Rowland Hill

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sir Rowland Hill)

Sir
Rowland Hill
KCB FRS
Lahir(1795-12-03)3 Desember 1795
Kidderminster, Worcestershire, England
Meninggal27 Agustus 1879(1879-08-27) (umur 83)
Hampstead, London, England
MakamWestminster Abbey
KebangsaanBritish
Pekerjaanschoolteacher, social reformer, postal administrator
Dikenal atasUniform Penny Post
PenghargaanAlbert Medal (1864)
Tanda tangan


Sir Rowland Hill KCB, FRS (3 Desember 1795 – 27 Agustus 1879) adalah seorang guru berkebangsaan Britania Raya. Ia mengampanyekan reformasi sistem pos dan dikenal karena konsep dasar sistem layanan pos modern, termasuk prangko yang diciptakannya.

Hill menyatakan bahwa jika surat dapat lebih murah dikirim, maka semua orang, termasuk masyarakat kelas menengah ke bawah, akan dapat mengirim lebih banyak surat, yang kemudian berdampak pada peningkatan pendapatan.[1] Ia mengusulkan stempel berperekat untuk menunjukkan pembayaran prangko – pertama kali diusulkan oleh Penny Black – pada tahun 1840, tahun pertama Penny Post, jumlah surat yang dikirim di Inggris meningkat lebih dari dua kali lipat.[1] Jumlah tersebut terus berlipat ganda dalam tempo 10 tahun. Dalam tiga tahun, prangko diperkenalkan di Swiss dan Brasil, kemudian di AS, dan pada tahun 1860, prangko telah digunakan di 90 negara.[1]

Biografi[sunting | sunting sumber]

Rowland Hill lahir pada tanggal 3 Desember 1795 di Kidderminster, Inggris dari keluarga Thomas Wright Hill. Peperangan antara Inggris dan Prancis mengakibatkan kehidupan keluarga Thomas Hill menjadi kurang berkecukupan sehingga keluarga ini hidup bawah garis kemiskinan. Meski demikian, Rowland Hill tetap menyempatkan diri untuk membaca buku-buku di waktu senggangnya, di antaranya dongeng anak-anak edukatif yang dikarang oleh Miss Edgerworth.

Sejak umur sebelas tahun, Rowland Hill telah membantu ayahnya mengelola sebuah sekolah. Pada usia tiga puluh satu tahun, Rowland Hill pindah dari Birmingham ke suatu tempat di dekat London. Bersama saudaranya, Rowland Hill mendirikan sebuah sekolah khusus di Bruce Castle, Tottenham. Rowland Hill yang mencoba berkarier sebagai seorang guru, mengikuti jejak ayahnya untuk mendirikan sebuah sekolah.

Dalam kariernya sebagai guru, Rowland Hill memperkenalkan sistem mengajar yang dinamai "Hazelwood". Sistem ini berprinsip bahwa mengakui kebenaran adalah hal yang sangat penting bagi mahasiswa yang demokratis agar pendidikan bisa berhasil. Gagasan Rowland Hill juga menekankan bahwa pendidik harus memiliki disiplin diri yang kuat.

Ia menekuni pekerjaannya tanpa mengenal lelah. Rata-rata tidak kurang dari 15 jam sehari ia habiskan untuk menyelesaikan pekerjaan dan tidak jarang ia lakukan itu selama beberapa minggu. Keadaan inilah yang menyebabkan kesehatannya terganggu. Setelah kesehatannya membaik, Rowland Hill berhenti mengajar dan berpartisipasi dalam suatu yayasan yang bertujuan menyebarkan ilmu pengetahuan. Ia juga pernah melancarkan suatu penyiaran dalam usaha membasmi kemiskinan dan mengurangi kejahatan secara berangsur.

Pada saat itu, atas rencana E.G Wakefield, didirikanlah sebuah perkumpulan yang bertujuan membuka koloni di Australia Selatan. Rowland Hill sangat aktif dalam perkumpulan ini. Ketika rancangan E.G. Wakerfield diterima di Parlemen, Rowland Hill diangkat menjadi sekretaris. Dalam masa selama empat tahun, Rowland Hill telah mencurahkan tenaga serta pikirannya bagi kemajuan perkumpulan tersebut di sela-sela kesibukannya dalam merancang mesin cetak. Selain itu, ia juga menekuni ilmu administrasi dan perpajakan.

