Sobeslav II dari Bohemia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sobeslav II, yang disebut Pangeran Rakyat atau Raja Rakyat Biasa, merupakan seorang Adipati Bohemia dari tahun 1173 sampai 1179. Ia merupakan putra kedua Sobeslav I. Tidak didukung baik oleh para bangsawan atau kaisar, ia semata-mata hanya didukung oleh rakyat jelata.

Pada tahun 1172, Frederick, putra Ladislaus II, menggantikan ayahnya yang mengabdikasikan dirinya. Frederick Barbarossa, Kaisar Romawi Suci, mengadakan kongres di Hermsdorf pada bulan September 1173 dan menggulingkan Frederick lalu menominasikan Oldrich, putra Sobeslav I. Oldrich segera mengabdikasikan dirinya demi kakandanya Sobeslav II. Sobeslav ditawan di dalam penjara sejak tahun 1161.

Sobeslav memberikan sebuah piagam pada kota Praha, namun ia berselisih dengan Henry II, Adipati Austria pada tahun 1175. Pada musim semi tahun 1176, sekelompok pasukan yang dipimpin oleh calon Adipati Konrad Otto dari Znojmo menghancurkan negara tersebut ke utara Danube. Banyak gereja dan biara yang diserang dan Paus Alexander III mengucilkan adipati itu. Barbarossa ikut campur pada tahun 1177 dan mengakui Frederick sebagai adipati. Pada tahun 1179, Sobeslav dipecat dan ia meninggal di "suatu tempat di negara asing" pada tanggal 29 Januari 1180, tanpa keturunan dari pernikahannya dengan Elisabeth (wafat tahun 1209), putri Mieszko III dari Polandia.

Didahului oleh:
Frederick
Adipati Bohemia
1173–1178
Diteruskan oleh:
Frederick