Sick Puppies

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Sick Puppies
Sick Puppies tampil di Big Day Out 2007 di Perth, Australia
Sick Puppies tampil di Big Day Out 2007 di Perth, Australia
Informasi latar belakang
AsalSydney, Australia
Genre
Tahun aktif1997–sekarang
Label
Situs websickpuppies.com
Anggota
Mantan anggota

Sick Puppies adalah grup musik rock Australia yang dibentuk di Sydney pada tahun 1997. Setelah merilis album debut mereka, Welcome to the Real World pada tahun 2001, band ini menjadi terkenal pada tahun 2006 ketika lagu mereka "All the Same" diunggah, bersama dengan sebuah video, ke YouTube. Video tersebut mendukung Kampanye Pelukan Gratis, yang diluncurkan di Sydney, dan sejak itu telah dilihat lebih dari 78 juta kali di situs web tersebut. Kesuksesan ini disusul dengan album studio kedua mereka, Dressed Up as Life pada 2007, yang masuk Billboard 200 di nomor 181. Album studio ketiga mereka, Tri-Polar, keluar pada 14 Juli 2009. Album studio keempat band, Connect dirilis pada 16 Juli 2013. Mereka merilis album studio kelima mereka, Fury pada 20 Mei 2016 dengan vokalis baru Bryan Scott setelah Shimon Moore dikeluarkan dari band pada Oktober 2014.

Sejarah[sunting | sunting sumber]

Awal karir (1997–1999)[sunting | sunting sumber]

Grup musik ini dibentuk oleh penyanyi/gitaris utama Shimon Moore dan bassis Emma Anzai di ruang musik Mosman High School pada tahun 1997, ketika mereka memesan kamar ganda dan bertengkar tentang siapa yang akan berlatih. Mereka segera terikat karena cinta mereka pada Silverchair. Awalnya dengan Shimon pada drum dan Emma pada gitar, duo ini sering bertemu untuk memainkan lagu Green Day, Rage Against the Machine, dan Silverchair, dan akhirnya merasa terdorong untuk menulis materi mereka sendiri. Ketika Chris Mileski bergabung dengan band untuk bermain drum, Emma beralih ke bass dan Shimon ke gitar dan vokal, dan mereka menjadi Sick Puppies.

Ada dua cerita tentang bagaimana nama band ini berasal. Versi resminya adalah bahwa Shimon Moore memikirkan nama itu sendiri ketika anggota band sedang bertukar pikiran, dan kemudian pulang beberapa hari kemudian untuk menemukan ayahnya Phil membaca buku Sick Puppy oleh Carl Hiaasen. Versi alternatifnya adalah anjing tetangga memasuki garasi selama latihan dan memuntahkan peralatan mereka. Seorang penggemar awal membuat komentar, "Itu salah satu anak anjing yang sakit", dan namanya macet. [rujukan?]

Emma Anzai mengambil pekerjaan sebagai telemarketer dan Shimon mengambil pekerjaan memegang papan sandwich di Pitt Street Mall di Sydney. Melalui pembiayaan mereka sendiri dan dengan bantuan dari ayah Shimon (seorang musisi dan produser), band ini merilis EP debut Dog's Breakfast.

Keberhasilan awal (2000–2008)[sunting | sunting sumber]

Grup musik ini memasuki kompetisi band Triple J Unearthed pada tahun 2000 dengan demo lagu mereka, "Nothing Really Matters", dan memenangkan wilayah Sydney bersama dengan Blue dan Ariels.Spans.Earth., yang menghasilkan kesepakatan manajemen dengan Paul Stepanek Management. Kesepakatan ini memungkinkan band untuk merilis album studio debut mereka, Welcome to the Real World pada tahun 2001, dan EP kedua mereka, Fly pada tahun 2003. Band ini memutuskan bahwa mereka membutuhkan awal yang baru ketika label rekaman mereka telah menandatangani kontrak dengan fold dan mereka drummer Chris Mileski meninggalkan band. Mereka memutuskan untuk pindah ke Los Angeles ketika fotografer rock Robert Knight, yang kemudian menjadi lawan main dalam film dokumenter berjudul Rock Prophecies dengan band, berkata kepada manajer mereka, "Anda harus memindahkan band ke sini, saya benar-benar berpikir mereka akan melakukannya dengan baik. ". Karena mereka tidak memiliki drummer, band ini memasang iklan di Craigslist, di mana mereka menemukan drummer mereka saat ini, Mark Goodwin.

Pada tahun 2007, Sick Puppies merilis album kedua mereka, Dressed Up As Life. Album ini muncul setelah sukses besar dari "Kampanye Pelukan Gratis", dan menampilkan singel pelarian mereka "All the Same". Lagu tersebut mencapai nomor delapan di tangga lagu Modern Rock AS dan juga ditampilkan dalam video untuk Kampanye Pelukan Gratis, yang memenangkan video YouTube tahun ini pada tahun 2006. Mereka menindaklanjuti singel tersebut dengan "My World", yang memuncak di No. 20. Band ini juga merilis "Pitiful" dan "What Are You Looking For" sebagai single pada tahun 2008.

