Skhug

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Skhug
Skhug.jpg
Skhug
Informasi
Daerah Yaman dan Israel Timur Tengah


Skhug (سحوق) adalah sambal atau bumbu pedas khas Timur Tengah. Sambal ini berasal dari masakan Yaman dan dibawa ke Israel oleh orang Yahudi Yaman , bumbu ini sekarang menjadi bahan masakan dasar bagi masakan Israel.

Skhug terbuat dari cabai pedas segar yang dibumbui dengan ketumbar , bawang putih dan berbagai rempah-rempah . Skhug Adom (skhug merah) dibuat dengan paprika merah dan skhug Yarok (skhug hijau) dari paprika hijau. Skhug sohib (skhug coklat) adalah skhug Yarok dengan bahan dasar tomat. Ini adalah bumbu populer falafel Israel dan shawarma, dan disajikan dengan hummus.

Keyakinan sebagai obat[sunting | sunting sumber]

Orang Yahudi Yaman meyakini terdapat sifat obat dalam cabai. Menurut cerita rakyat Yaman Yahudi, Yahudi Yaman selamat kelaparan besar, hidup dari tomat, hilbeh dan cabai. Menurut legenda lain, epidemi yang parah melanda Yaman tetapi orang-orang Yahudi terhindar karena penggunaan yang luas dari makanan ini. Tanaman cabai diyakini membantu tubuh melawan penyakit, meningkatkan vitalitas dan membantu pencernaan, serta mencegah dan menghilangkan parasit usus[1]

Catatan Kaki[sunting | sunting sumber]