Smadav

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Smadav
Logo-smadav.jpg
Pengembang Zainuddin Nafarin
Rilis perdana 2006
Rilis stabil 2014 Rev. 9.7.1 (12 Maret 2014; 4 bulan yang lalu (2014-03-12))
Sistem operasi Windows 2000, XP, Vista, 7, 8, 8.1
Jenis Antivirus
Lisensi Perangkat gratis dan berbayar
Situs web resmi www.smadav.net

Smadav adalah perangkat lunak antivirus yang ditujukan untuk mengatasi varian virus komputer lokal maupun internasional yang menyebar di Indonesia. Antivirus ini memiliki versi gratis dan berbayar setelah sebelumnya sempat berupa donationware.

Nama Smada diambil dari singkatan nama sekolah pembuatnya, yaitu SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, sedangkan AV merupakan singkatan dari antivirus.[butuh rujukan]

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Smadav dibuat oleh Zainuddin Nafarin pada tahun 2006 saat masih berstatus sebagai siswa kelas XI SMA Negeri 2 Palangka Raya, Kalimantan Tengah, berkat perkenalannya dengan bahasa pemrograman Visual Basic di laboratorium komputer sekolahnya. Pengembangan Smadav sempat tertunda akibat kesibukannya dalam bidang akademis hingga tahun 2008 saat ia mulai kuliah di Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Dalam perkembangannya, Smadav dikembangkan bersama-sama dengan para sukarelawan secara daring.

[sunting | sunting sumber]

Logo Smadav merupakan simbol objek mustahil berwarna hijau. Pembuatnya memilih simbol tersebut karena kesederhanaannya dan warna hijau karena melambangkan kedamaian.

Fitur[sunting | sunting sumber]

Fitur yang ditawarkan oleh antivirus ini antara lain Smad-Lock dan SmaRTP. Smad-Lock merupakan folder yang berfungsi untuk mengamankan file dalam alat penyimpanan data dari serangan virus, sedangkan SmaRTP berfungsi untuk mencegah eksekusi file virus dari alat penyimpanan data.

Forum[sunting | sunting sumber]

Forum Smadav[1] dibuat pada tanggal 23 Maret 2009 dengan tujuan untuk menyediakan layanan pengguna dan tanya jawab. Forum ini juga dapat dimanfaatkan pengguna untuk melaporkan bug serta memberikan saran atau kritik.

Keamanan[sunting | sunting sumber]

Proses[sunting | sunting sumber]

Pada saat mulai dijalankan, Smadav mengecek komputer pengguna di balik layar. Jika ada virus yang ditemukan, maka akan langsung dimatikan dulu sebelum antarmuka Smadav ditampilkan.

Pembersihan file[sunting | sunting sumber]

Jika Smadav gagal melakukan pembersihan file, file tersebut akan dikarantina. Beberapa kemungkinan yang menyebabkan kegagalan pembersihan file adalah bergabungnya tubuh virus dengan file dokumen dan file dokumen disembunyikan di tempat yang tidak terjangkau.

Rujukan[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]