Tri-Polar dan rilis terkait (2009–2012)[sunting | sunting sumber]

Sick Puppies masuk ke studio rekaman pada Desember 2008 untuk menulis, merekam, dan memproduseri album studio mereka berikutnya, yang dirilis pada 14 Juli 2009. Mereka juga menulis sebuah lagu untuk video game Capcom Street Fighter IV berjudul "War", dan telah telah digunakan dalam iklan dan promosi untuk game. Itu juga mencapai 40 besar di lagu-lagu rock top iTunes. "War" digunakan selama video pengantar playoff Stanley Cup Washington Capitals 2009. Lagu ini juga dimasukkan sebagai lagu pertama di Tri-Polar. Single pertama mereka dari Tri-Polar, "You're Going Down", mencapai No. 1, dan digunakan sebagai lagu tema untuk Extreme Rules bayar per tayang WWE pada Juni 2009. Lagu itu juga digunakan di SmackDown vs. Raw 2010 , trailer film My Soul to Take (2010), dan di trailer dan kredit pembuka Tekken. Single kedua dari album, "Odd One", hit radio pada 10 November.

Sick Puppies merilis lagu baru berjudul "That Time of Year" di NCIS: The Official TV Soundtrack – Vol. 2 dan melalui halaman MySpace mereka untuk liburan. Single ketiga dari album, "Maybe", menghantam stasiun radio pada 22 Juni. "Maybe" memuncak di No 1 di Billboard Heatseekers, No 15 di Rock, dan No 6 di Alternatif. Ini adalah lagu Sick Puppies pertama yang berada di tangga lagu Hot 100, menjadikannya lagu band yang paling sukses. Single keempat album, "Riptide", dirilis pada Februari 2011, dan memuncak di nomor 6 di Billboards Rock Chart. Tri-Polar dirilis di Inggris pada 4 April 2011.

Pada 14 Agustus 2009, Sick Puppies membuat debut film mereka di Rock Prophecies, sebuah film dokumenter tentang karir fotografer musik terkenal Robert Knight. Film pemenang penghargaan ini menampilkan kehidupannya saat ia memulai syuting musik hebat seperti Led Zeppelin dan Jimi Hendrix, dan misinya saat ini untuk menemukan band-band yang sedang naik daun saat ini dan membantu mereka menjadi band rock top masa depan. Ini termasuk dia meyakinkan Sick Puppies untuk meninggalkan rumah mereka untuk mengejar kesuksesan di industri musik Amerika di Los Angeles.

Menurut bassis Emma Anzai, "(Robert Knight) seperti, 'Hei, aku ingin memasukkanmu ke dalam filmku', jadi kami seperti, 'Baiklah, keren.' Jadi sekarang dua tahun kemudian dan dia mendokumentasikan ketika kami membuat album pertama, pertunjukan pertama, semua hal semacam itu. Itu sangat keren. Dia ingin sebuah band baru... berkembang." Selama proses tersebut, band ini difilmkan selama beberapa hari pada suatu waktu, dan mengatakan bahwa mereka akan melupakan kamera yang ada di sana dan bertindak sesuai dengan itu, jadi film ini menangkap mereka dan interaksi mereka yang sebenarnya dari sorotan. Itu sebagian karena keterlibatan mereka dalam proyek ini dan dukungan Mr. Knight bahwa mereka dapat memperoleh kontrak rekaman Amerika pertama mereka dengan RMR/Virgin/EMI. Kontrak rekaman ini kemudian menghasilkan album AS pertama, Dressed Up as Life. Rock Prophecies ditayangkan secara nasional di PBS dan tersedia dalam bentuk DVD pada 14 September 2010.

Pada 7 April 2010, Sick Puppies merilis EP akustik berjudul Live & Unplugged, menampilkan tiga lagu dari album Tri-Polar mereka dan satu B-Side dari album itu. Versi "Odd One", "So What I Lied", dan "The Pretender" direkam di studio, sedangkan "You're Going Down" direkam secara langsung di stasiun radio Chicago selama wawancara. Untuk mempromosikan EP, Sick Puppies menawarkan paket merchandise yang mencakup Tri-Polar dan Live & Unplugged dengan litograf edisi terbatas; paket ini dijual di konser mereka. Pada tanggal 1 Maret 2011, Sick Puppies merilis EP Polar Opposite tujuh lagu mereka yang seluruhnya akustik, yang mencakup versi akustik dari "Riptide", "Don't Walk Away", dan banyak lagi. Itu direkam di studio, bersama dengan iringan ansambel string. Anzai juga menyumbangkan lebih banyak vokal utama dalam rekaman.

