Sidoarum, Godean, Sleman

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sidoarum
Desa
Negara  Indonesia
Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta
Kabupaten Sleman
Kecamatan Godean
Luas 306,37 ha
Jumlah penduduk 12.592 jiwa (laki laki adalah 6306 jiwa, perempuan 6286 jiwa (2005))
Kepadatan 4115 jiwa/km2

Sidoarum adalah sebuah desa yang terletak di kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Desa Sidoarum merupakan kawasan penyanggga Kota Yogyakarta, sehingga tumbuh sebagai kawasan hunian dan mengalami perkembangan pesat secara ekonomi. Pada mulanya Desa Sidoarum merupakan wilayah yang terdiri dari 2 (dua) Kelurahan, masing-masing adalah : Kelurahan Candran dan Krapyak. Berdasarkan maklumat Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta yang diterbitkan tahun 1946 mengenai Pemerintahan Kelurahan, maka Kelurahan-kelurahan tersebut kemudian digabung menjadi 1 Desa yang otonom dengan nama Desa Sidoarum, yang kemudian secara resmi ditetapkan berdasarkan Maklumat Nomor 5 Tahun 1948 tentang Perubahan Daerah-Daerah Kelurahan.

Geografis[sunting | sunting sumber]

Secara geografis, Desa Sidoarum terletak antara koordinat geografis adalah 5º46'18" LS - 5º49'16" LS dan 110º17'24" BT – 110º19'35" BT. Koordinat UTM adalah 423076 mT – 425820 mT dan 9138318 mU - 9142432 mU. Secara administratif, Desa Sidoarum termasuk dalam wilayah Kecamatan Godean Kabupaten Sleman. Desa ini terletak di sebelah barat Kabupaten Sleman yang jaraknya kurang lebih 7 km dari pusat pemerintahan Kabupaten Sleman dan 8 km dari Kota Yogyakarta.

Desa Sidoarum mempunyai topografi dataran rendah pada ketinggian 110 m diatas permukaan air laut. Hampir seluruh wilayah mempunyai topografi relatif datar dengan kemiringan rata-rata 0-2%. Secara umum topografi Desa Sidoarum melandai ke arah selatan, kemiringan sedikit curam terdapat di sekitar/sepanjang Sungai Kontheng dan Sungai Bedog.

Desa Sidoarum termasuk dalam Formasi Yogyakarta yang merupakan formasi endapan vulkanik Merapi Muda yang terbentuk pada zaman kuarter. Material penyusunnya yang dominan adalah pasir dan debu vulkanik, disamping itu terdapat pula sisipan tuff, abu, breksi, aglomerat dan lelehan lava yang tak terpisahkan. Jenis tanah yang terdapat di Desa Sidoarum adalah jenis tanah regosol. Jenis tanah ini berbahan induk abu vulkanis muda yang merupakan hasil erupsi Gunung Merapi berupa debu, pasir, lava, kerikil yang masih mengalami perkembangan. Tanah endapan ini berwarna kelabu.

Desa Sidoarum mempunyai iklim tropis dengan suhu udara rata-rata adalah 26º C, dan banyaknya curah hujan adalah 1.180 mm/tahun. Berdasarkan sistem Oldeman, Desa Sidoarum termasuk tipe iklim C2. Tipe iklim C2 adalah tipe iklim dengan jumlah bulan basah berturut-turut 5-6 bulan dan bulan kering berturut-turut 2-4 bulan.

Desa Sidoarum termasuk Daerah Aliran Sungai Kontheng dan Sungai Bedog. Kedua sungai ini berasal dari lereng Gunung Merapi, mengalir dari utara ke arah selatan dan bermuara di Sungai Progo. Keadaan air tanah di Desa Sidoarum rata-rata kurang dari 7 m. Jadi muka air tanah di Desa Sidoarum termasuk rendah.

Lurah Desa[sunting | sunting sumber]

  • Maryono
  • Muhadi Pranoto
  • Ganefo Sugihartono

Kode Pos[sunting | sunting sumber]

55564

Batas Desa[sunting | sunting sumber]

  1. Utara : Desa Sidomoyo Kecamatan Godean.
  2. Selatan : Desa Sidokarto Kecamatan Godean dan Desa Ambarketawang, Kecamatan Gamping.
  3. Barat : Desa Sidokarto Kecamatan Godean.
  4. Timur : Desa Nogotirto Kecamatan Gamping.

Pedukuhan di Sidoarum[sunting | sunting sumber]

No Nama Padukuhan Nama Dukuh Nama Kampung & Perumahan Jumlah Penduduk
1 Cokrokonteng - Cokrokonteng, Pengkol, Gesikan, Pesona Munggur, Griya Palem Hijau, Perum Munggur I,VI,VII & VIII, Griya Pratama I, Perum Sari Arum
2 Bantulan Triyanto Bantulan, Candran, Jomboran, Perum Bantulan Blok I & II, Perum Permata Godean II
3 Beji Warsidi Beji, Tinom, Betokan, Perum Arum Permai, Perum Gumuk Indah, Kurahan
4 Cokrobedog Turut Prapto Hartono Cokrobedog, Nglarang Lor, Nglarang Kidul, Perum Sidoarum Blok I & IV
5 Kramat Nurgiyanto Kramat, Krapyak, Tegal, Ngentak, Perum Sidoarum Blok II, III, & V, Perum Grand Century
6 Potrowangsan Satimin Kramat Kidul, Potrowangsan, Jengkelingan
7 Tangkilan Triyono Budi Santoso Tangkilan, Karang Tangkilan, Dukuh, Graha Indah Sejahtera, Griya Pesona Sidoarum
8 Sebaran Iwandaru Sebaran, Seworan, Dagen