Pada tahun 1830, ketika negara Inggris berkembang menjadi negara industri, transportasi mengalami kemajuan yang cukup membanggakan. Jalan kereta api mulai membentang dari barat ke timur dan dari utara ke selatan. Rowland Hill memikirkan bagaimana cara mendapatkan pemasukan uang untuk kas kerajaan dari pajak pengiriman surat-surat. Ide Rowland Hill terhalang oleh kebijakan pemberian hak mengirim surat secara gratis tanpa batas bagi anggota Majelis Rendah dan Majelis Tinggi dalam parlemen. Sistem pembayaran biaya pengiriman surat oleh penerima juga banyak merugikan dinas pos. Hal tersebut dilihat oleh Rowland Hill sebagai suatu pemborosan dan sangat merugikan kas kerajaan.

Oleh karena itu, pada tahun 1837 Rowland Hill mengajukan usulan ke Parlemen yang mengemukakan hal-hal sebagai berikut:

  • Ongkos pengiriman surat harus diturunkan. Dengan turunnya ongkos pengiriman surat, diharapkan terjadinya peningkatan jumlah surat yang dikirim.
  • Untuk lebih merangsang masyarakat agar saling berkirim surat, perlu ditetapkan tarif pos yang seragam dengan tidak memandang jarak tempuh surat tersebut.
  • Untuk menghindari penyalahgunaan biaya pengiriman surat, biayanya harus dibayar di muka dengan menempelkan secarik kertas tanda pelunasan yang saat ini kita kenal sebagai prangko.

Pemikiran ini awalnya mendapat tentangan dari Parlemen. Namun empat tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1840, usul Rowland Hill diterima Parlemen. Dari sinilah kemudian lahir prangko, secarik kertas kecil yang dipakai sebagai tanda pelunasan pengiriman surat.

Rowland Hill, yang bukan orang Dinas Pos, kemudian pada tahun 1846 ditunjuk menjadi sekretaris Postmaster General. Antara tahun 1854-1856, Rowland Hill mendapat kepercayaan untuk menduduki jabatan sebagai Sekretaris Perusahaan Jawatan Pos, suatu kedudukan yang tinggi waktu itu. Pada tahun 1860, Rowland Hill menerima penghargaan tertinggi dengan gelar "Knight". Ia dianggap sebagai figur yang berhasil memberikan kontribusi sosial positif di tatanan nasional dan berhak menggunakan gelar "Sir" di depan namanya. Pada tahun 1864, ketika ia pensiun, Parlemen memberikan hadiah 20.000 pound sterling beserta pesangon pensiun sebesar 2.000 pound sterling setiap tahunnya.

Rowland Hill, yang akhirnya mendapat julukan sebagai Bapak Prangko Dunia, meninggal di Hampstead pada tanggal 27 Agustus 1879 dan dimakamkan dengan upacara kebesaran nasional di Westminster Abbery, London.

Kehidupan pribadi[sunting | sunting sumber]

Hill lahir di Blackwell Street, Kidderminster, Worcestershire, Inggris. Ayah Rowland, Thomas Wright Hill, adalah seorang inovator dalam pendidikan dan politik, termasuk di antara teman-temannya Joseph Priestley, Tom Paine dan Richard Price.[2] Pada usia 12, Rowland menjadi siswa-guru [klarifikasi diperlukan] di sekolah ayahnya. Dia mengajar astronomi dan mendapatkan uang tambahan untuk memperbaiki instrumen ilmiah. Dia juga bekerja di Assay Office di Birmingham [3] dan melukis pemandangan di waktu luangnya.[4]

Pada tahun 1827, ia menikah dengan Caroline Pearson, yang meninggal pada 27 Mei 1881, berasal dari Wolverhampton. Bersama-sama mereka memiliki empat anak, putri Eleanor, Clara dan Louisa dan seorang putra Pearson.

