SimulationX

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
SimulationX
Logo-SIMX 4C M.png
Sankey Hybrid.png
SimulationX, current version.
Pengembang ITI GmbH
Rilis stabil 3.6 (30 September 2013; 8 bulan yang lalu (2013-09-30))
Sistem operasi Microsoft Windows
Lisensi Proprietary
Situs web resmi SimulationX product page

SimulationX[1] adalah suatu CAE software khusus untuk simulasi teknik mesin secara fisik; software tersebut diciptakan dan dikomersialisasikan oleh ITI GmbH[2] di Dresden, Jerman. Para ilmuwan, insinyur aplikasi dari industri (untuk riset dan pengembangan produk baru) dan pembina pendidikan tinggi mempergunakan SimulationX untuk mendesain, simulasi, analisis, membuat model secara fisik dan mengetes sistem mekatronik rumit secara virtual. Dengan hanya memakai satu software platform SimulationX mensimulasi interaksi jenis-jenis efek fisikalis – dari mekanik 1D, mekanik 3D, proses mekanika mesin, dinamika-dinamika mesin, hydraulik sistem, pneumatik sistem, thermo sistem, proses penyaluran listrik, magnetik dan juga kontrol sistem secara analog/digital . Salah satu pemakaian utama SimulationX dari bermacam-macam aplikasi utama adalah simulasi proses mekanika dan dinamika mesin kendaraan roda empat. Pada tahun 2006 SimulationX telah dipilih oleh AEI Tech Award[3] sebagai „Top Product of Powertrain Simulation“ berkaitan dengan simulasi kestabilan mesin saat mesin beroperasi.

Informasi Perusahaan[sunting | sunting sumber]

SimulationX diciptakan dan dikomersialisasikan oleh ITI GmbH. Aktivitas utama dibidang virtual system engineering adalah pengembangan dan penjualan software (SimulationX). ITI GmbH beroperasi di seluruh dunia dibantu oleh beberapa anak perusahan dan agen-agen penjual .

Bidang penggunaan dan fitur[sunting | sunting sumber]

In-Ear Headphone

SimulationX menggunakan Windows OS untuk pemakaiannya. Software tersebut memiliki model-model siap pakai untuk berbagai jenis domain pemakaian fisikalis. Model-model tersebut diklassifikasikan di dalam beberapa „libraries“ sesuai dengan tujuan aplikasi. Model-model dipakai sebagai komponen-komponen dasar untuk pembuatan model-model baru yang lebih komplek. Dari model baru tersebut proses mekanika hidraulis, pneumatik, penyaluran listrik dan kontrol sistem bersangkutan dapat diintegrasikan di dalam satu 3D mekanik model (MBS system). Selama proses simulasi tersebut pemakai dapat melihat dan menganalisis situasi proses yang berjalan. Salah satu contoh proses adalah fluid control system untuk mesin-mesin konstruksi (loader, crane, excavator ….), dimana mekanika mesin, hidraulik dan kinematik sistem dipakai. SimulationX membentuk komponen-komponen dari sistem-sistem bersangkutan menjadi satu sistem lengkap. Sistem lengkap bersangkutan dipakai untuk tugas tribologi dan menganalisis penghematan energi pemakaian mesin.

Satu feature tambahan terdapat di dalam domain „Fluid“, yang dipakai sebagai komponen khusus untuk menciptakan model dari aplikasi subsea (subsea hidraulik, subsea elektrik dan offshore) sehingga proses dinamika dan mekanika pengeboran dan sirkulasi penyaluran minyak dan gas dapat disimulasi dan dianalisis. Aplikasi yang lain adalah tes virtual dari mesin-mesin pengeboran untuk di bawah dan di atas laut, seismograpi , konstruksi-kontruksi di bawah laut dan proses keadaan sesungguhnya. SimulationX membantu pemakai Modelica.[4] untuk mencipta model-model baru sendiri.

Antarmuka[sunting | sunting sumber]

SimulationX memiliki interfaces dari bermacam-macam CAx software, seperti:

  • CAE
  • CAD ( Pro/ENGINEER, Autodesk Inventor)
  • CAM
  • CAO) (Isight, modeFRONTIER, OptiY)
  • FEA/FEM
  • CFD

Co-Simulation adalah generic interface untuk menghubungkan SimulationX dengan CAE softtware lain misalnya MSC.Adams, SIMPACK, MATLAB/Simulink, Fluent, Cadmould. COM interface memungkinkan komunikasi antara SimulationX dan Windows untuk “user-defined” batch proses, embedded simulation, parameter studi atau optimisasi. Elemen-elemen tertentu tersedia untuk struktur dan system analisis lengkap (equilibrium calculation, natural frequencies, transfer function and input-output..[5]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Product Website
  2. ^ Homepage of ITI
  3. ^ Homepage of the society of automotive engineers
  4. ^ Modelica Newsletter 02/2013
  5. ^ SimulationX Interfaces

Pranala luar[sunting | sunting sumber]