Sonder, Minahasa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sonder
Peta lokasi Kecamatan Sonder
Peta lokasi Kecamatan Sonder
Negara Indonesia
ProvinsiSulawesi Utara
KabupatenMinahasa
Kode Kemendagri71.02.11
Kode BPS7102130
Desa/kelurahan19


Sonder adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara, Indonesia. Kantor Camat Kecamatan Sonder terdapat di Desa Talikuran sedangkan terminal dan pasar besar di Sonder terdapat di Desa Kauneran.

Kata Sonder berasal dari kata Songkel yang merupakan burung yang hidup di daerah sekitar. Konon burung tersebut banyak terdapat di Sonder pada saat orang-orang pertama bermukim di daerah ini. Diyakini bahwa Sonder dulunya hanya merupakan daerah perkebunan oleh orang-orang Minahasa. Namun karena daerahnya subur dan memiliki banyak sumber mata air, maka orang-orang asli Minahasa zaman dahulu mulai bermukim di daerah ini.[butuh rujukan] Bahasa daerah yang digunakan orang Sonder adalah Bahasa Tontemboan yang merupakan salah satu bahasa daerah Minahasa.

Semenjak awal abad ke-19 orang Sonder dikenal dengan semangat bertani dan berwiraswasta yang tinggi, sehingga ada istilah bahwa kebanyakan orang Sonder yang berhasil karena berusaha/berdagang secara berdagang berkeliling di daerah Minahasa dan sekitarnya.[butuh rujukan] Kecamatan Sonder merupakan salah satu wilayah sentra penghasil cengkih di Sulawesi Utara.

Di Kecamatan Sonder juga terdapat rumah sakit tertua di Indonesia timur yang berdiri sejak tahun 1901 yakni Rumah Sakit Siloam yang terletak di desa Kolongan Atas.[butuh rujukan][1][2] Sonder juga memiliki tempat wisata seperti Taman Toar lumimuut, Air Terjun Tincep, dan Arung Jeram Timbukar

.dengan pendapatan masyarakat dari pertanian dan peternakan.kecamatan sonder dikenal penghasil ternak babi terbanyak di sulawesi utara.

Batas wilayah[sunting | sunting sumber]

Berikut merupakan batas wilayah Kecamatan Sonder:

Utara Kota Tomohon
Timur Kecamatan Remoken
Selatan Kecamatan Kawangkoan Utara
Barat Kecamatan Suluun Tareran (Kabupaten Minahasa Selatan)


  1. ^ "Yance Ingin RS Siloam Sonder Eksis Lagi". Tribunnews.com. Diakses tanggal 2022-05-22. 
  2. ^ "Tingkatkan Pelayanan Kesehatan, RSU GMIM Siloam Sonder Siapkan Dokter Umum dan Spesialis di IGD dan Poliklinik - Ini dia Jadwal di Hari Sabtu, (02/04/2022)". Cahaya Siang. 2022-04-01. Diakses tanggal 2022-05-22.