Reformasi pendidikan[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1819 ia memindahkan sekolah ayahnya "Hill Top" dari pusat kota Birmingham, mendirikan Sekolah Hazelwood di Edgbaston, sebuah lingkungan makmur di Birmingham, sebagai "refraksi pendidikan ide-ide Priestley".[5][6] Hazelwood akan menyediakan model pendidikan publik untuk kelas menengah yang baru muncul, yang bertujuan untuk pendidikan yang bermanfaat dan berpusat pada siswa yang akan memberikan pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman yang cukup untuk memungkinkan siswa melanjutkan pendidikan mandiri melalui kehidupan yang "paling berguna bagi masyarakat dan paling bahagia untuk dirinya sendiri".[7] Sekolah yang dirancang Hill ini mencakup inovasi seperti laboratorium sains, kolam renang, dan pemanas udara paksa. Dalam Plans for the Government and Liberal Instruction of Boys in Large Numbers Drawn from Experience (1822, sering disebut sebagai Pendidikan Umum) ia berpendapat bahwa kebaikan, bukannya cambuk, dan pengaruh moral, daripada rasa takut, harus menjadi kekuatan utama di sekolah. disiplin. Sains harus menjadi mata pelajaran wajib, dan siswa harus mengatur dirinya sendiri.[4][8]

Hazelwood mendapat perhatian internasional ketika pemimpin pendidikan dan editor Prancis Marc Antoine Jullien, mantan sekretaris Maximilien de Robespierre, mengunjungi dan menulis tentang sekolah tersebut dalam jurnal Revue encyclopédique edisi Juni 1823. Jullien bahkan memindahkan putranya ke sana. Hazelwood sangat mengesankan Jeremy Bentham sehingga pada tahun 1827 sebuah cabang sekolah didirikan di Kastil Bruce di Tottenham, London. Pada tahun 1833, Sekolah Hazelwood yang asli ditutup dan sistem pendidikannya dilanjutkan di Sekolah Kastil Bruce yang baru, di mana Hill menjadi kepala sekolahnya dari tahun 1827 hingga 1839.

Kolonisasi Australia Selatan[sunting | sunting sumber]

Sir Rowland Hill, pertengahan abad ke-19

Penjajahan Australia Selatan adalah proyek Edward Gibbon Wakefield, yang percaya bahwa banyak masalah sosial di Inggris disebabkan oleh kepadatan penduduk dan kelebihan penduduk. Pada tahun 1832 Rowland Hill menerbitkan sebuah traktat yang disebut Koloni Rumah: sketsa rencana untuk kepunahan bertahap dari kemiskinan, dan untuk pengurangan kejahatan, berdasarkan model Belanda.[9] Hill kemudian menjabat dari tahun 1833 hingga 1839 sebagai sekretaris Komisi Kolonisasi Australia Selatan, yang bekerja dengan sukses untuk mendirikan pemukiman tanpa narapidana di tempat yang sekarang bernama Adelaide. Ekonom politik Robert Torrens adalah ketua Komisi.[10] Di bawah Undang-Undang Australia Selatan 1834, koloni itu harus mewujudkan cita-cita dan kualitas terbaik masyarakat Inggris, yang dibentuk oleh kebebasan beragama dan komitmen terhadap kemajuan sosial dan kebebasan sipil. Adik Rowland Hill, Caroline Clark, suami Francis dan keluarga besar mereka bermigrasi ke Australia Selatan pada tahun 1850.[11]

Reformasi pos[sunting | sunting sumber]

Rowland Hill pertama kali mulai menaruh perhatian serius pada reformasi pos pada tahun 1835.[12] Pada tahun 1836 Robert Wallace, MP, memberikan Hill dengan banyak buku dan dokumen, yang digambarkan Hill sebagai "setengah ratus berat bahan". Hill memulai studi rinci tentang dokumen-dokumen ini dan ini membuatnya menerbitkan, pada awal 1837, sebuah pamflet yang disebut Reformasi Kantor Pos Pentingnya dan Kepraktisan. Dia menyerahkan salinan ini kepada Menteri Keuangan, Thomas Spring Rice, pada 4 Januari 1837.[13] Edisi pertama ini ditandai "pribadi dan rahasia" dan tidak dirilis ke publik umum. Rektor memanggil Hill ke pertemuan di mana Rektor menyarankan perbaikan, meminta pertimbangan ulang dan meminta suplemen, yang diproduksi dan dipasok oleh Hill pada 28 Januari 1837.[14]

