Sony Ericsson LiveView

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Sony Ericsson LiveView adalah perangkat mini dengan layar mikro yang merupakan salah satu bagian dari portofolio Sony Ericsson Ekstra. Aksesoris interaktif ini digunakan untuk memudahkan mengoperasikan telepon seluler, juga untuk mengekspresi diri sang pengguna serta untuk memberikan pengalaman terbaik dalam berkomunikasi dengan telepon seluler pintar kepada konsumen khusus telepon seluler pintar Android. Sony Ericsson LiveView adalah aksesoris Sony Ericsson pertama yang kompatibel dengan podium Android yang terbuka.

Sony Ericsson LiveView diluncurkan pada 28 September 2010. Sony Ericsson LiveView ini adalah aksesoris tampilan mikro yang khusus untuk ponsel Android versi 2.x. Sony Ericsson LiveView ini merupakan bagian dari peranti teknologi telepon seluler pintar yang difungsikan menggunakan tombol dan bingkai sentuh yang sensitif. Perusahaan saham bersama antara Sony dan Ericsson pada tahun 2001 ini melansir produk terbarunya yang berkaitan dengan sistem operasi Android Sony Ericsson.

Dimensi Sony Ericsson LiveView begitu mungil, hanya berukuran 3,5 x 3,5 cm dengan tebal 1 cm dan bobot sekitar 15 gram. Sony Ericsson LiveView dilengkapi oleh sebuah layar OLED berwarna yang memiliki ukuran 1,3 inci dan menampilkan resolusi sebesar 128 x 128 piksel. Layar mikro inilah yang akan menampilkan, mulai dari melakukan dan menerima panggilan, berkirim pesan, hingga berlangganan berita yang dikemas dalam format Really Simple Syndication (RSS) melalui aplikasi yang dibenamkan, seperti fungsi dasar selayaknya sebuah telepon seluler.

Produk ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengecek status baru rekan seseorang atau notifikasi baru di Facebook atau Twitter, mengontrol fitur musik pada telepon seluler Sony Ericsson pengguna melalui layar mikro tadi, memilih daftar lagu dan mengatur volume suara. Produk ini pun dapat berfungsi sebagai pengingat kalender, tampilan acara kalender dan aplikasi-aplikasi ponsel lainnya

Teknologi yang terhubung secara nirkabel lewat bluetooth ke telepon seluler Sony Ericsson (khususnya Android) ini bertugas untuk menampilkan apa yang tampil di layar juga berfungsi untuk mengontrol fitur tanpa harus menggenggam telepon seluler. Jangkauan bluetooth Sony Ericsson LiveView yang memberikan fungsi pengendali jarak jauh ini dapat mencapai kejauhan 10 meter. Aksesoris telepon seluler pintar dari Sony Ericsson ini menjadi pesaing bagi produsen aksesoris Bluetooth untuk telepon seluler, seperti Jabra.

Selain itu, Sony Ericsson LiveView juga berfungsi untuk membantu ketika melakukan telefoni, juga mengekspresikan diri, ditambah lagi berfungsi untuk menikmati pengalaman baru dan rasa aman serta nyaman bagi para penggunanya. Sony Ericsson LiveView pun menyediakan berbagai aksesoris. Aksesoris yang tersedia termasuk klip dan gelang, yang dapat digunakan ketika berolahraga. Sony Ericsson juga menawarkan paket kesehatan jasmani yang mengkombinasikan LiveView dengan aplikasi SportyPal Pro, sehingga pengguna Sony Ericsson LiveView dapat memantau kecepatan detak jantung melalui aksesoris telepon seluler pintar ini. Dengan klip dan gelang, Sony Ericsson LiveView dapat diselipkan di baju, gantungan kunci, tali jam tangan, atau di mana saja yang memungkinkan. Aksesoris tersebut juga dapat disematkan pada sabuk pengaman saat seseorang sedang berada di dalam mobil pribadi, dan dapat dipasang di laptop atau tablet PC.

Sony Ericsson LiveView juga menyediakan masukan microUSB yang digunakan untuk mengisi ulang baterai teknologi ini. Untuk mengisi ulang baterai cukup dengan mencolokkan lewat masukan microUSB. Dalam keadaan baterai penuh, Sony Ericsson LiveView bisa bertahan hingga empat hari dalam keadaan normal.

Sejauh ini, Sony Ericsson LiveView telah kompatibel dengan sejumlah telepon seluler Sony Ericsson, termasuk Xperia X10, X10 Mini, dan X10 mini pro. Selain itu, Sony Ericsson LiveView juga mendukung berbagai telepon seluler merek lain dengan podium Android 2.0 ke atas. Telepon seluler pintar Android merek lain yang disebut kompatibel dengan Sony Ericsson LiveView adalah Samsung Galaxy S dan HTC Desire.

