Sup buntut

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sop Buntut)
Sup Buntut Amerika Serikat bagian Selatan
Sop buntut Indonesia

Sup buntut dibuat dengan ekor sapi. Sedikitnya ada lima versi sup buntut yang populer di seluruh dunia: makanan tradisional Korea, makanan Tiongkok yang lebih mirip semur, ekor sapi goreng/panggang dicampur dengan berbagai variasi sup merupakan makanan populer di Indonesia, makanan etnis Amerika Serikat bagian Selatan yang sudah ada sejak periode sebelum perang revolusi, dan sup kuah tebal dan gurih yang populer di Britania Raya sejak abad ke-18. Sup buntut Kreol dibuat dari tomat dengan ekor sapi, kentang, kacang hijau, jagung, mirepoix, bawang putih, dan rempah-rempah.

Sup buntut Tiongkok[sunting | sunting sumber]

Meski jika diterjemahkan secara harfiah berarti sup (牛尾汤 niú-wěi-tāng), makanan versi ini justru antara sup dan semur. Salah satu karakter utama sup buntut adalah bahan padatnya yang banyak, bertentangan dengan bahan masakan yang telah dipotong dadu atau diiris menurut aturan sup Tiongkok. Potongan ekor sapi, kentang, wortel, kubis, tomat, dan jamur dicampur di dalam air, kemudian diberi garam. Campuran ini dipanaskan pada suhu didih rendah agar semua bahan dapat memunculkan rasanya. Selain itu, tomat dan kentang dapat larut di dalam air, sehingga memberi warna jingga kemerahan pekat pada kaldu. Minyak dari ekor sapi turut memberikan rasa terhadap sup buntut. Sup ini disajikan dengan semua bahan tersebut.

Sop buntut Indonesia[sunting | sunting sumber]

Sop buntut adalah salah satu masakan populer dalam masakan Indonesia, terbuat dari potongan ekor sapi yang dibumbui kemudian direbus dan dimasukkan ke dalam kuah kaldu sapi yang agak bening bersama irisan kentang, wortel, tomat, daun bawang, seledri dan taburan bawang goreng. Sop buntut Indonesia dibumbui dengan bawang merah, bawang putih, dan rempah-rempah lokal, seperti merica, pala, dan cengkih. Variasi yang relatif baru disebut "Sop Buntut Goreng" yaitu buntut goreng yang dibumbui disajikan kering, sementara kuah sup kaldunya disajikan dalam mangkuk terpisah; dan "Sop Buntut Bakar" yang penyajiannya sama dengan sop buntut goreng, akan tetapi daging buntut dibumbui terlebih dahulu kemudian dibakar lalu disajikan dengan sup dalam mangkuk terpisah. Di beberapa rumah makan Padang dan Sunda juga sop buntut dijadikan salah satu menu utama.

Sup kaleng[sunting | sunting sumber]

Sup buntut adalah variasi sup Heinz yang terkenal di Britania Raya. Sup ini dulunya pernah dikalengkan di Amerika Serikat dan diproduksi oleh Campbell Soup Company.