Snow on the Sahara (lagu)

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
"Snow on the Sahara"
Singel oleh Anggun
dari album Snow on the Sahara
Dirilis 1997
Format 5", 12", CD single
Direkam 1996
Genre Pop, etnik
Panjang 4:20
Label Columbia, Sony Music
Pencipta Erick Benzi, Nikki Matheson
Produser Erick Benzi

"Snow on the Sahara" adalah sebuah lagu dari penyanyi Indonesia Anggun dari album studio internasional pertamanya Snow on the Sahara. Lagu ini juga direkam dalam bahasa Perancis dengan judul "La neige au Sahara" untuk album Au nom de la lune yang merupakan versi bahasa Perancis dari album Snow on the Sahara. Lagu ini diciptakan oleh musisi Erick Benzi dengan lirik bahasa Inggris oleh Nikki Matheson. Untuk "La neige au Sahara", Erick Benzi menulis sendiri lirik bahasa Perancisnya. Lagu ini direkam di Baateu-Lune Studio di Paris, Perancis.

"La neige au Sahara" dirilis sebagai singel pertama Anggun di Perancis pada bulan Juni 1997, disusul beberapa bulan kemudian oleh "Snow on the Sahara" yang dirilis secara global. Singel pertama Anggun ini mendapat respon positif dari kritikus musik internasional. "Snow on the Sahara" juga berhasil menembus tangga lagu di berbagai negara di seluruh dunia. Lagu ini berhasil mencapai peringkat pertama di Italia, Spanyol, dan beberapa negara di Asia. Anggun menjadi penyanyi berkebangsaan Indonesia pertama dalam sejarah yang berhasil menembus tangga lagu Billboard di Amerika Serikat. Di Perancis, "La neige au Sahara" merupakan lagu yang paling di putar di radio-radio untuk tahun 1997.

"Snow on the Sahara" memiliki dua versi video musik. Video versi pertama direkam pada tahun 1997 di Bali, sedangkan versi kedua digarap pada tahun 1998 oleh sutradara berkebangsaan Inggris Anthea Benton. Sementara video untuk "La neige au Sahara" nyaris sama dengan versi pertama "Snow on the Sahara" dengan mulut Anggun menyesuaikan pelafalan dalam bahasa Perancis. Melalui video-video ini Anggun berhasil menembus saluran musik internasional seperti MTV dan VH1. Anggun berhasil terpilih menjadi Hot Seat Artist MTV Asia selama September 1998 dan juga menembus peringkat 26 pada Billboard Video Monitor di Amerika Serikat.

Produksi dan perilisan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1994, Anggun memutuskan untuk pergi dari Indonesia dan meninggalkan kariernya sebagai salah satu penyanyi rock paling populer saat itu. Setelah setahun berjuang membangun kariernya di London, Inggris, Anggun akhirnya pindah ke Paris, Perancis. Di sinilah Anggun berhasil bertemu dengan Erick Benzi, salah satu produser besar Perancis yang pernah menggarap album sejumlah penyanyi kenamaan seperti Celine Dion, Jean-Jacques Goldman dan Johnny Hallyday. Benzi terpikat oleh kemampuan vokal Anggun dan seketika menawarkannya untuk rekaman album. Anggun kemudian memutuskan untuk mempelajari bahasa Perancis secara otodidak. Ia juga berhasil direkrut label Columbia Records di Perancis dan mendapat kontrak label induk Sony Music International untuk album yang akan diedarkan secara internasional.

Anggun memulai penggarapan album internasional pertamanya bersama Benzi pada tahun 1996. Salah satu dari lagu yang diproduksi yaitu "La neige au Sahara", lagu bahasa Perancis yang diciptakan dan diaransir oleh Benzi. Lagu ini selanjutnya diadaptasikan ke dalam bahasa Inggris oleh Nikki Matheson dengan judul "Snow on the Sahara". Lagu ini direkam di Studio Mega dan Studio Davout oleh Erick Benzi dan Gildas Lointier menggunakan Kevin Mobile.[1] Proses mixing dilakukan di Studio Mega, sementara mastering dilakukan di Dyam Music. Lagu ini sebagian besar digubah dengan alat synthesizer dan kibor, dengan penggunaan irama musik-musik tradisional Asia.

