Silaen, Toba Samosir

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Silaen
—  Kecamatan  —
Peta Lokasi Kecamatan Silaen Kabupaten Toba Samosir.svg
Peta lokasi Kecamatan Silaen
Negara  Indonesia
Provinsi Sumatera Utara
Kabupaten Toba Samosir
Pemerintahan
 • Camat Dimposma Sihombing S.Sos MAP
Luas 175,82 km²
Jumlah penduduk 12.105
Kepadatan 68,8 jiwa/km²
Desa/kelurahan 23 desa

Silaen adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara, Indonesia, dengan ibu kota Silaen.

Kecamatan Silaen terdiri dari 23 Desa, diantaranya adalah: 1. Dalihan Natolu 2. Huta Gurgur I 3. Huta Gurgur II 4. Huta Namora 5. Lumban Dolok 6. Natolutali 7. Ombur 8. Pardomuan 9. Parsambilan 10. Pintu Batu 11. Sigodang Tua 12. Silaen 13. Sinta Dame (Cinta Damai) 14. Sitorang I

Mata pencaharian warganya umumnya adalah petani sawah dan peternak kerbau & babi. Sebagian besar persawahan telah terairi dengan irigasi dengan baik. Tetapi ketersediaan air masih tergantung dari musim. Sehingga menanam padi hanya 1 kali setahun. Karena jeda musin tanam padi yang cukup panjang, petani menyelingi dengan ternak ikan mas.

Dari sini banyak berasal marga Silaen, Sitorus, Napitupulu, Panjaitan, Baringbing, Siagian, Tampubolon, Simanjuntak dan lain lain.

Penduduk daerah ini mayoritas adalah suku Batak Toba, namun di ibukota kecamatan terdapat pula penduduk dari suku lain seperti Jawa, Padang, Batak Karo dan lainnya. Dikarenakan ibukota terdapat kantor-kantor dan institusi pemerintahan yang kebanyakan pegawai dan stafnya adalah dari suku-suku lain.

Agama yang dianut di daerah ini adalah Kristen Protestan, Katolik, dan sebagian kecil Islam.

Kode Pos 22382