1 Orme Square, Bayswater, London, W2, rumah Hill 1839–42

Pada tahun 1830-an setidaknya 12,5% dari semua surat Inggris disampaikan di bawah kejujuran pribadi rekan-rekan, pejabat tinggi dan anggota parlemen, sementara sensor dan spionase politik dilakukan oleh petugas pos. Pada dasarnya, sistem pos salah urus, boros, mahal, dan lambat. Itu menjadi tidak memadai untuk kebutuhan negara komersial dan industri yang sedang berkembang.[15] Ada cerita terkenal, mungkin apokrif, tentang bagaimana Hill tertarik untuk mereformasi sistem pos; dia rupanya memperhatikan seorang wanita muda yang terlalu miskin untuk mengklaim surat yang dikirim kepadanya oleh tunangannya. Pada saat itu, surat biasanya dibayar oleh penerima, bukan pengirim. Penerima bisa saja menolak pengiriman. Penipuan adalah hal biasa: misalnya, informasi berkode dapat muncul di sampul surat; penerima akan memeriksa sampul untuk mendapatkan informasi, dan kemudian menolak pengiriman untuk menghindari pembayaran. Setiap surat individu harus dicatat. Selain itu, tarif pos yang kompleks, tergantung pada jarak dan jumlah lembar dalam surat.[16]

Richard Cobden dan John Ramsey McCulloch, keduanya pendukung perdagangan bebas, menyerang kebijakan hak istimewa dan perlindungan pemerintah Tory. McCulloch, pada tahun 1833, mengajukan pandangan bahwa "tidak ada yang berkontribusi lebih untuk memfasilitasi perdagangan selain pengiriman surat yang aman, cepat dan murah."[17]

1 Orme Square, plakat peringatan

Pamflet Hill, Reformasi Kantor Pos: Kepentingannya dan Kepraktisannya, yang disebutkan di atas, diedarkan secara pribadi pada tahun 1837. Laporan itu menyerukan "tarif rendah dan seragam" menurut berat, bukan jarak. Studi Hill melaporkan temuannya dan temuan Charles Babbage bahwa sebagian besar biaya dalam sistem pos bukan untuk transportasi, melainkan untuk prosedur penanganan yang melelahkan di tempat asal dan tujuan. Biaya dapat dikurangi secara dramatis jika prangko dibayar oleh pengirim, pembayaran di muka dibuktikan dengan penggunaan lembaran surat prabayar atau materai (perekat telah lama digunakan untuk menunjukkan pembayaran pajak, pada dokumen misalnya). Lembar surat harus digunakan karena amplop belum umum; mereka belum diproduksi secara massal, dan di era ketika perangko dihitung sebagian berdasarkan jumlah lembar kertas yang digunakan, lembar kertas yang sama akan dilipat dan digunakan untuk pesan dan alamat. Selain itu, Hill mengusulkan untuk menurunkan tarif perangko menjadi satu sen per setengah ons, tanpa memperhatikan jarak.[18] Dia pertama kali mempresentasikan proposalnya kepada Pemerintah pada tahun 1837.

The Penny Black, perangko berperekat pertama di dunia

Di House of Lords the Postmaster, Lord Lichfield, seorang Whig, mencela "skema liar dan visioner" Hill. William Leader Maberly, Sekretaris Kantor Pos, juga seorang Whig, mencela studi Hill: "Rencana ini tampaknya tidak masuk akal, sama sekali tidak didukung oleh fakta dan sepenuhnya didasarkan pada asumsi". Tetapi para pedagang, pedagang, dan bankir memandang sistem yang ada sebagai korup dan mengekang perdagangan. Mereka membentuk "Komite Mercantile" untuk mengadvokasi rencana Hill dan mendorong untuk diadopsi. Pada tahun 1839 Hill diberi kontrak dua tahun untuk menjalankan sistem baru.

Dari tahun 1839 hingga 1842, Hill tinggal di 1 Orme Square, Bayswater, London, dan ada plakat LCC di sana untuk menghormatinya.[19]

Tarif Uniform Fourpenny Post menurunkan biaya menjadi empat pence mulai 5 Desember 1839,[20] kemudian menjadi tarif penny pada 10 Januari 1840, bahkan sebelum prangko atau lembaran surat dapat dicetak. Volume korespondensi internal yang dibayar meningkat secara dramatis, sebesar 120%, antara November 1839 dan Februari 1840. Peningkatan awal ini dihasilkan dari penghapusan hak istimewa dan penipuan "penjualan gratis".

Lembaran surat prabayar, dengan desain oleh William Mulready, didistribusikan pada awal tahun 1840. Amplop Mulready ini tidak populer dan banyak disindir. Menurut brosur yang dibagikan oleh National Postal Museum (sekarang British Postal Museum & Archive), amplop Mulready mengancam mata pencaharian produsen alat tulis, yang mendorong sindiran. Mereka menjadi sangat tidak populer sehingga pemerintah menggunakannya pada surat resmi dan menghancurkan banyak lainnya.

