Skunk

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

"Skunk" adalah senjata tidak-mematikan (non leathal weapon) yang dikembangkan oleh Angkatan Pertahanan Israel yang digunakan untuk mengontrol massa. Kata "skunk" sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti sigung. Skunk ditembak menggunakan meriam air (water canon). Ketika ditembakkan, skunk berbentuk kabut, dan akan meninggalkan bau tak sedap—seperti bau kaus kaki atau selokan—yang sulit dihilangkan. Mereka yang terkena skunk akan mengidap bau tak sedap selama berhari-hari. Skunk pertama kali digunakan pada bulan September 2008.

Menurut David Ben Harosh, kepala pengembangan teknologi kepolisian Israel, Skunk terbuat dari bahan-bahan alami seperti ragi dan soda kue, tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya sehingga dapat diminum. Rencananya, Skunk akan diproduksi dan dijual ke negara lain.

Pembuatan senjata pengontrol massa sendiri telah dimulai sejak tahun 2004. Israel yang ditekan masyarakat internasional karena menggunakan kekerasan untuk mengontrol massa ingin menciptakan sebuah senjata pengontrol-massa yang efektif dan tidak berbahaya.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]