Smiltynė

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Benteng Kopgalis, sering dikelirukan dengan Smiltynė, kini sebuah akuarium ada di sana.
Feri yang menyeberangkan orang ke tempat ini

Smiltynė (bahasa Jerman: Sandkrug) adalah bagian kotamadya kota Klaipėda di Lituania. Smiltynė, dengan penduduk yang hanya sekitar 50 jiwa, terletak di ujung utara Kuršių Nerija, dekat dengan sebuah selat sempit yang menghubungkan Laguna Curonian ke Laut Baltik. Di seberang selat selebar 0,5 km itu ada kota pelabuhan Klaipėda di Lituania daratan. Setiap hari feri menyeberangkan kendaraan dan orang antara kedua kota di tepi selat itu, karena tidak ada jembatan yang menghubungkan. Smiltynė menjadi pantai bagi penduduk Klaipėda, karena semua pesisir sekitar Klaipeda menjadi pelabuhan.

Desa ini bermula sebagai titik perjalanan antar Klaipėda dan Kaliningrad masa kini. Para pelancong akan tinggal untuk beristirahat atau menunggu cuaca yang lebih baik untuk menyeberangi selat ini. Smiltynė pertama kali disebutkan pada tahun 1429. Sebuah penginapan dan kedai hanya dibangun pada tahun 1525, dan banyak bergantung pada pelancong dan sepanjang perang biasanya tutup. Hingga permulaan abad ke-20, hanya ada sebuah penginapan dengan sedikit rumah nelayan, namun kemudian Smiltynė berubah menjadi resor terkenal di antara penduduk berada di Klaipėda. Perubahan ini terjadi karena pada tahun 1897 secara resmi desa ini menjadi bagian Klaipėda. Tanahnya dapat dijual ke perorangan. Pada tahun 1901 sebuah hotel yang besar dengan restoran dan rolet dibangun. Kurhaus adalah sebuah hotel terkenal dan megah di sini. Vila lain juga dibangun. Setelah Perang Dunia II, gaya hidup mewah berjalan. Sebagian besar bangunan itu tetap ada hingga kini, namun diubah.

Di utara Smiltynė ada pemakaman kecil, aktif sebelum PD II. Ada juga museum alam yang mendidik pengunjung tentang geologi, pemandangan yang berubah, fauna dan flora di tanjung ini yang unik. Hanya sekitar ratus meter dari kurhaus ada sebuah dermaga yang cukup besar untuk menampung 100 yacht. Dengan hotel dan restoran modern, daerah ini menjadi titik terkenal untuk para yachter internasional.

Rujukan[sunting | sunting sumber]