Skandagupta

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Skandagupta
Kaisar Gupta
[[File:Skanda1b.jpg|frameless|alt=]]
Koin zaman Skandagupta yang menggambarkan dirinya
Masa kekuasaan 455-467 CE
Pendahulu Kumaragupta I
Pengganti Purugupta
Wangsa Wangsa Gupta
Agama Vedic Hindu


Skandagupta (bahasa Sanskerta: स्कन्दगुप्त) (wafat 467) merupakan Kaisar Gupta di India utara. Ia umumnya dianggap sebagai Kaisar Gupta terakhir yang hebat. Nenek moyang Skandagupta tetap tidak jelas. Kemudian genealogie resmi menghilangkan namanya, dan bahkan prasasti dari usianya sendiri menghilangkan nama ibunya. Catatan kontemporer yang lainnya menyebutkan bahwa "dewi kedaulatan, atas keputusannya sendiri, memilihnya sebagai suami, karena suksesi membuang semua pangeran lainnya." Hal ini telah diterjemahkan sebagai usulan bahwa Skandragupta adalah putra dari istri juniornya.[1]Bahkan mungkin bahwa dia hanya seorang jenderal yang berhasil mempromosikan diri untuk memerintah klan Gupta.

Tentu saja terdapat beberapa tantangan terbesar yang dihadapi di dalam sejarah kerajaan dimana ia harus bersaing dengan Pushyamitras dan Hunas. Ia dapat mengalahkan Pushyamitras, sebuah suku yang menetap di pusat India tetapi kemudian memberontak. Ia juga menghadapi penyerangan Indo-Hephthalite atau bangsa "Hun Putih", dikenal di India sebagai Hunas, dari barat laut. Skandagupta berperang melawan bangsa Hun selama masa pemerintahan ayahnya, dan dikenal di seluruh kerajaan sebagai seorang pejuang yang hebat. Ia menghancurkan invasi Hun pada tahun 455, dan berhasil menggeser mereka ke teluk; namun biaya perang menguras sumber daya kekaisaran dan kontribusi mengalami penurunan. Yang terutama, pencetakan koin dibawah SkandaGupta dengan serius mengalami penurunan.[2]

Skandagupta wafat pada tahun 467 dan digantikan oleh Purugupta (467-473), Kumaragupta II (473-476), Budhagupta (476-495?) dan Narasimhagupta, yang kerajaannya di dataran India utara terus menerus diserang oleh bangsa Hun. Nama Skandagupta muncul di dalam teks Jawa `Tantrikamandaka', dan penulis Cina, Wang-hiuen-tse menyebutkan bahwa seorang duta besar dikirim ke istananya oleh Raja Meghvarma dari Sri Lanka, yang meminta izin untuk membangun sebuah kuil Buddha di Bodh Gaya untuk para biarawan yang melakukan perjalanan dari Sri Lanka.

Uang logam Skandagupta[sunting | sunting sumber]

Skandagupta menerbitkan 4 macam uang logam emas: tipe Pemanah, tipe Raja dan Ratu, tipe Chatra dan tipe penunggang kuda. Koin peraknya terdiri dari 4 macam: tipe Garuda, tipe Banteng, tipe Altar dan tipe Madhyadesha.[3]

Gelar kebangsawanan
Didahului oleh:
Kumaragupta I
Kaisar Gupta
455–467
Diteruskan oleh:
Purugupta

Catatan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Majumdar, RC (1954), Chapter III: The expansion and consolidation of the Empire, in RC Maumdar, AD Pusalker & AK Majumdar (eds.) The History and Culture of the Indian People: [vol. 3] The Classical Age. Bharatiya Vidya Bhavan (1962), pp. 17-28.
  2. ^ Majumdar, RC (1954), Chapter III: The expansion and consolidation of the Empire, in RC Maumdar, AD Pusalker & AK Majumdar (eds.) The History and Culture of the Indian People: [vol. 3] The Classical Age. Bharatiya Vidya Bhavan (1962), pp. 17-28.
  3. ^ Agarwal, Ashvini (1989). Rise and Fall of the Imperial Guptas, Delhi:Motilal Banarsidass, ISBN 81-208-0592-5, pp.28-9, 31-2

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Agarwal, Ashvini (1989). Rise and Fall of the Imperial Guptas, Delhi:Motilal Banarsidass, ISBN 81-208-0592-5, pp. 210–8.

Bacaan Selanjutnya[sunting | sunting sumber]

  • Singh, Jai Prakash (1976) History and Coinage of Skandagupta Kramāditya, Varanasi:Department of Ancient Indian History, Culture & Archaeology, Banaras Hindu University.

Pranala Luar[sunting | sunting sumber]