Album selanjutnya dan kepergian Shimon Moore (2013–sekarang)[sunting | sunting sumber]

Sick Puppies merilis album tindak lanjut ke Tri-Polar pada 16 Juli 2013. Band ini awalnya menyatakan di UStream bahwa judul kerjanya adalah Under the Black Sky dan akan ada lagu dengan judul yang sama. Mereka kemudian mengkonfirmasi bahwa nama album telah berubah, dan secara resmi mengumumkan judul album menjadi Connect, dan singel utamanya, "Tidak Ada yang Kembali" dirilis pada 20 Mei 2013. Singel kedua dari album, "Gunfight" , dirilis pada 13 Oktober 2013. Connect dirilis di Eropa pada 31 Maret 2014. Single ketiga album, "Die to Save You", dirilis pada 29 April 2014. Single keempat album, "Connect", dirilis pada 19 Juli 2014. Pada Oktober 2014, musisi Amerika Blue Stahli mengumumkan bahwa Anzai telah mengerjakan lagu "Not Over 'Til We Say So" untuk album mendatangnya The Devil.

Pada 20 Oktober 2014, diumumkan bahwa vokalis Shimon Moore telah meninggalkan band dan dua anggota yang tersisa akan melanjutkan tanpa dia. Ini meninggalkan bassis Emma Anzai sebagai satu-satunya anggota asli yang tersisa di band. Belakangan diduga bahwa Moore dipecat setelah dia berusaha membubarkan band melalui seorang pengacara. Moore menyatakan bahwa dia diusir saat berada di luar kota dan dia tidak mengetahuinya sebelumnya. Dia mengatakan dia sedih dan dia berharap band ini baik-baik saja.

Pada tanggal 15 Desember 2015, band ini menggoda musik mereka yang akan datang. Mereka juga menandatangani untuk bermain tur termasuk Rock on the Range. Pada tanggal 8 Februari 2016, mereka mengungkapkan vokalis baru mereka, Bryan Scott, yang sebelumnya bermain dengan Glass Intrepid dan Dev Electric, dan melakukan tur singkat sebagai vokalis untuk band rock Atlantic Records Emphatic pada tahun 2011, sambil mempratinjau single baru berjudul Stick to Your Guns. Pada tanggal 31 Maret 2016, Sick Puppies merilis single mereka "Stick to Your Guns". Album Fury dirilis pada 20 Mei 2016.

Anggota[sunting | sunting sumber]

Sick Puppies di Camp Humphreys pada tahun 2019

Anggota saat ini[sunting | sunting sumber]

  • Emma Anzai – bas, vokal latar (1997–sekarang)
  • Mark Goodwin – drummer, vokal latar (2003–sekarang)
  • Bryan Scott – vokal utama, gitaris (2016–sekarang)

Mantan anggota[sunting | sunting sumber]

  • Chris Mileski – drummer, vokal latar (1997–2003)
  • Shimon Moore – vokal utama, gitaris (1997–2014)

Timeline[sunting | sunting sumber]

Diskografi[sunting | sunting sumber]

Penghargaan dan nominasi[sunting | sunting sumber]

Tahun Nomine / karya Penghargaan Hasil
2001 Nothing Really Matters Triple J Unearthed Competition Menang
Sick Puppies Australian Live Music Awards' "Best Live Act" Menang
2003 Sick Puppies The National Musicoz Awards' "Best Rock Artist" Nominasi[4]
2006 Free Hugs (All the Same) YouTube Video of the Year' "Inspirational" Menang[5]
2007 Sick Puppies Yahoo! Music's "Who's Next" award Menang[6]
2011 Sick Puppies Bandit Rock Awards' "International Breakthrough Award" Menang[7]
2012 Maybe BMI Pop Award Menang[8]

Trivia[sunting | sunting sumber]

Shimon Moore dan Emma Anzai juga sesekali turun dalam dunia lakon. Keduanya pernah ditampilkan di acara berseri TV Australia All Saints. Moore juga memainkan peran utama Jamie Duncan di film Australia tahun 2000, Selkie.

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ Sick Puppies Biography at AllMusic
  2. ^ "Sick Puppies – Welcome to the Real World (staff review)". Sputnikmusic. Diakses tanggal 22 October 2011. 
  3. ^ Elliott, Tim (7 November 2009). "Sick Puppies learn new tricks". The Sydney Morning Herald. Diakses tanggal 22 December 2017. 
  4. ^ "Sick Puppies". Musicoz.org. 
  5. ^ "SPOTLIGHT ARTIST : SICK PUPPIES – Musician Photo Journal". musicianphotojournal.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-06-30. Diakses tanggal 2022-03-27. 
  6. ^ "Sick Puppies Win Yahoo's Who's Next, Release Album Cover Art". pluginmusic.com. Diarsipkan dari versi asli tanggal 2016-03-04. Diakses tanggal 2022-03-27. 
  7. ^ "Archived copy". Diarsipkan dari versi asli tanggal 14 May 2013. Diakses tanggal 13 February 2013. 
  8. ^ "Carole King Named BMI Icon at 60th Annual BMI Pop Awards". BMI.com. 

Pranala luar[sunting | sunting sumber]