"La neige au Sahara" lebih dahulu diluncurkan di Perancis dan sekitarnya pada pertengahan tahun 1997. Sedangkan "Snow on the Sahara" dirilis dalam rentang waktu akhir 1997 hingga awal 1999. Setelah perilisiannya, lagu ini mendapat banyak respon positif dari kritikus musik internasional. Larry Flick dari majalah Billboard memuji aransemen lagu ini yang berhasil menonjolkan performa vokal Anggun "menjadi proporsi diva yang mengesankan". "Snow on the Sahara" digunakan sebagai lagu promosi Swatch, sebuah merek jam tangan terkenal dunia asal Swiss. Tayangan iklan jam tangan tersebut di saluran-saluran televisi Eropa cukup efektif dalam mempopulerkan lagu ini pada saat itu.

Pencapaian komersial[sunting | sunting sumber]

"La neige au Sahara" dilepas sebagai singel pertama Anggun di Perancis pada bulan Juni 1997 dan cepat menjadi hit. Pada tangga penjualan singel, lagu ini berhasil menembus posisi 16 pada French Singles Chart dan bertahan chart selama 24 minggu.[2] "La neige au Sahara" berhasil terjual lebih dari 209.000 keping singel di seluruh wilayah Perancis dan mendapat sertifikasi silver dari Syndicat National de l'Édition Phonographique (SNEP).[3] Lagu ini juga berhasil mencapai peringkat pertama French Airplay Chart. "La neige au Sahara" tercatat sebagai lagu yang paling diputar radio-radio Perancis untuk tahun 1997 dengan total 7.900 pemutaran.[4]

"Snow on the Sahara" dirilis kemudian secara internasional dalam kurun waktu 1997 hingga 1999. Singel ini berhasil menembus sejumlah tangga lagu di berbagai belahan dunia. Catherine Pouplain dari Radio France International mencatat bahwa "Faktanya, 'Snow on the Sahara' masuk dalam tangga lagu dimana-mana, dari Norwegia hingga ke Albania."[5] Singel ini berhasil mencapai peringkat pertama di Italia dan Spanyol. Di Italia, singel ini berhasil menduduki peringkat pertama selama dua minggu tidak berurutan.[6] "Snow on the Sahara" merupakan singel terlaris keempat di Italia untuk tahun 1999 dan mendapat sertifikasi double platinum dari Federation of the Italian Music Industry (FIMI) untuk penjualan singel di atas 100.000 keping.[7] Di Inggris, "Snow on the Sahara" hanya mampu menembus posisi 184 di UK Singles Chart pada 18 September 1999.[8] Meskipun demikian, lagu ini cukup populer di klub-klub Inggris dan berhasil mencapai peringkat empat di UK Club Chart.[9] "Snow on the Sahara" juga berhasil menembus 30 besar European Hot 100 Singles dengan posisi puncak nomor 27.[10]

Di Asia, "Snow on the Sahara" berhasil menembus peringkat lima Tokio Hot 100 yang dipublikasikan oleh J-Wave, salah satu jaringan radio terbesar dan terpopular di Jepang.[11] "Snow on the Sahara" juga mendominasi posisi puncak tangga lagu negara-negara Asia Tengggara, seperti Indonesia, Malaysia, dan Singapura. "Snow on the Sahara" juga gencar diputar radio-radio Filipina dan merupakan lagu terpopuler Anggun di negara tersebut sampai saat ini.[5] Di Amerika Serikat, "Snow on the Sahara" mencapai posisi 16 di Billboard Hot Dance/Club Play serta posisi 19 di Billboard Border Breakers Chart.[12] Gary Trust, jurnalis dari majalah Billboard, memasukan lagu ini dalam artikel "Remembering 15 Forgotten Adult Pop Songs" terbitan 29 Maret 2011. Ia menyebutkan bahwa "Snow on the Sahara" merupakan salah satu lagu yang seharusnya "layak menjadi hit yang lebih besar."[13]

Video musik[sunting | sunting sumber]

"Snow on the Sahara" memiliki dua video klip, versi pertama (kanan) direkam pada tahun 1997 untuk Eropa dan Asia dan versi kedua (kiri) direkam pada tahun 1998 untuk Amerika.

"Snow on the Sahara" memiliki dua versi video musik. Versi pertama direkam di Bali pada tahun 1997 dan disutradarai oleh Philippe Gautier.[14] Video ini menampilkan Anggun dalam sebuah ritual upacara kuno. Anggun yang diiringi oleh dua penari Bali meyaksikan dan meratapi kekasihnya yang dijadikan sebagai tumbal untuk dikorbankan kepada penguasa alam. Pada tampilan lain dalam video, Anggun berada dalam tabung kaca yang memiliki titik-titik air dan masih diiringi dua penari Bali tersebut. Video musik untuk "La neige au Sahara" nyaris sama dengan versi pertama video "Snow on the Sahara" ini. Yang berbeda hanyalah pada pengucapan mulut Anggun yang menyesuaikan lirik dalam bahasa Perancis.