Namun, sebagai industri penerbitan komersial khusus untuk amplop bergambar yang dicetak dengan mesin yang kemudian berkembang di Inggris dan di tempat lain, kemungkinan besar ilustrasi yang muluk dan tidak dapat dipahami yang tercetak pada amplop itulah yang memicu ejekan dan menyebabkan penarikan mereka. Memang, dengan tidak adanya contoh amplop bergambar yang dicetak dengan mesin sebelum ini, amplop Mulready dapat diakui sebagai inovasi yang signifikan dalam dirinya sendiri. Amplop bergambar yang dicetak dengan mesin adalah andalan industri surat langsung.

Pada Mei 1840, perangko berperekat pertama di dunia didistribusikan. Dengan ukiran elegan Ratu Victoria muda (yang ulang tahun ke-21 dirayakan bulan itu), Penny Black langsung sukses. Penyempurnaan, seperti perforasi untuk memudahkan pemisahan prangko, dilembagakan dengan masalah kemudian.

Kehidupan[sunting | sunting sumber]

Rowland Hill berlanjut di Kantor Pos sampai Partai Konservatif memenangkan Pemilihan Umum tahun 1841. Sir Robert Peel kembali ke kantor pada 30 Agustus 1841 dan menjabat hingga 29 Juni 1846. Di tengah kontroversi dendam, Hill diberhentikan pada Juli 1842. Namun, Kereta Api London dan Brighton mengangkatnya sebagai direktur dan kemudian ketua dewan, dari tahun 1843 hingga 1846 Dia menurunkan tarif dari London ke Brighton, memperluas rute, menawarkan kereta ekskursi khusus, dan membuat perjalanan nyaman bagi penumpang. Pada tahun 1844 Edwin Chadwick, Rowland Hill, John Stuart Mill, Lyon Playfair, Dr. Neill Arnott, dan teman-teman lainnya membentuk sebuah masyarakat yang disebut "Friends in Council," yang bertemu di rumah masing-masing untuk membahas masalah ekonomi politik.[21] Hill juga menjadi anggota Klub Ekonomi Politik yang berpengaruh, yang didirikan oleh David Ricardo dan ekonom klasik lainnya, tetapi sekarang termasuk banyak pengusaha dan tokoh politik yang kuat.[10] Mill dan Hill sama-sama mendukung representasi proporsional. Adelaide, Australia Selatan, di mana Hill terlibat, adalah salah satu tempat pertama di dunia yang menggunakan "British form of pro-rep" Single transferable voting pada pertengahan 1800-an.

Kubah keluarga bukit di Pemakaman Highgate

Pada tahun 1846 partai Konservatif terpecah karena pencabutan Undang-Undang Jagung dan digantikan oleh pemerintahan Whig yang dipimpin oleh Lord Russell. Hill diangkat menjadi Sekretaris Jenderal Postmaster, dan kemudian Sekretaris Kantor Pos dari tahun 1854 hingga 1864. Untuk jasanya, Hill dianugerahi gelar ksatria sebagai Komandan Knight of the Order of the Bath pada tahun 1860. Dia diangkat menjadi Anggota Royal Society dan mendapat gelar kehormatan dari Universitas Oxford.

Selama 30 tahun terakhir hidupnya, dan di mana dia meninggal pada tahun 1879, Hill tinggal di Bartram House di Hampstead Green. Bartrams, adalah rumah terbesar di deretan empat rumah besar Georgia yang dihancurkan pada awal abad kedua puluh untuk memberi jalan bagi Rumah Sakit Umum Hampstead, yang dihancurkan sendiri pada tahun 1970-an dan digantikan oleh Rumah Sakit Royal Free. Selama dua puluh tahun tetangga sebelahnya di Hampstead Green adalah arsitek kebangkitan gothic Samuel Sanders Teulon yang merancang Gereja St Stephen, Rosslyn Hill menghadap ke rumah mereka. Dia dimakamkan di Westminster Abbey; ada peringatan untuknya di kuburan keluarganya di Pemakaman Highgate. Ada jalan-jalan yang dinamai menurut namanya di Hampstead (di luar Haverstock Hill, di sisi Royal Free Hospital) dan Tottenham (di luar White Hart Lane). Sebuah plakat biru Royal Society of Arts, diresmikan pada tahun 1893, memperingati Hill di Royal Free Hospital di Hampstead.[22]

Keluarga[sunting | sunting sumber]

