Sikatan besar

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
?Sikatan besar
Status konservasi
Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Aves
Ordo: Passeriformes
Famili: Muscicapidae
Genus: Cyornis
Spesies: C. concretus
Nama binomial
Cyornis concretus
(Müller, 1835)
Sinonim

Stoparola concreta


Sikatan Besar (Cyornis concretus) adalah spesies burung dari keluarga Muscicapidae. Burung ini ditemukan di Indonesia, Cina, India, Brunei, Laos, Malaysia, Myanmar, Thailand, dan Vietnam.

Penjelasan[sunting | sunting sumber]

Burung ini berukuran sekitar 19 cm dengan kenampakan gelap. Tubuh bagian atas burung jantan berwarna biru-tua dengan warna hitam pada sisi-kepala dan bulu terbang. Bagian dada berwarna hitam bergradasi menjadi putih pada bagian tungging. Burung betina berwarna coklat; dengan pita putih lebar pada tenggorokan, perut dan penutup ekor bagian bawah juga berwarna putih. Tubuh bagian atas burung muda berwarna coklat dengan bintik-bintik merah-karat; sedang tubuh bagian bawahnya bersisik hitam. Iris mata berwarna coklat-tua, paruh hitam, kaki abu-abu tua.

Persebaran dan ras[sunting | sunting sumber]

Burung ini hidup sendirian, menghuni tumbuhan bawah di hutan perbukitan dan pegunungan pada rentang ketinggian antara 300 – 1300 m, meski kadang dapat dijumpai di dekat daerah pesisir. Terdapat tiga ras dengan persebaran sebagai berikut:

  • cyaneus (Hume, 1877): ujung timur-laut India (Arunachal Pradesh timur, Assam selatan, Meghalaya timur, Mizoram), Myanmar bagian selatan dan barat-laut (Tenasserim), China bagian selatan (Yunnan selatan), Thailand bagian barat dan selatan, Laos bagian utara dan Vietnam bagian utara (Tonkin ke selatan sampai Annam bagia tengah).
  • concretus (Statius Muller, 1836): Semenanjung Malaysia dan Sumatra bagian barat. Ciri: Terdapat bercak putih mencolok pada bagian ekor yang sering terkembang.
  • everetti (Sharpe, 1890): Kalimantan.

Referensi[sunting | sunting sumber]