Video musik "Snow on the Sahara" versi kedua direkam pada tahun 1998 saat Anggun merilis album internasional pertamanya di kawasan Amerika Utara. Video ini digarap oleh sutradara berkebangsaan Inggris Anthea Benton yang pernah menggarap video musik artis-artis terkenal dunia seperti Take That dan George Michael.[15] Pada video ini, Anggun berada dalam sebuah rumah tua yang dipenuhi dengan barang-barang antik. Bagian lainnya menampilkan Anggun yang mengenakan busana merah muda dengan latar belakang spektrum cahaya berwarna biru. Dalam video ini, Anggun banyak melakukan gerakan-gerakan tarian tradisional Bali seperti melentikan jarinya dan meliuk-liukan tangannya. Versi kedua video "Snow on the Sahara" menggunakan audio versi Radio Edit yang memiliki durasi lebih pendek dari lagu aslinya, yaitu 3:39.

Melalui video musik "Snow on the Sahara" Anggun berhasil menembus saluran musik internasional seperti MTV, VH1, dan Channel V. Di Amerika Serikat, video ini mulai ditayangkan di layar kaca pada 5 Juli 1998.[16] Video ini berhasil mencapai peringkat 26 pada Billboard Video Monitor yang merupakan daftar video musik paling putar saluran VH1 selama minggu pertama September 1998.[17] Di Asia, Anggun berhasil terpilih menjadi "Hot Seat Artist of the Month" oleh MTV Asia untuk bulan September 1998.[18]

Penampilan langsung dan daur ulang[sunting | sunting sumber]

Sarah Brightman merekam ulang "Snow on the Sahara" pada tahun 2004.

Sejak pertama kali dirilis, "Snow on the Sahara" dan "La neige au Sahara" sudah menjadi lagu wajib bagi Anggun dalam setiap konsernya dan telah sering dinyanyikannya dalam berbagai kesempatan. Salah satu penampilan yang paling berkesan adalah saat konser mini Anggun di Sony Music Studios, New York pada Agustus 1998. Penampilan tersebut ditayangkan dalam acara Sessions at West 54th oleh Trio, sebuah saluran TV kabel Amerika milik NBC Universal. Pada Desember 2007, Anggun membawakan "Snow on the Sahara" dalam konser natal tahunan yang digelar oleh Vatikan. Penampilan tersebut disiarkan secara langsung oleh saluran TV nasional Italia, RAI 2.[19]

"Snow on the Sahara" telah direkam ulang oleh banyak artis dalam berbagai jenis musik dan bahasa. Pada tahun 1999, grup musik a capella asal Amerika Serikat Stanford Harmonics merilis ulang "Snow on the Sahara" dalam album Insanity Laughs.[20] Grup musik Amerika Serikat The Class Notes juga untuk album Afterhours yang dirilis pada tahun 2001. Pada tahun 2003, penyanyi asal Vietnam Như Loan merekam lagu ini dalam bahasa Vetnam dengan judul "Nguyện Cầu Tuyết Rơi Trên Sa Mạc" pada album yang bertajuk Sunday Buồn.[21] Setahun berikutnya, penyanyi berkebangsaan Inggris Sarah Brightman mendaur ulang "Snow on the Sahara" sebagai lagu baru untuk albumnya The Harem World Tour: Live from Las Vegas.[22] Penyanyi Italia Ilaria Porceddu membawakan lagu ini pada episode ketujuh X Factor Italia musim pertama pada tanggal 22 April 2008.[23] Ia kemudian merekam "Snow on the Sahara" untuk album solo pertamanya, Suono Naturale, yang dirilis pada tahun yang sama.[24]

Daftar lagu[sunting | sunting sumber]


  • French CD Single[25]
  1. "La neige au Sahara" – 4:18
  2. "Selamanya" – 2:21
  3. "Snow on the Sahara" – 4:19
  • European CD Maxi Single[26]
  1. "Snow on the Sahara" – 4:19
  2. "Selamanya" – 2:21
  3. "La neige au Sahara" – 4:18
  • Japanese 5" Promo CD Single[27]
  1. "Snow on the Sahara" – 4:22
  2. "Valparaiso" – 3:58
  3. "A la plume de tes doights" – 3:33


