Siegmund dari Austria

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Siegmund, Adipati Austria)
Langsung ke: navigasi, cari
Sebuah ukiran oleh W. Killian, 1623.

Siegmund dari Austria, Adipati, kemudian Adipati Agung Austria Selanjutnya (26 Oktober 1427 – 4 Maret 1496) merupakan seorang anggota keluarga Wangsa Habsburg adipati agung Austria dan pemimpin Tirol dari tahun 1446 sampai 1490.

Siegmund (atau Siegmund, terkadang juga dieja Sigmund) dilahirkan di Innsbruck; orangtuanya adalah Friedrich IV, Adipati Austria dan Anna dari Brunswick. Ia adalah sepupu pertama Friedrich III, Kaisar Romawi Suci, yang bertindak sebagai wali sampai tahun 1446.

Kehidupan dan karir[sunting | sunting sumber]

Pada tahun 1446, setelah akhir dari perwalian Friedrich III, ia mulai memerintah atas Tirol dan Austria Selanjutnya (yang lain) Vorderösterreich, yang termasuk Sundgau di Alsace, Breisgau, dan beberapa wilayah di Swabia. Pada tahun 1449, ia menikahi Puteri Eleanor dari Skotlandia, putri James I, Raja Skotlandia.

Untuk sebagian besar pemerintahannya, Siegmund sibuk bertikai dengan Nikolaus dari Cusa, yang kemudian menjadi Uskup Brixen, untuk menguasai bukit-bukit Eisack, Pustertal dan Inn. Pada tahun 1460, ketika ia memenjarakan Nikolaus, ia dikucilkan oleh Paus Pius II. Uskup itu melarikan diri ke Todi, namun meninggal sebelum adipati agung menyerah dengan upaya untuk menerima pengampunan kepausan.

Pada tahun 1469, ia menjual wilayah-wilayahnya di Rhein dan di Alsace kepada Charles sang Pemberani. Sumber tidak menjelaskan apabila ia menjual wilayah-wilayah tersebut kepada mereka karena hutang-hutangnya yang ia kumpulkan dari kehidupannya yang mewah atau hanya "menyewa" mereka karena ia ingin mereka terlindungi dengan lebih baik dalam melawan ekspansi Konfederasi Swiss Kuno. Bagaimanapun juga, ia membeli kembali wilayah-wilayah tersebut pada tahun 1474, dan bersama dengan Swiss (dengan siapa ia menandatangani perjanjian perdamaian di Konstanz) dan kota-kota Alsatia, ia berpihak melawan Charles di medan Perang Héricourt.

Pada tahun 1477, Friedrich III menunjuknya menjadi adipati agung. Tiga tahun kemudian, Eleanor wafat, dan pada tahun 1484, Siegmund menikahi Katharina dari Sachsen yang berusia 16 tahun, putri Albrecht, Adipati Sachsen. Ia tidak memiliki keturunan dari pernikahan-pernikahan tersebut.

Setengah guldengroschen dari tahun 1484.

Pada tahun-tahun kemudian tahun 1470 dan awal tahun 1480 Albrecht mengeluarkan sebuah dekrit yang menginstitusikan pencetakan uang logam radikal reformasi yang akhirnya menciptakan kreasi uang logam yang sangat besar dan berat di dunia di dalam hampir satu milenium, guldengroschen, yang dikembangkan oleh Habsburg di Bohemia kemudian kedalam thaler. Uang logam tersebut adalah leluhur dari banyak denominasi uang logam utama di Eropa yang datang kemudian (dan juga Dolar Amerika). Dengan menggunakan metode penambangan dan teknologibaru, tambang perak yang sebagian besar berada di Tirol dibawa kembali ke dalam produksi dan sejumlah negara segera membuka kembali tambang tua dan pencetakan uang logam yang sama. Produksi uang logam besar meledak sebagai perak dari koloni Spanyol di Amerika dan membanjiri perekonomian Eropa. Dari reformasi-reformasi itulah Siegmund mendapat julukan der Münzreiche, atau "kaya dengan uang logam".

