Sidikalang, Dairi

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Sidikalang)
Langsung ke: navigasi, cari
Sidikalang
Kecamatan
Peta Lokasi Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi.svg
Peta lokasi Kecamatan Sidikalang
Negara  Indonesia
Provinsi Sumatera Utara
Kabupaten Dairi
Pemerintahan
 • Camat -
Luas 110,15 km²
Jumlah penduduk 48.894 (2010)
Kepadatan 692 jiwa per km² (2003)
Desa/kelurahan 11

Sidikalang adalah nama sebuah kecamatan di kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Sidikalang yang juga merupakan ibukota Kabupaten Dairi ini secara Geografis berada di barat laut Provinsi Sumatera Utara dengan luas daerah sekitar 191.625 Ha atau sekitar 2,67% dari luas keseluruhan provinsi Sumatera Utara (71.680.000 Ha). Kabupaten Dairi secara administratif terdiri dari 15 kecamatan, dengan 145 kelurahan. Jika ditinjau dari aspek Topografis Kecamatan Sidikalang yang berada di ketinggian 1.066 m dpl tersebut terdiri dari gunung-gunung dan bukit-bukit dengan kemiringan yang bervariasi. Keadaan lingkungan yang masih cukup alami dan Udara yang sejuk serta jumlah penduduk yang masih seimbang dengan luas wilayahnya, menjadikan Sidikalang sebagai daerah yang relatif nyaman untuk dihuni. Bagi penduduk di Kabupaten Dairi, Sidikalang merupakan kota pusat perdagangan,pendidikan, kesehatan,dan pelayanan umum lainnya.

Administratif[sunting | sunting sumber]

Sidikalang yang merupakan salah satu kecamatan, dan sekaligus sebagai ibukota kecamatan dan ibukota kabupaten, terdiri dari 11 kelurahan, yaitu:

  1. Sidiangkat
  2. Batang Beruh
  3. Bintang Hulu
  4. Kalang Simbara
  5. Bintang
  6. Kalang
  7. Kota Sidikalang
  8. Belang Malum
  9. Kuta Gambir
  10. Huta Rakjat
  11. Bintang Mersada

Kelurahan yang paling banyak penduduknya adalah Kelurahan Kota Sidikalang.

Demografi[sunting | sunting sumber]

Penduduk asli Kabupaten Dairi umumnya adalah Etnis Pakpak atau lebih umum dikenal dengan sebutan Pakpak Dairi. Juga banyak dihuni etnis pendatang lain seperti Batak Toba, Batak Karo, Batak Simalungun, suku Minang, dan suku Jawa.

Potensi geografis[sunting | sunting sumber]

Keadaan Topografinya yang terdiri dari pegunungan dan perbukitan serta udara yang sangat sejuk menjadi salah satu faktor penentu mayoritas pekerjaan masyarakat Dairi pada umumnya yang kini adalah petani. Beberapa komoditas pertanian unggulan dari Kab. Dairi antara lain yaitu Nilam, Kemenyan, Jagung, Kopi, Umbi-Umbian, Sayur-mayur, Pisang, Nangka, Kentang. Jika ditinjau dari segi Geografisnya, tanaman buah-buahan seperti buah Terong Belanda, Markisa, Nenas, Semangka, Apel, Jeruk,Stroberry juga dikembangkan didaerah ini. Durian juga sangat cocok dikembangkan di daerah ini, rasa dan aroma durian yang berasal dari daerah ini punya ciri khas dibanding durian yang berasal dari daerah lain. Sayangnya untuk durian tidak dijumpai sepanjang waktu karena Pembudidayaannya yang masih tradisional mengakibatkan durian tidak bisa dijumpai di sepanjang tahun, masa pemanenan masih musiman. Musim durian biasanya sekitar bulan Desember s/d bulan Januari.

Selain potensi pertanian, beberapa tahun terakhir ini Pemerintah Daerah Kab. Dairi juga sedang mengembangkan potensi pertambangan sejenis Timah Hitah dan Bijih Seng Zinc and Lead yang di kelola oleh Perusahaan PT.Dairi Prima Mineral anak perusahaan Bumi Resources

Komoditas unggulan[sunting | sunting sumber]

Kopi Sidikalang[sunting | sunting sumber]

Biji kopi goreng

Salah satu komoditas unggulan yang terkenal dari Sidikalang adalah kopi. Kopi sidikalang sangat terkenal akan kenikmatan cita rasanya, bukan hanya di dalam negeri saja tetapi hampir seluruh pecinta kopi Dunia mengakuinya. Kopi sidikalang juga telah mampu bersaing dengan Kopi Brazil, yaitu salah satu kopi terbaik di Dunia. Luas Keseluruhan Perkebunan kopi Robusta Kab. Dairi adalah 14.117 Ha dengan produksi 6.770,33 ton/tahun sedangkan pertanaman kopi Arabika seluas 5.771,5 Ha dengan produksi 2.639,05 ton/tahun.

