Sidamulya, Wanasari, Brebes

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Sidamulya
—  Desa  —
Negara  Indonesia
Provinsi Jawa Tengah
Kabupaten Brebes
Kecamatan Wanasari
Kodepos 52252
Luas -
Jumlah penduduk 5.860 Jiwa
Kepadatan -

Sidamulya adalah sebuah desa yang terletak di Kecamatan Wanasari, Brebes, Jawa Tengah. Dengan jumlah penduduk 5.860 jiwa, mata pencarian penduduk setempat sebagian besar adalah petani bawang merah. Tingkat kemakmuran desa mencapai 45%.Batas-batas desa Sidamulya adalah timur adalah sungai Pemali, sebelah selatan berbatasan dengan desa Sisalam, sebelah utara berbatasan dengan desa Wanasari, sebelah barat adalah persawahan yang masuk wilayah desa Sidamulya. Desa Sidamulya juga memiliki wilayah yang terpisah oleh sungai Pemali yaitu dukuh Pulo, karena letaknya sebelah utara sungai tersebut.

Salah satu tokoh masyarakat yang menonjol adalah bapak Kasir (1940 - 1996). Semasa hidupnya pernah menjabat sebagai ketua Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD). Melalui lembaga yang dipimpinnya ia membangun bersama kepala desa dan masyarakatnya dimulai dari periode Lurah Siyad, Guntoro, Taharyo dan Juwari, SP, Juwari, SP masa berakhir pada Februari 2013. Pada kepemimpinan Bpk. Juwari, SP telah dilaksanakan Listrik Masuk desa adalah salah satu program yang dijalankan yang bisa dinikmati hingga saat ini. Saat ini kepemimpinan (kepala desa) dipimpin oleh Bpk. Mulyanto, . Bpk. Mulyanto anak Mantan Kepala Desa yaitu Bpk. Taiyo. Kemajuan desa Sidamulya semakin pesat dengan pengaspalan seluruh jalan desa serta adanya fasiltas pendidikan yaitu SMU Negeri Wanasari yang berlokasi di Desa Sidamulya dan Pasar Tradisional akan menambah penghasilan bagi masyarakat Desa Sidamulya.

Masyarakat desa Sidamulya dikenal sebagai masyarakat agamis dan ulet bekerja. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat adalah bertani. Namun, jumlah petani gurem masih cukup banyak. Petani gurem adalah petani yang memiliki luas tanah terbatas. Mata pencaharian lain masyarakat desa Sidamulya adalah pegawai negeri, pedagang, dan buruh tani. Sebagian masyarakat juga berprofesi sebagai pedagang musiman dan hidup merantau di Jakarta.


Tokoh Masyarakat Lain yang Berpengaruh adalah :

  1. Siyad
  2. Kyai Ismail
  3. Guntoro
  4. Kyai Dumak (Alm.)

Beberapa Nama warga yang sukses di daerah lain :

  • Drs. Rasiswo (almarhum, mantan Kepala DLLAJR Jateng)
  • Drs. Kusoro Siadi, M.Si (Dosen Universitas Negeri Semarang)
  • Drs. Suharto Kasir, S.Pd, M.Hum (Dosen Universitas Negeri Semarang)
  • Kolonel Cba Haryono (bertugas di Mabes TNI)
  • Sudibyo Wasrowi, S.E (Pegawai Perpajakan di Jakarta)
  • Arjono, SH
  • Dan lain lain