Hill adalah salah satu dari delapan bersaudara.[23] Seorang saudara, Matthew Davenport Hill (1792–1872), adalah Perekam Birmingham, seorang juru kampanye reformasi penjara,[24] dan, dari tahun 1832, anggota parlemen untuk Hull.[25]

Lainnya adalah Edwin Hill (1793-1876), yang merupakan Pengendali Perangko Inggris pertama dari tahun 1840 hingga 1872, dan menemukan sistem mekanis untuk membuat amplop.[26] Yang lain lagi adalah inspektur penjara Frederic Hill (1803-1896).[27]

Warisan dan peringatan[sunting | sunting sumber]

Patung Birmingham di Kantor Pos Umum Kota, sekitar tahun 1894, tak lama setelah pembukaannya.

Hill memiliki dua warisan. Yang pertama adalah modelnya untuk pendidikan kelas menengah yang muncul. Yang kedua adalah modelnya untuk sistem pos yang efisien untuk melayani bisnis dan masyarakat, termasuk prangko dan sistem tarif pos yang rendah dan seragam, yang sering diterima begitu saja di dunia modern.[28] Dalam hal ini, ia tidak hanya mengubah layanan pos di seluruh dunia, tetapi juga membuat perdagangan lebih efisien dan menguntungkan, meskipun butuh waktu 30 tahun sebelum pendapatan Kantor Pos Inggris pulih ke tingkat tahun 1839. Uniform Penny Post berlanjut di Inggris hingga abad ke-20, dan pada satu titik, satu sen (1d) membayar hingga empat ons (113 g).

Ada empat patung publik Hill. Yang paling awal ada di Birmingham: patung marmer Carrara karya Peter Hollins diresmikan pada tahun 1870.[22] Lokasinya dipindahkan pada tahun 1874, 1891 (ketika ditempatkan di Kantor Pos Umum Kota) dan 1934.[22] Pada tahun 1940 itu dihapus untuk menjaga aman selama Perang Dunia Kedua. Sekarang di serambi kantor penyortiran Royal Mail di Newtown, Birmingham.

Sebuah patung marmer di Kidderminster, tempat kelahiran Hill, dipahat oleh Sir Thomas Brock dan diresmikan pada Juni 1881.[22] Hal ini di persimpangan Vicar dan Exchange Streets. Hill menonjol dalam sejarah komunitas Kidderminster. Dulu ada sebuah pub J D Wetherspoon bernama The Penny Black di pusat kota hingga tahun 2019 dan sebuah pusat perbelanjaan besar yang menghubungkan Vicar Street dan Worcester Street bernama The Rowland Hill Shopping Centre.[29]

Patung Rowland Hill oleh Edward Onslow Ford, 1884, di King Edward Street, London

Di London sebuah patung perunggu karya Edward Onslow Ford, juga dibuat pada tahun 1881, berdiri di King Edward Street.[30] Ada patung besar di Dalton Square, Lancaster, The Victoria Monument, menggambarkan Victoria terkemuka dan Rowland Hill disertakan.

Setidaknya ada dua patung marmer Hill, juga diresmikan pada tahun 1881. Salah satunya, oleh W. D. Keyworth, Jr., ada di Kapel St Paul, Westminster Abbey.[31] Lainnya, oleh William Theed, ada di Albert Square, Manchester.

Sebagai pengakuan atas kontribusinya terhadap pengembangan sistem pos modern, Rowland Hill diperingati di Universal Postal Union, badan PBB yang bertugas mengatur sistem pos internasional. Namanya muncul di salah satu dari dua aula pertemuan besar di kantor pusat UPU di Bern, Swiss.

Di Tottenham, London utara, sekarang ada museum sejarah lokal di Kastil Bruce (tempat Hill tinggal selama tahun 1840-an) termasuk beberapa pameran yang relevan.

Di Adelaide, ibu kota Australia Selatan, baik Hill Street, North Adelaide dan Rowland Place di pusat kota dinamai untuk menghormatinya.

The Rowland Hill Awards,[32] dimulai oleh Royal Mail dan British Philatelic Trust pada tahun 1997,[33] adalah penghargaan tahunan untuk "inovasi, inisiatif, dan usaha" filateli.

