Sisters of the Sun

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sisters of the Sun
Episode Cosmos: A Spacetime Odyssey
Nomor episodeEpisode 8
SutradaraBrannon Braga
PenulisAnn Druyan
Steven Soter
NaratorNeil deGrasse Tyson
ProduserLivia Hanich
Steven Holtzman
MusikAlan Silvestri
PenyuntingJohn Duffy
Michael O'Halloran
Eric Lea
Tanggal siar27 April 2014 (2014-04-27)
Durasi44 menit
Bintang tamu
Kronologi episode
← Sebelumnya
"The Clean Room"
Selanjutnya →
"The Electric Boy"
Daftar episode Cosmos: A Spacetime Odyssey

"Sisters of the Sun" adalah episode ke-8 seri televisi dokumenter Amerika Serikat Cosmos: A Spacetime Odyssey. Episode ini tayang perdana tanggal 27 April 2014 di Fox dan 28 April 2014 di National Geographic Channel.[1] Episode ini membahas fenomena kosmik supernova yang terjadi rata-rata sekali per galaksi setiap abad atau satu miliar kali per tahun di alam semesta teramati (observable universe).[2] Episode ini memperkenalkan dua astronom wanita, Cecilia Payne (diisi suara oleh Kirsten Dunst) dan Annie Jump Cannon (diisi suara oleh Marlee Matlin), dan hambatan yang dialami para ilmuwan wanita pada awal abad ke-20.[3] Payne menemukan komposisi kimia bintang dan bukti bahwa komposisi bintang didominasi oleh hidrogen. Cannon mengembangkan katalog karakteristik spektrum bintang pertama.[1] Judul mengacu pada kontribusi ilmiah para ilmuwan wanita yang dikisahkan dalam episode ini serta bagaimana penemuan mereka turut menambah wawasan manusia tentang bahan pembentuk bintang.

Ringkasan[sunting | sunting sumber]

Para "Komputer Harvard" yang membantu mengelompokkan jenis bintang

Episode ini mennjelaskan bahan pembentuk bintang dan nasibnya miliaran tahun mendatang. Tyson mendeskripsikan cara peradaban manusia pertama mengenal bintang melalui rasi bintang (konstelasi) yang dikaitkan dengan berbagai mitos dan kepercayaan, contohnya rasi Pleiades. Tyson menceritakan usaha Edward Charles Pickering untuk menangkap spektrum beberapa bintang secara bersamaan, serta upaya para Komputer Harvard atau "Pickering's Harem", tim ilmuwan wanita di bawah bimbingan Pickering, untuk mengelompokkan spektrum bintang. Beberapa orang yang termasuk dalam tim ini adalah Annie Jump Cannon, pengembang sistem klasifikasi bintang, dan Henrietta Swan Leavitt, penemu cara mengukur jarak dari bintang ke Bumi berdasarkan spektrumnya; cara ini kelak digunakan untuk mengidentifikasi galaksi lain di alam semesta. Selain mereka, ada juga Cecilia Payne, ilmuwan baru yang bersahabat dengan Cannon. Tesis Payne yang didasarkan pada penelitiannya bersama Cannon berhasil menentukan komposisi dan suhu bintang menggunakan sistem klasifikasi Cannon.

Tyson lalu memaparkan siklus hidup bintang yang dilahirkan di awan antarbintang. Ia menjelaskan bagaimana bintang seperti Matahari memiliki ukuran yang stabil karena gaya gravitasi yang saling berlawanan yang menarik gas ke dalam, dan ekspansi dari gas yang keluar dari reaksi fusi di inti bintang. Seiring bertambah usianya, Matahari akan semakin panas dan terang sampai keseimbangan antar kedua reaksi ini goyah. Matahari pun akan mengembang menjadi raksasa merah, kemudian runtuh menjadi katai putih dan dibatasi oleh gaya atom. Tyson menjelaskan bagaimana bintang-bintang yang lebih besar bisa membentuk materi yang lebih kecil dan menciptakan nova dan supernova tergantung ukurannya, lalu berakhir menjadi pulsar. Bintang raksasa bisa runtuh menjadi lubang hitam. Tyson lalu menjelaskan bahwa bintang bisa berukuran sangat besar sambil mencontohkan Eta Carinae yang dianggap sebagai massa solar tak stabil yang suatu saat bisa berubah menjadi hipernova. Tyson mengakhiri episode ini dengan menyatakan bahwa semua zat atau materi di Bumi ini sama seperti bahan pembentuk bintang, dan cahaya dan energi dari bintanglah yang menopang kehidupan di Bumi.

Produksi[sunting | sunting sumber]

Marlee Matlin, satu-satunya pemeran tunarungu yang memenangkan Academy Award untuk kategori Best Actress atas penampilannya dalam film Children of a Lesser God (1986), sebelumnya pernah bekerja sama dengan produser eksekutif Cosmos Seth MacFarlane di Family Guy. Matlin merupakan pengisi suara tokoh Stella, rekan kerja Peter Griffin yang tunarungu di Pawtucket Brewery.[1] Di Cosmos, Matlin mengisi suara Annie Jump Cannon, astronom tunarungu Harvard yang diakui bersama Edward C. Pickering sebagai pencipta Skema Klasifikasi Harvard, upaya besar pertama untuk menyusun dan mengelompokkan bintang berdasarkan suhunya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c Gannon, Megan (April 26, 2014). "Kirsten Dunst, Marlee Matlin Voice Famed Female Astronomers on 'Cosmos' Sunday". Space.com. Diakses tanggal April 27, 2014. 
  2. ^ The Daily Galaxy (April 25, 2014). "'Cosmos: A Spacetime Odyssey' (Sunday's Episode 8) --Preview & Background for "Sisters of the Sun"". The Daily Galaxy. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2014-04-27. Diakses tanggal April 27, 2014. 
  3. ^ Chambers, Becky (April 26, 2014). "Sunday's Episode Of Cosmos Will Feature Two Female Astronomers Everybody Should Learn About". The Mary Sue. Diakses tanggal April 27, 2014. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]