Sony Ericsson LiveView juga tersedia dalam Sony Ericsson Experience Packs. ‘Experience Pack’ adalah sebuah paket yang terdiri dari beberapa komponen yang sama-sama dapat membuat para pengguna merasakan pengalaman yang hebat dalam bidang-bidang tertentu. Sony Ericsson Experience Pack dan Sony Ericsson LiveView tersedia di pasar Indonesia pada kuartal ke-4 tahun 2010 atau akhir tahun 2010, tampaknya setelah update Android 2.1 untuk keluarga Xperia X10 dirilis.

Kelebihan[sunting | sunting sumber]

Sony Ericsson LiveView memiliki kelebihan dibandingkan teknologi pendukung atau aksesoris teknologi komunikasi lain. Jika dilihat dari ukuran aksesori ini, yakni 3,5 x 3,5 x 1,1 cm, sedikit teringat akan perangkat iPod Nano generasi ke-6 yang juga berukuran kecil. Namun, tidak seperti iPod Nano, Sony Ericsson LiveView merupakan aksesoris pertama yang kompatibel dengan podium Android 2.0 ke atas dan memiliki fungsi praktis, seperti fitur yang ada pada teknologi ini, yaitu membaca sms, melihat panggilan masuk, membaharui status dan mendapatkan informasi terbaru setiap hari dari Facebook dan Twitter dengan segera, serta memainkan musik langsung dari perangkat mungil ini. Hal tersebut merupakan salah satu kelebihan Sony Ericsson LiveView.

Kelebihan Sony Ericsson LiveView lainnya adalah penggunaan konektivitas bluetooth sebagai sambungan nirkabel dari telepon seluler yang kompatibel, dapat langsung digunakan untuk mengontrol telepon seluler tanpa harus mengeluarkannya dari saku ataupun tas. Aksesoris interaktif ini juga sudah dilengkapi klip dan gelang, serta didesain sepraktis mungkin agar mudah dijepitkan di mana saja; dijepitkan pada laptop atau dijadikan gantungan kunci; dan tidak perlu memegang telepon seluler saat berkomunikasi. Tampilan seseorang pun tambah menarik, misal dengan mengaitkan Sony Ericsson LiveView pada jam tangan.

Karena menggunakan Android, maka jam tangan yang dikaitkan oleh Sony Ericsson LiveView ini bisa digunakan untuk mengendalikan telepon seluler dengan sistem operasi serupa. Sony Ericsson LiveView dapat menampilkan pesan yang masuk atau keluar, RSS, membaharui status Facebook dan Twitter, memutar musik, melihat rincian panggilan masuk, daftar panggilan terakhir, bahkan pengguna dapat mendiamkan dering dari pemanggil yang tidak diinginkan langsung melalui Sony Ericsson LiveView. Kelebihan lain, Sony Ericsson LiveView juga berfungsi sebagai organisator, menampilkan kalender, menunjukkan waktu dan tanggal layaknya sebuah jam. Keunggulan lainnya, karena menggunakan Android juga, pengguna Sony Ericsson LiveView dapat mengunduh aplikasi apa pun yang kompatibel, yang diinginkan dari Android Market™, dan disesuaikan oleh LiveView™ untuk menjadikannya milik pengguna secara eksklusif.

Kelebihan lain Sony Ericsson LiveView terletak pada tampilan info, seperti ID pemanggil dan indikator status baterai yang mudah dilirik. Selain itu, Sony Ericsson LiveView dapat membantu menemukan telepon seluler selama masih berada dalam jangkauan koneksi bluetooth, yakni maksimal 10 meter. Telepon seluler akan bergetar ketika Sony Ericsson LiveView terpasang. Teknologi nirkabel Bluetooth™ ini pun tidak hanya membebaskan gerak tangan–perangkat pengguna Sony Ericsson LiveView pun bisa berkomunikasi tanpa kabel.

Pengembang aplikasi juga akan mampu membuat kustom kertas dinding dan aplikasi untuk Sony Ericsson LiveView, memungkinkan para pengguna untuk mempersonalisasi latar belakang layar 1,3 inci.

Bentuk yang kecil dan penggunaan yang mudah, mampu bekerja dengan maksimal dalam menggunakan perangkat teknologi khususnya sistem operasi Android yang ada saat ini. Ini adalah kelebihan lain dari Sony Ericsson LiveView.

Kekurangan[sunting | sunting sumber]

Di samping segala kelebihan Sony Ericsson LiveView, terdapat beberapa kekurangan dari aksesoris terbaru Sony Ericsson ini. Pengguna telepon seluler tidak dapat langsung begitu saja menggunakan Sony Ericsson LiveView sebagai aksesoris telepon seluler dan memanfaatkan segala bentuk keunggulan dari Sony Ericsson LiveView tersebut. Untuk menggunakan Sony Ericsson LiveView, telepon seluler harus menjalankan Android 2.0 atau versi di atasnya dan tentu saja harus dilengkapi dengan bluetooth.

Kekurangan yang lain, tidak memungkinkan untuk bekerja dengan ponsel lain yang masuk akal karena akan menjadi kehilangan pendapatan dan tidak ada yang akan membeli telepon seluler pintar Sony Ericsson hanya untuk menggunakan LiveView.

