Sistem kendali reaksi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sebuah sistem kendali reaksi atau reaction control system (RCS) adalah sistem pesawat ruang angkasa yang menggunakan pendorong untuk memberikan kontrol sikap, dan kadang-adang penerjemahan. Penggunaan mesin dialihkan dorong untuk memberikan kontrol sikap stabil lepas landas pendek atau vertikal dan pendaratan pesawat, di bawah kecepatan pesawat bersayap konvensional, seperti Harrier "jump jet", juga dapat disebut sebagai sistem kontrol reaksi.

Sebuah RCS mampu memberikan sejumlah kecil dorong dalam arah yang diinginkan atau kombinasi arah. Sebuah RCS juga mampu memberikan torsi untuk memungkinkan kontrol rotasi (roll, pitch, dan yaw).

Sistem RCS sering menggunakan kombinasi besar dan pendorong kecil (vernier), untuk memungkinkan berbagai tingkat respon. Sistem kontrol reaksi Spacecraft yang digunakan:

  • untuk kontrol sikap selama re-entry;
  • untuk stationkeeping di orbit;
  • untuk manuver dekat selama prosedur docking;
  • untuk mengontrol orientasi, atau 'menunjuk hidung' dari kerajinan;
  • sebagai sarana cadangan deorbiting;
  • sebagai motor ullage perdana sistem bahan bakar untuk membakar mesin utama;

Karena pesawat ruang angkasa hanya mengandung sejumlah terbatas bahan bakar dan ada sedikit kesempatan untuk mengisi ulang mereka, beberapa sistem kontrol reaksi alternatif telah dikembangkan sehingga bahan bakar yang dapat dilestarikan. Untuk stationkeeping, beberapa pesawat ruang angkasa (terutama di orbit geosynchronous) menggunakan mesin high-spesifik impuls seperti arcjets, pendorong ion, atau pendorong efek Hall. Untuk mengontrol orientasi, beberapa penggunaan pesawat ruang angkasa momentum roda yang berputar untuk mengontrol laju rotasi pada kendaraan.

Referensi[sunting | sunting sumber]