  • UK CD Maxi Single, Part 1[28]
  1. "Snow on the Sahara" (Radio Edit) – 3:39
  2. "Snow on the Sahara" (Amen Remix) – 7:29
  3. "Selamanya" – 2:21
  • UK CD Maxi Single, Part 2[29]
  1. "Snow on the Sahara" (Album Version) - 4:19
  2. "Snow on the Sahara" (Trouser Enthusiasts Kangaroo Juice Mix) – 8:59
  3. "La neige au Sahara" - 4:18
  • US 12" Vinyl Promo Single[30]
  1. A. Snow on the Sahara (Razor 'n' Guido Main Mix) - 10:41
  2. B1. Snow on the Sahara (Orange'e Dub) - 9:41
  3. B2. Snow on the Sahara (Bonus Beats) - 5:11

Personel[sunting | sunting sumber]


  • Anggun – vokal utama, vokal harmoni
  • Erick Benzi – penulis lagu, produser, aransir, kibor, vokal harmoni
  • Nikki Matheson – penulis lagu, vokal harmoni
  • Jacques Veneruso – gitar elektrik, gitar akustik, vokal harmoni
  • Nicolas Yvan Mingot – gitar
  • Roland Benzi – produser eksekutif


  • Claude Gassian – fotografi
  • L&G Design – desain
  • Amen – remix
  • Trouser Enthusiasts – remix
  • Razor 'N' Guido – remix, produser tambahan
  • Ian Masterson – remix, produser tambahan

Tangga lagu dan penjualan[sunting | sunting sumber]


Tangga lagu mingguan[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu Posisi
puncak
Bendera Belgia Belgian Wallonia Singles Chart[31] 24
Bendera Eropa European Hot 100 Singles[10] 27
Bendera Finlandia Finnish Singles Chart[32] 22
Bendera Perancis French Airplay Chart[4] 1
Bendera Perancis French Singles Chart[2] 16
Bendera Jerman German Singles Chart[33] 55
Bendera Indonesia Indonesian Airplay Chart[34] 1
Bendera Italia Italian Singles Chart[6] 1
Bendera Malaysia Malaysian Airplay Chart[5] 1
Bendera Singapura Singaporean Singles Chart[9] 1
Bendera Spanyol Spanish Airplay Chart[9] 1
Bendera Swiss Swiss Singles Chart[35] 24
Bendera Jepang Tokio Hot 100[11] 5
Bendera Britania Raya UK Club Chart[9] 4
Bendera Britania Raya UK Singles Chart[8] 184
Bendera Amerika Serikat U.S. Billboard Adult Contemporary Chart[12] 22
Bendera Amerika Serikat U.S. Billboard Border Breakers Chart[5] 19
Bendera Amerika Serikat U.S. Billboard Hot Dance/Club Play Chart[12] 16


Tangga lagu tahunan[sunting | sunting sumber]

Tangga lagu Peringkat
Bendera Perancis French Airplay Chart (1997)[4] 1
Bendera Perancis French Singles Chart (1997)[36] 44
Bendera Italia Italian Singles Chart (1999)[37] 4
Bendera Jepang Tokio Hot 100 (1997)[38] 46

Sertifikasi[sunting | sunting sumber]

Negara Sertifikasi Penjualan
 Perancis[3] Silver 209.000
 Italia[7] 2× Platinum 100.000