Sony Ericsson LiveView tidak benar-benar dapat memenuhi kebutuhan pasar. Perlu atau tidaknya seseorang akan LiveView, tergantung pada apakah seseorang secara teratur menggunakan telepon seluler untuk mendengarkan musik, memeriksa Facebook atau Twitter, serta mendapatkan banyak panggilan dan benar-benar tidak ingin repot menjawab. Jika perjalanan seseorang untuk bekerja termasuk yang berdiri di atas kereta api atau bus, untuk jangka waktu ini Sony Ericsson LiveView dapat dibeli.

Ironisnya, semua Sony Ericsson Android handset saat ini dijalankan versi 1.6 - Namun, pada saat LiveView hits pasar (kadang pada kuartal keempat tahun ini), mereka akan diupdate ke v 2.1

Selain itu, sebuah aplikasi yang disebut Sony Ericsson LiveWire Manager juga harus dipasang agar telepon seluler dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan Sony Ericsson LiveView. Aplikasi manajer Sony Ericsson LiveWare™ akan tersedia pada Android™ Market, atau sudah terpasang sebelumnya dalam bundel telepon seluler. Selain itu, Sony Ericsson LiveView juga baru tersedia dalam Sony Ericsson Experience Packs.

Kelebihan Sony Ericsson LiveView yang dapat disematkan di mana saja ini, dapat menjadi salah satu kekurangan LiveView juga. Sekarang harus diwaspadai orang-orang yang memiliki sesuatu di pergelangan tangan. Bayangkan, guru harus berhati-hati saat muridnya menggunakan jam tangan, bisa jadi itu adalah LiveView, dan murid dapat asik bermain Facebook atau Twitter tanpa sepengetahuan guru.

Kekurangan lain dari Sony Ericsson LiveView terlihat pada pilihan warna. Meski desain tampak bagus dan sederhanna, Sony Ericsson LiveView tidak memberikan pilihan warna. Aksesoris telepon seluler pintar ini hanya diproduksi dalam warna hitam saja.

Spesifikasi[1][sunting | sunting sumber]

  • Umum:
    • Dimensi 11.0 x 35.0 x 35.0
    • Berat 15.0 gr
    • Warna hitam
  • Daya:
    • Mengubah konektor Konektor USB Mikro
  • Bluetooth™ Umum:
    • Kisaran Operasi (m) 10 m
    • Tampilan grafis OLED berwarna 1,3"" layar
    • Tombol Dua tombol keras dan empat tombol lunak
  • UI/Pemakaian:
    • Lainnya Pengingat kalender
      • Menemukan telepon
      • Menampilkan waktu dan tanggal
      • Dukungan USB High Speed 2.0
    • Pemakaian Klip atau Gelang ikat
    • Kontrol pemutar musik Putar, jeda, trek berikutnya, sebelumnya dan penyesuaian volume. Tampilan judul trek.
    • Olahpesan Menampilkan SMS yang masuk
      • Menampilkan RSS feed
  • Komunikasi:
    • Layanan Jaringan Sosial Menampilkan update Facebook™
      • Menampilkan update Twitter™
    • Panggilan Menampilkan nomor telepon panggilan masuk
      • Membungkam pendering untuk panggilan telepon yang masuk
    • LiveView™
    • Klip
  • Kit penjualan:
    • Isi kit Wristband
      • Micro USB charger
      • User GuideLiveView™
  • Kompatibilitas:
    • Kompatibilitas Telepon Android kompatibel (Android OS 2.0 dan yang lebih tinggi)
      • Diperlukan Sony Ericsson LiveWare™ Manager.
      • Tersedia untuk unduhan pada Android market™.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

http://www.sonyericsson.com/cws/products/accessories/overview/liveview?cc=id&lc=id#view=overview Diarsipkan 2010-10-04 di Wayback Machine.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

http://tekno.kompas.com/read/2010/09/29/13582347/Sony.Ericsson.LiveView..Layar.Baru.Lebih.Seru.

https://www.indoakurat.com/2010/09/Sony-Ericsson-LiveView-Aksesoris-Pintar-untuk-Ponsel-Android-Anda.html

http://www.detikinet.com/read/2010/09/29/144239/1451295/317/liveview-jam-tangan-berbasis-android

http://techno.okezone.com/read/2010/09/29/57/377386/sony-ericsson-liveview-aksesoris-untuk-android

http://teknologi.vivanews.com/news/read/180406-se-liveview--layar-mungil-untuk-android Diarsipkan 2010-10-03 di Wayback Machine.

http://www.mediaindonesia.com/mediagadget/index.php/read/2010/09/30/203/2/LiveView-Aksesori-Terbaru-Sony-Ericsson

http://www.waspada.co.id/index.php?option=com_content&view=article&id=146293:lebih-seru-dengan-sony-ericsson-liveview-&catid=43:otomotif&Itemid=66

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Salinan arsip". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2010-10-04. Diakses tanggal 2010-10-12.