South Melbourne FC

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
South Melbourne
South Melbourne FC emblem
Nama lengkap South Melbourne Football Club
Julukan Lakers, Gunners, Hellas
Didirikan 1959
Stadion Lakeside Stadium
(Kapasitas: 15,000)
Ketua Nick Galatas
Pelatih Peter Tsolakis
Liga Victorian Premier League
Posisi 2012 6th
Situs web Situs web resmi klub
Kostum kandang
Kostum tandang
Soccerball current event.svg Musim ini

South Melbourne FC adalah klub sepak bola yang berbasis di South Melbourne, Australia. Dianggap sebagai klub sepak bola paling sukses di Australia,[1] klub telah memenangkan empat kejuaraan nasional, gelar Victorian State League, dan mewakili Oceania di Kejuaraan Dunia Antarklub FIFA 2000. Seiring dengan Marconi Stallions, mereka adalah salah satu dari dua klub untuk bersaing di setiap musim Liga Sepakbola Nasional. Klub saat ini bersaing di Victoria Premier League.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

South Melbourne dibentuk pada tahun 1959 dengan penggabungan dari tiga klub sepak bola seperjuangan di Melbourne - South Melbourne United, adalah yang tertua dari tiga klub dengan sejarah kembali ke awal 1900-an - Yunani yang didukung Yarra Taman Aias ( Ajax ) , dan Hellenic.[2] Theo Marmaras, inisiator dari proposal merger tiga klub tersebut dan presiden Hellenic, menjadi presiden pertama di klub baru.[3] Dalam pengakuan besar Yunani Australia basis dukungan dari Hellenic dan Yarra Park, yang juga didukung dari tiga klub, klub baru bernama South Melbourne Hellas, nama yang itu dikenal untuk sebagian besar kurun waktu 50 tahun. Lambang pertama mencerminkan skema warna bendera Yunani. Seragam pertama terdiri dari jersey warna putih dengan merah 'V' di sekitar kerah, juga dari South Melbourne United, serta celana pendek biru dan kaus kaki biru dan putih mengelilingi. Kemudian mereka juga mengadopsi strip didominasi biru dan putih, dengan berbagai desain sepanjang musim, dan yang paling umum menjadi didominasi strip biru.

South Melbourne bergabung degan Mooroolbark, Heidelberg United, dan Footscray hanya sebagai peserta Melbourne di Liga Sepakbola Nasional (NSL) yang baru dibentuk pada tahun 1977.[4] Sebuah eksodus massal pemain terbaik (Armstrong, Bourne, Mackay, Walker), melihat tim merosot ke posisi 11 pada tahun perdananya, tapi merekrut nahkoda dengan pelatih Dave McClaren memberi klub peringakat ketiga terhormat pada tahun 1978. Itu tidak bertahan. South Melbourne selesai di bagian bawah tabel liga pada tahun 1979.[2]

Pada tahun 1996, klub itu dibutuhkan oleh Sepakbola Australia, bersama dengan klub di seluruh negeri, untuk mengubah lambang dan nama dalam upaya untuk memindahkan bola ke dalam arus utama dan jauh dari asosiasi klub-tingkat langsung dengan akar imigran ke Australia. Akibatnya, South Melbourne Hellas muncul berganti menjadi South Melbourne Lakers. Nama baru dan lambang tidak diterima dengan baik oleh banyak pendukung Yunani. Perubahan nama juga menarik perhatian dari klub NBA Amerika LA Lakers, yang mengancam menempuh jalur hukum.

