan dengan roket Soyuz, sebagai bagain dari program Soyuz dan program Zond yang lebih baru. Pesawat-pesawat Soyuz kemudian digunakan untuk mengangkut para kosmonot dari dan ke stasiun luar angkasa Salyut, Mir dan Stasiun Luar Angkasa Internasional. Peluncuran pertama pesawat Soyuz nirawak adalah pada tanggal 28 November 1966 sementara penerbangan berawak pertamanya terjadi pada 23 April 1967.

Pesawat Soyuz diluncurkan dari Kosmodrom Baikonur di Kazakhstan. Antara masa pensiunnya Space Shuttle tahun 2011 dan penerbangan demo SpaceX Crew Dragon tahun 2020, Soyuz berfungsi sebagai satu-satunya sarana untuk melakukan penerbangan luar angkasa berawak dan mencapai Stasiun Luar Angkasa Internasional, yang hingga kini selalu digunakan.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Penerbangan Soyuz pertama dimulai pada 28 November 1966. Misi Soyuz berawak pertama, Soyuz 1 diluncurkan pada 23 April 1967 tetapi berakhir dengan kecelakaan karena kegagalan parasut, menewaskan kosmonot Vladimir Komarov. Penerbangan berikutnya, Soyuz 2 dilakukan tanpa awak. Soyuz 3, diluncurkan pada 26 Oktober 1968, menjadi misi berawak pertama yang berhasil dari program Soyuz. Satu-satunya penerbangan lain yang mengalami kecelakaan fatal, Soyuz 11, menewaskan tiga awaknya ketika kabin mengalami penurunan tekanan sesaat sebelum masuk kembali. Hingga saat ini, mereka menjadi satu-satunya manusia yang meninggal di atas garis Kármán.[1]

Terlepas dari insiden-insiden di masa awal, kini Soyuz dianggap secara luas sebagai kendaraan luar angkasa manusia di dunia yang paling aman dan efektif,[2] berkat sejarah panjang operasionalnya yang tak tertandingi.[3] Pesawat ruang angkasa Soyuz digunakan untuk membawa kosmonot dari dan ke Salyut, kemudian stasiun ruang angkasa Mir Soviet, dan sekarang digunakan untuk transportasi dari dan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Setidaknya satu pesawat ruang angkasa Soyuz berlabuh ke ISS setiap saat untuk digunakan sebagai pesawat penyelamat jika terjadi keadaan darurat. Di masa mendatang, pesawat luar angkasa ini akan digantikan oleh pesawat ruang angkasa Orel yang berkapasitas enam orang.[4]

Desain[sunting | sunting sumber]

Diagram menunjukkan tiga bagian dari pesawat luar angkasa Soyuz TMA.

Pesawat ruang angkasa Soyuz terdiri dari tiga bagian (dari bagian depan ke belakang):

  • Modul orbital, modul berbentuk sferoid yang menyediakan akomodasi untuk kru selama misi mereka.
  • Modul reentry, modul aerodinamis yang berfungsi sebagai kendaraan kru untuk kembali ke bumi.
  • Modul layanan servis, modul berbentuk silindris dengan panel surya yang berisi panel instrumen dan mesin.

Modul orbital dan servis adalah modul sekali pakai dan akan hancur saat masuk kembali ke atmosfer. Meskipun mungkin ini tampak mubazir, ini demi mengurangi jumlah pelindung panas (heat shield) yang diperlukan untuk masuk kembali, menghemat massa dibandingkan dengan desain yang berisi semua ruang hidup dan penyangga kehidupan dalam satu kapsul. Hal ini memungkinkan roket yang lebih kecil untuk meluncurkan pesawat ruang angkasa atau dapat digunakan untuk meningkatkan ruang layak huni yang tersedia untuk awak (6,2 m3 (220 cu ft) di Apollo CM vs 7,5 m3 (260 cu ft) di Soyuz) dalam anggaran massal. Modul orbital dan modul reentry adalah ruang huni antariksawan untuk hidup, dengan modul layanan yang berisi bahan bakar, mesin utama, dan instrumentasi. Pesawat Soyuz yang telah beroperasi tidak dapat digunakan kembali. Pesawat Soyuz harus dibuat lagi yang baru untuk setiap misi.[5]

Soyuz dapat membawa 3 awak dan dapat memberikan dukungan hidup kurang lebih selama 30 hari. Sistem pendukung kehidupan menyediakan atmosfer nitrogen/oksigen pada tekanan parsial permukaan laut. Atmosfer diregenerasi melalui silinder kalium superoksida (KO2), yang menyerap sebagian besar karbon dioksida (CO2) dan air yang dihasilkan oleh kru dan meregenerasi oksigen, dan silinder litium hidroksida (LiOH) yang dapat menyerap sisa CO2.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Generasi Soyuz[sunting | sunting sumber]

Soyuz dalam misi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Science: Triumph and Tragedy of Soyuz 11". Time (dalam bahasa Inggris). 1971-07-12. ISSN 0040-781X. Diakses tanggal 2021-10-29. 
  2. ^ "Russia thriving again on the final frontier". NBC News (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-29. 
  3. ^ Berger, Eric (2015-12-21). "The best ride in the galaxy—coming back to Earth in a Soyuz". Ars Technica (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-29. 
  4. ^ "PTK NP project development in 2011". www.russianspaceweb.com. Diakses tanggal 2021-10-29. 
  5. ^ "The Russian Soyuz spacecraft". www.esa.int (dalam bahasa Inggris). Diakses tanggal 2021-10-29.