Skala tegangan dinamis

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Skala tegangan dinamis adalah teknik manajemen daya dalam arsitektur komputer, di mana tegangan yang digunakan pada komponen ditambah atau dikurangi, tergantung pada keadaan. Skala tegangan dinamis untuk meningkatkan tegangan dikenal dengan overvolting; skala tegangan dinamis untuk mengurangi tegangan disebut undervolting. Undervolting dilakukan untuk menghemat daya, terutama pada laptop dan perangkat bergerak lainnya, di mana energi berasal dari baterai, dan oleh sebab itu terbatas. Sedangkan overvolting dilakukan untuk meningkatkan kinerja komputer, atau dalam kasus yang jarang, untuk meningkatkan kehandalan.

Istilah "overvolting" juga digunakan untuk merujuk pada tindakan meningkatkan tegangan operasi statis komponen komputer agar bisa beroperasi pada titik yang lebih tinggi (overclocking).[1][2]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Mike Chin. "Asus EN9600GT Silent Edition Graphics Card". Silent PC Review. hlm. 5. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2008-04-20. Diakses tanggal 2008-04-21. 
  2. ^ MIke Chin. "80 Plus expands podium for Bronze, Silver & Gold". Silent PC Review. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2012-09-14. Diakses tanggal 2008-04-21.