Paku tanduk rusa

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Simbar menjangan)
Paku tanduk rusa
Platycerium
Paku tanduk rusa biasa (P. bifurcatum)
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan:
Divisi:
Kelas:
Ordo:
Famili:
Genus:
Platycerium

Spesies

lihat teks

Paku tanduk rusa adalah sekelompok tumbuhan paku epifit yang semuanya tergabung dalam genus Platycerium. Tumbuhan ini memiliki penampilan yang khas karena memiliki dua tipe ental dengan fungsi dan bentuk yang jelas berbeda, dengan salah satu tipe entalnya bercabang-cabang berbentuk seperti tanduk rusa. Tumbuhan paku yang juga dikenal sebagai simbar menjangan ini dapat tumbuh liar di berbagai penjuru daerah tropika dan subtropika Asia, Afrika, dan Australia, dengan satu jenis ditemukan di pegunungan Amerika Selatan.[1]

Pemerian[sunting | sunting sumber]

Platycerium superbum, jenis soliter.

Epifit sejati, dengan rimpang (rhizome) lunak namun liat, bergerombol dan menjalar pendek pada batang pohon atau bebatuan. Rimpang sulit dipotong dan tumbuh menjalar pendek, membuat tampilan seperti bergerombol.

Akar tumbuh pada rimpang dan melekat erat pada permukaan tempatnya menempel.

Ental agak tebal, tumbuh dari rimpang, duduk. Terdapat dua bentuk ental. Ental perisai yang melebar menutupi rimpang dan rumpun; ia menyangga daun steril (trophophyll). Ental tanduk tumbuh menjuntai atau tegak, muncul dari titik yang sama dengan ental perisai; ia berfungsi sebagai trophophyll sekaligus sporophyll (daun fertil pembawa spora). Spora dibentuk pada sori yang terletak di sisi bawah daun.

Ental perisai biasanya bercangap ke atas dan dapat "menangkap" sisa-sisa daun serta seresah dari tanaman inang sehingga menjadi humus yang terperangkap pada bagian dalam perisai. Dengan demikian, ental ini memiliki fungsi pelindung rimpang dan menyediakan lingkungan lembap dan hara bagi akar.

Ental yang menjuntai dapat bercabang-cabang mendua dan dapat mencapai panjang satu meter bahkan lebih, tergantung jenisnya. P. coronarium dapat memiliki daun fertil yang menjuntai hingga 2,5 m. Spora terdapat pada sporangia yang terlindung oleh sori yang tumbuh menggerombol di sisi bawah ental fertil, menyebabkan bagian yang berwarna coklat pada daun. Pola dan posisi sori ini menjadi salah satu ciri pembeda jenis-jenis Platycerium.

Beberapa jenis membentuk koloni rimpang (bercabang-cabang) sehingga memiliki lebih daripada satu titik pertumbuhan, seperti P. bifurcatum. Jenis-jenis semacam ini dapat diperbanyak secara aseksual dengan memisahkan rimpangnya. Namun demikian, ada pula yang hanya memiliki satu titik pertumbuhan sehingga soliter. Perbanyakan dengan spora terjadi jika spora tumbuh pada sudut batang pohon yang lembap. Bentuk gametofitnya mirip dengan kebanyakan jenis paku sejati, yaitu serupa jantung.

Banyak jenis Platycerium yang mampu bertahan pada kondisi kering tanpa hujan (xeric) dan memiliki jalur fotosintesis Crassulacean Acid Metabolism (CAM), seperti yang telah dipelajari terhadap P. veitchii.[2]

Kegunaan[sunting | sunting sumber]

Paku tanduk rusa merupakan salah satu Tanaman hias yang biasa dipelihara orang di pekarangan rumah, ditempel di pohon atau digantungkan untuk memberikan kesan alami pada taman. Beberapa jenisnya menghasilkan anakan yang dapat dipisahkan dari induknya secara hati-hati dan ditempelkan pada tempat lain.

Taksonomi dan jenis[sunting | sunting sumber]

Ada hampir 15 sampai 20 jenis anggota Platycerium, tergantung dari bagaimana memandang suatu varietas atau spesies. Berdasarkan penelitian Kreier dan Schneider (2016)[2] dapat ditunjukkan bahwa Platycerium merupakan sepupu taksonomis dari Pyrrosia dan di dalamnya terdapat tiga kelompok spesies di bawah genus, yang agak bermiripan dengan apa yang sudah disampaikan Joe Hoshizaki (1972) sebelumnya.[3] Kelompok ini juga berkaitan dengan sebaran biogeografi. Berikut adalah daftar jenis menurut pengelompokan dari Kreier dan Schneider.

Kelompok Afrika-Amerika[sunting | sunting sumber]

Kelompok yang berasal dari daratan kuno yang menyatukan Madagaskar, Afrika, dan Amerika Selatan. Sori terletak pada bagian tengah helai daun tanduk.

Kelompok Jawa-Australia[sunting | sunting sumber]

Kelompok beranggotakan bifurcatum complex, yang oleh beberapa penulis dianggap sebagai satu spesies. Sori terletak di bagian ujung helai daun tanduk.

Kelompok Malaya-Asia[sunting | sunting sumber]

Kelompok ini terbagi menjadi grup coronarium dan grup grande. Grup coronarium memiliki sori yang berada pada struktur mirip mangkuk, beranggotakan P. coronarium dan P. ridleyi. Sisanya adalah grup grande, dengan sori berada di cabang pangkal pertama daun tanduk.

Galeri[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sandbrink, J. M.; Ham, R.C.H.J. van; Brederode, J. van (1992). "Chloroplast DNA and Morphological Variation in The Fern Genus Platycerium (Polypodiaceae: Pteridophyta)" (PDF). Fern Gazette. 14 (3): 97–118. 
  2. ^ a b Kreier, H-P.; Schneider, H. (2006). "Phylogeny and Biogeography of The Staghorn Fern Genus Platycerium (Polypodiaceae, Polypodiidae)". American Journal of Botany. 93 (2): 217–225. doi:10.3732/ajb.93.2.217. ISSN 0002-9122. PMID 21646182. 
  3. ^ Joe Hoshizaki, B. (1972). "Morphology and phylogeny of Platycerium species". Biotropica. 4: 93–117. 
  4. ^ Darnaedi, Dedy; Clayton, Lynn (2020). "THE NANTU PLATYCERIUM GRANDE (POLYPODIACEAE), A NEW GENERIC RECORD OF PLATYCERIUM IN SULAWESI, INDONESIA". Reinwardtia. 19 (2). doi:10.14203/reinwardtia.v19i2.3860.  line feed character di |title= pada posisi 29 (bantuan)

Pranala luar[sunting | sunting sumber]