Sosialite

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Lompat ke: navigasi, cari

Sosialite adalah seseorang atau sekelompok orang yang selalu berpartisipasi dalam aktivitas sosial dan menghabiskan waktu untuk menghibur dan dihibur pada acara-acara mode kelas atas.[1] Menurut Merriam-Webster kalimat sosialite pertama kali digunakan pada tahun 1928.[2] Menurut dua orang penulis buku, sosialita didefinisikan sebagai seseorang yang aktif bersosialisasi.[3]

Etimologi[sunting | sunting sumber]

Sosialite adalah sebuah akronim yang diserap dari bahasa Inggris, berasal dari kalimat sosial dan elite. Kata "sosial" sebagai kata sifat memiliki arti:

  • Suka memperhatikan kepentingan umum (suka menolong, menderma, dan sebagainya),
  • Berkenaan dengan masyarakat,

Sedangkan "elite" sebagai kata benda memiliki arti:

  • Orang-orang terbaik atau pilihan di suatu kelompok,
  • Kelompok kecil orang-orang terpandang atau berderajat tinggi (kaum bangsawan, cendekiawan, dan sebagainya).

Secara bahasa atau makna aslinya, para kaum "sosialita" adalah sebagai orang-orang yang memiliki derajat tinggi atau terpandang, dan mereka memiliki jiwa sosial terhadap orang-orang yang kurang mampu. Kemudian makna kata sosialita di Indonesia terjadi pergeseran makna yang sangat berbeda dengan makna aslinya.[4]

Kehidupan sosialita[sunting | sunting sumber]

Jika dikaitkan dengan defini diatas, pengertian sosialita telah mengalami pergeseran makna. Sekarang arti kata sosialita dikaitkan dengan kehidupan mewah, glamour dan menghabis-habiskan uang. Perbedaan makna tersebut membuat sosialita dipandang sebelah mata, hal ini karena gaya hidup yang dijalani sebatas untuk mendapatkan pengakuan atas kekayaannya, untuk membangun citra diri semu. Kalangan yang fokus pada lifestyle dan mengabaikan wealthstyle. Gaya hidup tak sesuai kemampuan kemudian mendorong mereka cenderung mengambil jalan pintas dengan menghalalkan segala cara. Mereka ingin merasakan kenyamanan yang semu. Kalangan ini tak mampu hidup dalam ketidaknyamanan dan menjadi manusia yang tak bertumbuh. Sehingga yang ada di pikiran hanya sebatas tas mahal, sepatu mahal, arisan jutaaan rupiah, cafe, club, dan kemewahan.

Tentunya ini telah mendobrak citra sosialita, dimana Robert L. Peabody mendefinisikan sosialita sebagai seseorang yang berpartisipasi dalam aktivitas sosial dan menghabiskan sebagian banyak waktunya untuk menghibur sekaligus mendapatkan hiburan. Inilah aktifitas yang tidak dilakukan oleh orang kaya dalam menggunakan kekayaannya untuk mengadakan akitifitas sosial namun hanya arisan duit semata.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Socialite definition". Reverso Dictionary. Diakses 2010-10-28. 
  2. ^ "Socialite". Merriam-Webster Online. Diakses 2010-10-28. 
  3. ^ "Dumb Ways to Survive" By Donny Andrian & Adhiramsyah Choesin, Sosialita hal. 100.
  4. ^ Apa Itu Sosialita? di Aprillins.com

Pranala luar[sunting | sunting sumber]