Pada tahun 1882 Kantor Pos melembagakan Rowland Hill Fund untuk pekerja pos, pensiunan dan tanggungan yang membutuhkan.[8] The Rowland Hill Memorial Fund of Ireland didirikan untuk Irlandia pada tahun 1928, untuk membantu melayani atau pensiunan staf dan tanggungan mereka, untuk mantan Departemen Pos dan Telegraf dan terus melayani perusahaan yang direorganisasi An Post dan eircom. Dana tersebut membantu lebih dari 300 orang setiap tahunnya.[8]

Peringatan Filateli[sunting | sunting sumber]

Untuk seratus tahun prangko pertama, Portugal mengeluarkan lembaran miniatur dengan 8 prangko yang menyebutkan namanya. Kemudian, pada peringatan seratus tahun kematiannya, sebuah prangko peringatan Hill diterbitkan oleh sekitar 80 negara. Secara keseluruhan, 147 negara telah mengeluarkan perangko untuk memperingatinya.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c WHO ARE WE?. Fortress Press. 2021-03-23. hlm. 123–140. 
  2. ^ Priestley, Joseph; Cooper, Thomas. ON FAITH AND PATIENCE. Cambridge: Cambridge University Press. hlm. 26–45. 
  3. ^ "Seaborne Exports and Imports". 1971. 
  4. ^ a b Perry, C. R. (2004-09-23). Hill, Sir Rowland (1795–1879), postal reformer and civil servant. Oxford Dictionary of National Biography. Oxford University Press. 
  5. ^ Faunce, William A.; Armytage, W. H. G. (1967-06). "A Social History of Engineering". Social Forces. 45 (4): 603. doi:10.2307/2575930. ISSN 0037-7732. 
  6. ^ Bartrip, P. W. J. (1980-02). ""A thoroughly good school": An examination of the Hazelwood experiment in progressive education". British Journal of Educational Studies. 28 (1): 46–59. doi:10.1080/00071005.1980.9973560. ISSN 0007-1005. 
  7. ^ 4. Pommern. De Gruyter. 1966-12-31. hlm. 478–491. 
  8. ^ a b c Hill, Sir Rowland (2006-02-16). 3120 FROM ROWLAND HILL 27 July 1824. Oxford University Press. hlm. 6–6. 
  9. ^ Hill, Rowland, first Viscount Hill (1772–1842). Oxford Dictionary of National Biography. Oxford University Press. 2017-11-28. 
  10. ^ a b O'Brien, Dennis (2010-02-14). "Needed: Some (Any!) Philosophy of Higher Education". Expositions. 3 (2). doi:10.1558/expo.v3i2.143. ISSN 1747-5376. 
  11. ^ Clark, Roy W. (1999-03). "We needed that!". The Physics Teacher. 37 (3): 131–131. doi:10.1119/1.880191. ISSN 0031-921X. 
  12. ^ Hill, Alex; Hill, Terry (2017-10-30). Scheduling and Executing Operations. London: Macmillan Education UK. hlm. 207–242. ISBN 978-1-137-52656-4. 
  13. ^ Muir, J D; Randalls, P B; Smith, G B (1990-07-07). "End tidal carbon dioxide detector for monitoring cardiopulmonary resuscitation". BMJ. 301 (6742): 41–42. doi:10.1136/bmj.301.6742.41-b. ISSN 0959-8138. 
  14. ^ Holway, John B. (2000-02). Hill, Pete (1880-1951), Negro League baseball player. American National Biography Online. Oxford University Press. 
  15. ^ Jakies allam, Jakies allam; Jakies allam, Jakies allam; Jakies allam, Jakies allam; Jakies allam, Jakies allam; Jakies allam, Jakies allam; Jakies allam, Jakies allam; Jakies allam, Jakies allam; Jakies allam, Jakies allam; Jakies allam, Jakies allam (2010-12-23). "Nfinity - The Best Volleyball Shoes On The Planet!". SciVee. Diakses tanggal 2022-04-22. 
  16. ^ Besnier, R.; Bastiat, Frédéric; Goddard, Arthus; Bastiat, Frederic (1966-05). "Economic Sophisms". Revue économique. 17 (3): 506. doi:10.2307/3499661. ISSN 0035-2764. 
  17. ^ Robinson, Forrest G. (1982). "American Places by Eliot Porter, Wallace Stegner, Page Stegner". Western American Literature. 17 (2): 161–162. doi:10.1353/wal.1982.0103. ISSN 1948-7142. 
  18. ^ Winterbotham, Henry Selfe Page (1837–1873). Oxford Dictionary of National Biography. Oxford University Press. 2017-11-28. 
  19. ^ The London encyclopaedia. Christopher Hibbert, Ben Weinreb (edisi ke-Third edition). London. 2010. ISBN 978-0-230-73878-2. OCLC 1004509294. 
  20. ^ May, Robert M.; May, Judith (1982-09). "Stamp watching and bird collecting". Nature. 299 (5878): 11–11. doi:10.1038/299011a0. ISSN 0028-0836. 
  21. ^ "Chadwick, Sir Edwin (1800–1890)". Oxford Dictionary of National Biography. Oxford University Press. 2018-02-06. 
  22. ^ a b c d Hill, Sir Rowland (1795–1879). Oxford Dictionary of National Biography. Oxford University Press. 2017-11-28. 
  23. ^ Papers from the Education Doctoral Research Conference Saturday 28 November 2015. Becky Morris, Tom Perry, Michael Hand, University of Birmingham, University of Birmingham. School of Education. Edgbaston, Birmingham. 2016-03. ISBN 978-0-7044-2862-1. OCLC 952664792. 
  24. ^ Burritt, Elihu (1868). A walk from London to Land's End and back. S. Low, Son, and Marston. 
  25. ^ "" Flying Machines: Past, Present, and Future," by Alfred W. Marshall, M.I.Mech.E., and Henry Greenly (London : P. Marshall and Co., 1909 ; 2nd edition, 138 pp. ; Is. net)." Aeronautical journal (London, England : 1897). 13 (51): 99–99. 1909-07. doi:10.1017/s0001924000154764. ISSN 2398-1873. 
  26. ^ "Hill, Edwin (1793–1876)". Oxford Dictionary of National Biography. Oxford University Press. 2018-02-06. 
  27. ^ Hill, Rosamond Davenport- (1825–1902). Oxford Dictionary of National Biography. Oxford University Press. 2017-11-28. 
  28. ^ FOREWORD. Canadian Museum of History. hlm. 9–10. 
  29. ^ Shopping centre. Manchester University Press. 2020-11-19. 
  30. ^ "Port Moresby Project - October 1966-October 1970 - View from hill looking north east, 5 February 1969". 2021-03-08. 
  31. ^ "Herbert, Captain Sir Sidney, (29 July 1890–22 March 1939), MP (U) Abbey Division of Westminster since 1932". Who Was Who. Oxford University Press. 2007-12-01. 
  32. ^ "Hill, Thomas William, (28 July 1866–29 July 1953)". Who Was Who. Oxford University Press. 2007-12-01. 
  33. ^ "Blomefield, Sir (Thomas) Charles (Peregrine), (born 24 July 1948), fine art and philatelic consultant". Who's Who. Oxford University Press. 2007-12-01. 