Di bawah pelatih baru dan mantan kapten Ange Postecoglou, klub bangkit kembali di musim 1996/97, urutan ketiga di klasmen atas [5] dan akhirnya dieliminasi oleh Sydney United di akhir.[6] Klub mengakhiri dekade dengan penampilan mengesankan, menjadi juara Australia pada tahun 1998 dan 1999, berkat penampilan Paul Trimboli, Vaughan Coveny, Con Blatsis dan mantan bintang PAOK FC John Anastasiadis. Pada 1998 Grand Final South mengalahkan pendatang baru di liga Carlton 2-1 dengan gol akhir kontroversial Boutsianis[7] Kemenangan itu diakui. Pada tahun 1999 memperoleh kemenangan 3-2 melawan Sydney United di Grand Final.[8] Sekarang, South Melbourne telah menjatuhkan Lakers moniker dan menjadi South Melbourne Soccer Club, dan memakai lambang baru - perisai biru dan putih saat ini dengan bintang (masing-masing bintang mewakili prestasi kejuaraan nasional ). Mereka mendapat gelar domestik keempat mereka di Oceania Club Championship 1999, kemenangan yang membawa mereka untuk tampil di Kejuaraan Dunia Antarklub FIFA 2000 di Brasil.[2]

Satu grup dengan Vasco Da Gama, Necaxa, dan Manchester United pada 2000 FIFA Club World Championships, South Melbourne mengalami kekalahan semua di tiga pertandingan. Meskipun kalah, klub memperoleh beberapa kehormatan di antara rekan-rekan dengan kinerjanya, serta beberapa sangat dibutuhkan di penampilan panggung dunia tersebut, sesuatu yang telah sangat kurang untuk klub sepak bola Australia pada saat itu.

Sejak putus dari kompetisi nasional pada runtuhnya NSL, klub telah mengadakan aspirasi untuk kembali ke kompetisi teratas untuk klub sepak bola di Australia. Pada tanggal 14 Februari 2007, South Melbourne mengumumkan minat mereka untuk menjadi klub Victoria kedua di A-League.[9] Pada bulan Juni 2008 South Melbourne FC mengirimkan surat minat untuk bergabung dengan liga [10] dan mengajukan aplikasi untuk kedua lisensi Melbourne sebagai bagian dari konsorsium Southern Cross FC, ​​namun pada tanggal 26 September 2008 Federasi Sepak bola Australia mengumumkan [11] bahwa dimulai negosiasi eksklusif dengan tawaran saingan 'Melbourne Heart FC' yang kemudian bergabung dengan kompetisi untuk A-League musim 2010-11.

Maret 2013 terungkap bahwa klub itu dalam negosiasi untuk mengambil saham dalam kekurangan uang Central Coast Mariners, tetapi pembicaraan mendingin ketika struktur kepemilikan Mariners dikonsolidasikan di bawah Mike Charlesworth.[12] Pada April 2013, klub itu mengungkapkan telah membuat beberapa tawaran untuk mengambil 100% saham di Melbourne Heart FC yang ditolak oleh manajemen Melbourne Heart.[13]

Skuat[sunting | sunting sumber]

Catatan: Bendera menunjukkan tim nasional pemain sesuai dengan peraturan FIFA. Pemain dapat saja mempunyai lebih dari satu kewarganegaraan.

No. Pos. Nama
1 Bendera Australia GK Peter Gavalas
2 Bendera Australia DF Timothy Mala
3 Bendera Australia DF Erderm Ozcagli
4 Bendera Australia DF Bryan Bran
5 Bendera Australia MF Nick Epifano
6 Bendera Australia DF Dimitri Tsiaras
7 Bendera Inggris FW Luke Hopper
8 Bendera Brasil MF Fernando
9 Bendera Australia FW Trent Rixon
10 Bendera Australia MF Tyson Holmes
11 Bendera Australia DF Bradley Norton (Captain)
12 Bendera Australia FW Rhys Meredith
13 Bendera Australia MF Iqi Jawadi
No. Pos. Nama
16 Bendera Republik Irlandia MF Alan Kearney
17 Bendera Belanda MF Nick Soolsma
18 Bendera Australia DF Jonathan Munoz
19 Bendera Inggris DF Shaun Kelly
20 Bendera Australia MF Andrew Cartanos
21 Bendera Australia GK Christopher Maynard
22 Bendera Australia DF James Karvelis
23 Bendera Belanda FW Renco Van Eeken
24 Bendera Australia FW Nick Jacobs
25 Bendera Australia DF Matko Budemir
26 Bendera Australia FW Baggio Yousif
-- Bendera Australia GK Lajos Hun
-- Bendera Australia MF Carl Recchia

Prestasi[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]