Smirna

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Smirna
Σμύρνη
Agora di Smirna (kolom-kolom di stoa sebelah barat)
Agora di Smirna (kolom-kolom di stoa sebelah barat)
Smirna is located in Turki
Smirna
Koordinat: 38°25′26″LU 27°8′34″BT / 38,42389°LU 27,14278°BT / 38.42389; 27.14278Koordinat: 38°25′26″LU 27°8′34″BT / 38,42389°LU 27,14278°BT / 38.42389; 27.14278

Smirna (bahasa Yunani Kuno: Σμύρνη or Σμύρνα, Smyrna) adalah kota kuno yang terletak di bagian tengah dan strategis di pantai Laut Aegea dari wilayah Anatolia. Karena kondisi pelabuhan yang menguntungkan, mudahnya dipertahankan dan hubungan darat yang bagus, kota Smirna berkembang menjadi penting. Lokasinya sekarang ini terletak di dalam daerah kota modern İzmir, Turki.

Ada dua lokasi bekas kota ini. Yang bertama dibangun dan menjadi besar pada masa Archaic Yunani sebagai pemukiman kuno orang Yunani di bagian Anatolia barat. Yang kedua, landasannya dihubungkan dengan Aleksander Agung, menjadi kota metropolitan pada masa Kekaisaran Romawi. Kebanyakan reruntuhan yang ditemukan sekarang ini berasal dari zaman Romawi, yaitu setelah gempa bumi di abad ke-2 M.

Etimology[sunting | sunting sumber]

Sejumlah penjelasan diberikan mengenai asal usul namanya. Salah satunya berhubungan dengan mitologi Yunani mengenai orang Amazon bernama "Σμύρνα" (Smyrna), yang juga merupakan nama satu bagian kota Efesus, dan juga dikenali dalam bentuk "Myrina", kota di Aeolis. Prasasti dan mata uang yang ditemukan sering bertuliskan "Ζμύρνα" (Zmurna), "Ζμυρναῖος" (Zmurnaios), "dari Smyrna".[1] Smirna juga merupakan kata Yunani kuno untuk mur.[2][3][4]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Kota kuno ("Old Smyrna") mempunyai kuil dewi Atena dari abad ke-7 SM.

Peta Smirna dan Kota-kota lain dalam Kerajaan Lidia.

Periode Yunani[sunting | sunting sumber]

Aleksander Agung mempunyai ilham untuk membangun kembali kota Yunani berdasarkan tata kota, yang menurut Strabo, sebenarnya dikerjakan di bawah pemerintahan Antigonus (316—301 SM) dan Lysimachus (301 SM—281 SM), yang memperluas dan memperkuat kota ini. Reruntuhan pusat kota ("acropolis") yang disebut "crown of Smyrna" (mahkota Smirna), ada pada puncak terjal dengan ketinggian sekitar 1250  kaki, yang menjulang di bagian timur laut dari teluk. Kota modern İzmir dibangun di atas kota Yunani yang kemudian, sebagian di lereng bukit bundar yang oleh orang Yunani disebut Pagos (maknanya "bukit") dekat ujung tenggara dari teluk, sebagian lagi di tanah rendah di antara bukit dan lautan. Keindahan kota Yunani, bergerombol di tanah rendah dan naik lapis demi lapis di bagian bukit, seringkali dipuji di zaman kuno dan diperingati dalam mata-mata uang.

Zaman Romawi dan Byzantine[sunting | sunting sumber]

Peta Anatolia Barat (dahulu termasuk Asia Kecil) menunjukkan pulau Patmos dan tujuh kota yang disebutkan dalam Kitab Wahyu.

Sebagai salah satu kota Romawi penting di provinsi Asia,[5] Smirna bersaing dengan kota Efesus dan Pergamum untuk gelar "Kota Paling Utama di Asia."

Sebuah gereja Kristen berdiri di sini sejak awal sekali, mungkin bertumbuh dari koloni orang Yahudi. Merupakan salah satu dari "tujuh jemaat di Asia" yang disebutkan namanya dalam Kitab Wahyu.[6] Santo Ignatius dari Antiokhia mengunjungi Smirna dan kemudian menulis surat-surat kepada uskupnya, Polikarpus. Gerombolan orang Yahudi dan Yunani menyebabkan Polikarpus mati syahid pada tahun 153 M.[5] Ireneus, yang pernah mendengarkan Polikarpus ketika masih kecil, nampaknya berasal dari Smirna.[5] Penduduk kota lain yang terkenal dan dari zaman yang sama adalah Aelius Aristides.

Polycrates melaporkan pergantian uskup-uskup termasuk Polikarpus dari Smryna, maupun yang lain di kota-kota terdekat misalnya Melito di Sardis.

Toponim[sunting | sunting sumber]

Sejumlah kota di Amerika Serikat diberi nama "Smyrna", antara lain Smyrna, Georgia; Smyrna, Tennessee; Smyrna, Delaware dan New Smyrna Beach, Florida.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Σμύρνα, Henry George Liddell, Robert Scott, A Greek-English Lexicon, on Perseus
  2. ^ Pseudo-Apollodorus, Bibliotheke, iii.14.4 (Adonis), as quoted in Geoffrey Miles, Classical mythology in English literature: a critical anthology 1999:215.
  3. ^ σμύρνα, Henry George Liddell, Robert Scott, A Greek-English Lexicon, on Perseus
  4. ^ List of ancient Greek words starting with σμύρν-, on Perseus
  5. ^ a b c Cross, F. L., ed. The Oxford Dictionary of the Christian Church. New York: Oxford University Press. 2005, article Smyrna
  6. ^ Wahyu 1:11 dan 2:8-11

Pustaka tambahan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]