Sistem Nenkō

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari

Sistem Nenkō (年功序列 nenkō joretsu?)[1][2] adalah sistem urutan senioritas di Jepang dalam mendapatkan atau menduduki suatu jabatan, berdasarkan lamanya pengalaman bekerja di suatu perusahaan atau organisasi yang sama. Keuntungan sistem ini adalah memungkinkan para karyawan yang lebih tua untuk mencapai tingkat gaji yang lebih tinggi sebelum pensiun, dan mereka biasanya membawa lebih banyak pengalaman kepada jajaran eksekutif. Kerugian sistem ini adalah bahwa hal ia tidak memungkinkan digabungkannya karyawan baru yang berbakat dengan karyawan yang berpengalaman, serta orang-orang dengan keahlian khusus tidak dapat dipromosikan ke jajaran eksekutif yang sudah penuh sesak. Sistem ini juga tidak menjamin atau bahkan berupaya untuk menempatkan "orang yang tepat pada pekerjaan yang tepat".

Sistem Nenkō juga terdapat di pemerintah Jepang. Kursi parlemen Jepang umumnya dipenuhi dengan anggota-anggota yang berusia tua dari berbagai partai.

Setelah gelembung ekonomi meledak di Jepang pada akhir tahun 80-an dan krisis modal ventura (dot-com) pada tahun 90-an, Sistem Nenkō telah menjadi kurang populer di kalangan bisnis karena banyak perusahaan tidak mampu mempertahankan karyawan yang lebih tua dengan gaji tinggi. Banyak eksekutif level menengah yang menaiki tangga perusahaan melalui Sistem Nenkō, menjadi korban dari restrukturisasi perusahaan.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Menurut Kamus Kanji Modern Jepang-Indonesia (Nelson), nenkō (年功?) (o harus diucapkan panjang sebagai ou, bukan nenko): dinas/pengalaman yang lama; nenkō seido (年功制度?): sistem senioritas; joretsu (序列?): pangkat, derajat, tingkat, golongan.
  2. ^ Menurut Sanseido Kokugo Jiten (kamus bahasa Jepang Sanseido):nenkō maupun nenkō joretsu adalah kata benda; terjemahan untuk nenkō joretsu kurang lebih adalah urutan senioritas dalam mendapat/menduduki suatu jabatan berdasarkan lamanya pengalaman bekerja di satu perusahaan/organisasi yang sama.

Lihat pula[sunting | sunting sumber]