Nilam[sunting | sunting sumber]

Nilam

Nilam (Pogostemon cablin Benth) merupakan tanaman penghasil minyak atsiri (Pachouli oil) sebagai bahan dasar pembuat parfum. Jenis Tanaman ini telah cukup lama di budidayakan oleh penduduk di Kab. Dairi.

Kentang[sunting | sunting sumber]

Kentang Sidikalang

Luas perkebunan kentang Kabupaten Dairi pada tahun 2009 adalah seluas 239 Ha. Pekebunan tersebut terpusat di Kecamatan Parbuluan. Produktivitas rata-rata kentang di Kabupaten Dairi adalah 182 Kw/Ha. Luas perkebunan kentang tersebut diperkirakan dari tahun ketahun akan terus meningkat, demikian pula hasil produksinya.

Terong Belanda (Tiung Sidikalang)[sunting | sunting sumber]

Terong Belanda

Selain itu disidikalang juga ada satu jenis buah yang sangat terkenal yaitu buah tiung yang dalam bahasa Indonesia dikatakan Terong Belanda. Buah ini sangat berkasiat sebagai menambah darah, serta memperlancar peredaran darah. Buah ini kalau belum matang rasanya asam tetapi kalau sudah matang rasanya sangat manis dan empuk.

Pendidikan[sunting | sunting sumber]

Beberapa SMA, SMK, STM, di Kecamatan Sidikalang- Kabupaten Dairi:

  • SMP:
  1. SMP Negeri 1 Sidikalang
  2. SMP Negeri 2 Sidikalang
  3. SMP Negeri 3 Sidikalang
  4. SMP Bukit-Cahaya
  5. SMP Perguruan Nasional
  6. SMP HKBP
  7. SMP Santo Paulus
  • SMA:
  1. SMA Negeri 1 Sidikalang
  2. SMA Negeri 2 Sidikalang
  3. SMA Bukit Cahaya
  4. SMA Perguruan Nasional
  5. SMA HKBPĪ
  6. SMA Cahaya II (Santo Petrus) Sidikalang
  7. Madrasah Aliyah Negeri Sidikalang
  • SMK:
  1. SMK Negeri 1 Sidikalang
  2. SMK Negeri 2 Sidikalang
  3. SMK HKBP Sidikalang
  4. SMK Bukit Cahaya
  5. SMK Swasta Anugerah
  6. Pariwisata Prima Sidikalang (Mengajarkan Bahasa Jepang) JLB
  • STM di antaranya
  1. SMK pemda dairi
  2. SMK bukit-cahaya

Kemajuan tingkat pendidikan dalam program wajib bejar 9 Tahun di daerah Sidikalang sudah mencapai 90%. Selain itu untuk SMAN 1 Sidikalang termasuk salah satu SMA favorit di sumatera utara, selain berstandar nasional SMA ini selalu lulus 100% untuk ujian nasional dan meluluskan 70% alumninya kePTN favorit di indonesia.

Fasilitas dan Kegiatan[sunting | sunting sumber]

  1. Fasilitas Angkutan dari Medan - Sidikalang (Dairi Transport,HIMPAK,Sampri, BTN dan PAS)
  2. Fasilitas Rumah Sakit yang kian Membaik.
  3. Fasilitas Joging Track (Halaman Gedung Djauli Manik)
  4. Lapangan & Kolam Renang (Panji Porsea, Perluasan, Komplek Asrama Militer)
  5. Hotel (Hotel Sidikalang, Hotel Dairi, Hotel Beristera, Hotel Angkasa Raya)
  6. Pusat Percetakan (KREATIVINDO DESIGN PRINTING & ADVERTISING X-prezz Digital Printing, Saroha, Adventina, Nathan, Rokayata & Makmur)
  7. Pusat Pasar Modern Sidikalang
  8. Sekolah Tinggi Theologia Oikumene Injili (STT OI) Jl. Rimo Bunga no. 19 Sidikalang.

Kuliner[sunting | sunting sumber]

Penduduk asli Sidikalang adalah suku Pakpak, oleh karena itu alangkah baiknya kalau kita mencicipi aneka kuliner khas suku Pakpak yang terdiri dari:

  1. Pelleng
  2. Nakan Merasa atau Nakan Pagit
  3. Nditak
  4. Ginaru Ncor
  5. Nakan Nggersing

Tokoh dari Sidikalang[sunting | sunting sumber]

Ada beberapa tokoh yang cukup diperhitungkan dari Sidikalang, yaitu:

Referensi[sunting | sunting sumber]