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ (1997) Nota album untuk Snow on the Sahara oleh Anggun. Columbia Records (COL 487725-6).
  2. ^ a b "Anggun - La neige au Sahara". Syndicat National de l'Édition Phonographique. Diakses 2013-01-29. 
  3. ^ a b "InfoDisc: Les Singles en Argent". Syndicat National de l'Édition Phonographique. Diarsipkan dari aslinya pada tanggal 23 September 2010. Diakses 2010-08-24. 
  4. ^ a b c Document archive (1997). "La diffusion en radio 1997". Syndicat National de l'Édition Phonographique. Diakses 2011-12-13. 
  5. ^ a b c d "Anggun around the world: From Asia to the U.S. - via Paris!". Radio France Internationale. 2000-11-09. Diakses 2009-04-20. 
  6. ^ a b "Lista Ufficiale N. 1 Singoli FIMI". Federazione Industria Musicale Italiana. Diakses 2013-01-29. 
  7. ^ a b "MUZ.RU LIVE – новая перспектива в поп-музыке" (dalam bahasa Rusia). Weacom TV. 2009-05-19. Diakses 2013-01-29. 
  8. ^ a b "Chart Log UK: 1994–2010". The Official Charts Company. Diakses 2011-12-28. 
  9. ^ a b c d http://www.musicalnews.com/articolo.php?codice=5922&sz=5
  10. ^ a b "Eurochart Hot 100". Music & Media (Amsterdam: European Music Report) 14 (21). 1999-05-22. OCLC 29800226. 
  11. ^ a b http://books.google.co.id/books?id=AQoEAAAAMBAJ&pg=RA1-PA99#v=onepage&q&f=false
  12. ^ a b c http://www.billboard.com/#/song/anggun/snow-on-the-sahara/1651024
  13. ^ Trust, Gary (2011-03-29). "Remembering 15 Forgotten Adult Pop Songs". Billboard. Diakses 2013-02-24. 
  14. ^ "Snow on the Sahara (Film, 1998)". WorldCat. Diakses 2013-01-29. 
  15. ^ "Anggun – Snow on the Sahara". MTV. Diakses 2013-02-25. 
  16. ^ http://books.google.co.id/books?id=9wkEAAAAMBAJ&pg=PA78#v=onepage&q&f=false
  17. ^ http://books.google.co.id/books?id=GwoEAAAAMBAJ&pg=PA98#v=onepage&q&f=false
  18. ^ "Mereka Kreatif Lalu Kaya Raya". Swa. 2007-10-25. Diarsipkan dari aslinya tanggal 2013-01-28. Diakses 2013-01-29. 
  19. ^ "Concert for Sudan". Agenzia Info Salesiana. 2007-10-24. Diakses 2011-07-21. 
  20. ^ "Insanity Laughs 1999". Stanford Harmonics. Diakses 2013-01-29. 
  21. ^ "Nguyện Cầu Tuyết Rơi Trên Sa Mạc - Như Loan" (dalam bahasa Vietnam). Nhacso.net. Diakses 2013-01-29. 
  22. ^ Latham, Aaron (2004-09-28). "The Harem World Tour: Live from Las Vegas - Sarah Brightman". Allmusic. Diakses 2013-01-29. 
  23. ^ "X Factor, per Ilaria Porceddu niente finale" (dalam bahasa Italia). DGMag.it. 2008-05-21. Diakses 2013-01-29. 
  24. ^ Neri, Martina (2008-06-27). "Ilaria: vi dimostro che sono un'artista!" (dalam bahasa Italia). Musical News. Diakses 2013-01-29. 
  25. ^ "Anggun ‎– La Neige Au Sahara (CD)". Discogs. Diakses 2013-01-29. 
  26. ^ "Anggun ‎– Snow On The Sahara (CD)". Discogs. Diakses 2013-01-29. 
  27. ^ "Anggun Snow On the Sahara Japan Promo CD single (CD5 / 5") (276085)". Eil.com. Diakses 2013-01-29. 
  28. ^ "Anggun ‎– Snow On The Sahara (CD)". Discogs. Diakses 2013-01-29. 
  29. ^ "Anggun ‎– Snow On The Sahara (CD)". Discogs. Diakses 2013-01-29. 
  30. ^ "Anggun ‎– Snow On The Sahara (Vinyl)". Discogs. Diakses 2013-01-29. 
  31. ^ "Anggun - La neige au Sahara". Ultratop. Diakses 2013-01-29. 
  32. ^ "Anggun - Snow On The Sahara". The Official Finnish Charts. Diakses 2013-01-29. 
  33. ^ "Anggun, Snow On The Sahara". Media Control Charts. Diakses 2013-01-29. 
  34. ^ "Anggun". PX Drive. Diakses 2013-01-19. 
  35. ^ "Anggun - Snow On The Sahara". Swiss Music Charts. Diakses 2013-01-29. 
  36. ^ "Classement Singles - année 1997". Syndicat National de l'Édition Phonographique. Diakses 2013-01-29. 
  37. ^ http://www.hitparadeitalia.it/hp_yends/hpe1999.htm
  38. ^ http://www.j-wave.co.jp/original/tokiohot100/chart_19/1997.htm

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Didahului oleh:
"...Baby One More Time" oleh Britney Spears
"Flat Beat" oleh Mr. Oizo
Singel nomor satu di Italian Singles Chart
27 Maret 1999
24 April 1999
Diteruskan oleh:
"Baby One More Time" oleh Britney Spears
"Per te" oleh Jovanotti