Bacaan lanjutan[sunting | sunting sumber]

  • Mengenal Dunia Filateli, Hobby Rekreatif Yang Bermanfaat, edisi 1995, Diterbitkan oleh Perusahaan Umum Pos dan Giro (Kini PT. Pos Indonesia).
  • Matthew Davenport Hill and Rowland Hill, Plans for the Government and Liberal Instruction of Boys in Large Numbers Drawn from Experience (1822); new ed. with additions (1827).
  • Rowland Hill, Home Colonies: a Plan for the Gradual Extinction of Pauperism and the Diminution of Crime. London, Simpkin and Marshall (1832) 52 pages. (New York Public Library SGF p.v.16, no.11.)
  • Rowland Hill, Post Office Reform: its Importance and Practicability (1837)
  • Rowland Hill and Arthur Hill, A History of Penny Postage with intro. by George Birkbeck Hill, "The Life of Sir Rowland Hill and the Penny Postage". 2 vols. London, T. De La Rue & Co. (1880)
  • David Allam, The Social and Economic Importance of Postal Reform in 1840. Batley: Harry Hayes, 1976
  • R. H. Coase, Rowland Hill and the Penny Post. Economica, New Series, Vol. 6, No. 24 (Nov., 1939), pp. 423–435.
  • H. W. Hill, Rowland Hill and the Fight for the Penny Post. Frederick Warne, 1940
  • M.J. Daunton, Rowland Hill and the Penny Post, History Today, August, 1985.
  • Jean Farrugia, The Life and Work of Sir Rowland Hill, 1795-1879.
  • Smyth, Eleanor C, Sir Rowland Hill, the story of a great reform, told by his daughter, 1907
  • Golden, Catherine J. (2009). Posting It: The Victorian Revolution in Letter Writing. [University Press of Florida]. ISBN 978-0-8130-3379-2. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]