Siegmund dengan mudah terpengaruh oleh nasihat buruk dewannya dan di bulan Maret 1487 ia menghadapi perang yang tidak berarti dengan Republik Venesia, kadang-kadang disebut Pertempuran Rovereto. Pasukan Tirol dengan cepat menyita tambang-tambang perak tersebut di bukit Valsugana yang dimiliki oleh Venesia, dan di bulan April 1487 Sigismund menganiaya Venesia lebih jauh lagi ketika ia memenjarakan 130 pedagang asal Venesia yang melakukan perjalanan ke pasar malam di Bozen (modern Bolzano) dan menyita barang-barang mereka. Tirol menyerbu jalanan sempit di antara gunung di Calliano dan kemudian menduduki kastil Rovereto menggunakan bombardir, salah satu potongan senjata yang besar yang digunakan di dalam perang. Perang itu terus berlangsung selama musim panas namun berakhir dengan tidak adanya kemenangan dikedua belah pihak. Salah satu korban konflik yang penting adalah condottiero Roberto Sanseverino, Pangeran Salerno.

Pada tahun 1490 oposisi dari populasi Tirol memaksa Siegmund untuk menyerahkan kepemimpinan kepada Adipati Agung Maximilian I, yang kemudian menjadi Kaisar Romawi Suci. Apabila Siegmund dengan suka rela menyerahkan kekuasaan kepada Maximilian atau dengan keras dipaksa oleh yang terakhir tidak jelas.

Silsilah[sunting | sunting sumber]

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Albrecht I dari Jerman
 
 
 
 
 
 
 
Albrecht II, Adipati Austria
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Elisabeth dari Tirol
 
 
 
 
 
 
 
Leopold III, Adipati Agung Austria
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Ulrich III, Pangeran Pfirt
 
 
 
 
 
 
 
Johanna dari Pfirt
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Joanna dari Burgundia
 
 
 
 
 
 
 
Friedrich IV, Adipati Austria
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Stefano Visconti dari Milan
 
 
 
 
 
 
 
Bernabò Visconti
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Valentina Doria
 
 
 
 
 
 
 
Viridis Visconti
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Mastino atau Martino II della Scala
 
 
 
 
 
 
 
Beatrice della Scala
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Taddea di Wangsa Carraresi
 
 
 
 
 
 
 
Siegmund, Adipati Austria
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Magnus I, Adipati Brunswick-Lüneburg
 
 
 
 
 
 
 
Magnus II, Adipati Brunswick-Lüneburg
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Sofie von Brandenburg
 
 
 
 
 
 
 
Frederick, Adipati Brunswick-Lüneburg
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Bernhard III, Pangeran Anhalt-Bernburg
 
 
 
 
 
 
 
Katharine von Anhalt-Bernburg
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Agnes dari Saxe-Wittenberg
 
 
 
 
 
 
 
Anna dari Brunswick
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Rudolf I dari Sachsen-Wittenberg
 
 
 
 
 
 
 
Wenzel I, Adipati Sachsen-Wittenberg
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Agnes dari Lindow
 
 
 
 
 
 
 
Anna dari Sachsen-Wittenberg
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Francis dari Carraresi, Pangeran Padua
 
 
 
 
 
 

Lihat pula[sunting | sunting sumber]

Pranala luar[sunting | sunting sumber]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  • Baillie-Grohman, William Adolph (1907). The Land in the Mountains. Philadelphia: J. B. Lippincott Company. hlm. 93–96. 
  • Coxe, William (1847). History of the House of Austria (ed. Third Edition). London: Henry G. Bohn, York Street, Covent Garden. 
  • Van Dyke, Paul, Paul (1905). Renascence Portraits. New York: Charles Scribner's Sons. 


Didahului oleh:
Adipati Agung Friedrich IV
Adipati Agung Austria Selanjutnya Diteruskan oleh:
Adipati Agung Maximilian I