Soho, Hong Kong

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Elgin Street, Soho, Hong Kong

The Soho (Tionghoa: ; juga dan 荷南美食區; secara formal 中環蘇豪區) adalah sebuah kawasan distrik di Hong Kong dan merupakan sebuah zona hiburan yang berlokasi di Central dan membatasi Sheung Wan, dalam Central. Nama ini berasal dari lokasinya: South of Hollywood Road, dan itu bisa dibilang meluas sampai dengan dan termasuk Robinson Road.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Eskalator Mid-Level di SoHo

Eskalator Tengah Mid-Level dibangun pada tahun 1993; karakter yang dinamis sekarang Soho akan dikaitkan dengan penciptaan sistem eskalator, yang pada saat itu adalah sistem eskalator terpanjang di dunia. Sebelum pembangunan eskalator, kawasan itu dihuni oleh banyak penduduk tua setempat dan toko porselen.

Daerah ini sekarang terdiri dari restoran, bar, klub malam, galeri seni dan toko antik Staunton Street dan Elgin Street. Soho juga adalah rumah bagi fulltime pertama komedi klub di Asia, The TakeOut Comedy Club Hong Kong.[1] Pengemudi taksi Hong Kong biasanya menganggap "Soho" berarti baik Staunton Street atau Elgin Street.

Bangunan di daerah Soho adalah campuran bangunan komersil/perumahan, dengan bisnis komersial di lantai bawah, dan perumahan di atas Lantai Pertama. Sekitar waktu yang sama Eskalator Tingkat Mid dibangun, sebuah sedikit orang asing mulai bergerak ke daerah itu, mengambil kedua tempat komersial dan rumah susun sewa. Pada saat itu flat lebih murah dibandingkan daerah lain expat di Hong Kong, dan 'hanya beberapa menit berjalan kaki dari pusat bisnis.

Nama Soho pertama kali disebutkan dalam sebuah artikel tahun 1996 di koran South China Morning Post dikaitkan dengan pemilik restoran Elgin Street, Thomas Goetz, yang datang dengan akronim. Goetz juga berperan dalam membentuk kelompok usaha pertama Soho, dan The Soho Asosiasi Terbatas (TSAL) didirikan pada tahun 1998 untuk mewakili anggotanya dalam kaitannya dengan kesulitan mereka alami dengan departemen pemerintah daerah dalam kaitannya dengan perizinan, dan untuk bersama mempromosikan daerah tersebut . Ketua pertama adalah Jean-Paul Gauci, yang telah membuka banyak bisnis di daerah tersebut.

Namun, pada tahun 2000, anggota Partai Demokrat Kam Nai-wai ingin melihat Soho secara resmi berganti nama menjadi "Elgin/Staunton Jalan Bertema Dining Area", dan Kam dan beberapa jangka panjang warga terkait nama Soho dengan menjadi tempat kehinaan, dengan warna merah asosiasi daerah lampu. Ironisnya adalah Elgin Street dikenal pada 1860-an sebagai "Hung Mo Giu Gai," atau "Luar Negeri Jalan Girls," karena sejumlah besar Eropa-staf bordil. Itu diubah namanya setelah Lord Elgin, utusan Inggris ke China, selama Perang Opium Kedua (1857-1860). Selama beberapa tahun Partai Demokrat bertempur pertempuran yang berkelanjutan terhadap bar baru dan restoran di daerah tersebut, dan juga terhadap adopsi formal nama "Soho", lebih suka yang deskriptif "Staunton / Elgin Jalan Bertema Dining Area "agar tidak mengaitkan daerah tersebut dengan konsumsi alkohol. Nama "Soho" juga bisa menyebabkan hubungan dengan wilayah London dengan nama yang sama.

Toko di Soho, Hong Kong[sunting | sunting sumber]

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Stand-up comedy around the world: a glance at China’s and Africa’s scenes". Punchline Magazine. 2008-07-14. Diakses 2008-08-20. [pranala nonaktif]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Koordinat: 22°16′56″LU 114°9′10″BT / 22,28222°LU 114,15278°BT / 22.28222; 114.15278