Kucing siberia

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
(Dialihkan dari Siberia (kucing))

Siberia

Nama lain Kucing hutan siberia
Kucing bulu setengah panjang moskwa
Neva masquerade (versi titik warna)
Asal Rusia Siberia, Rusia
Standar ras
TICA standar
FIFe standar
WCF standar
CFA standar
FFE standar
ACF standar
AACE standar
ACFA/CAA standar
Kucing domestik (Felis catus)

Kucing siberia (atau kucing bulu setengah panjang moskwa) adalah salah satu ras kucing domestik alami[1] yang berasal dari Siberia, Rusia.[2] Kucing siberia memiliki nama lengkap kucing hutan siberia.[1][3] Beberapa organisasi pendaftaran kucing menyebut kucing siberia titik warna dengan sebutan neva masquerade, termasuk Fédération Internationale Féline (FIFé).

Kucing ini masih merupakan kerabat dekat ras maine coon dan kucing hutan norwegia. Kucing siberia diperkirakan sudah ada sejak 1000 tahun SM dan sudah pernah mengikuti kontes kucing di Inggris pada tahun 1871.


Karakteristik[sunting | sunting sumber]

Kucing siberia merupakan ras kucing bertubuh pendek dengan bulu sedang.[2] Kucing ini memiliki daun telinga yang ujungnya meruncing dengan ukuran mata yang kecil jika dibandingkan dengan ukuran kepalanya.[1] Kucing siberia memiliki ekor yang mengembang.[4]

Kepribadian[sunting | sunting sumber]

Kucing siberia adalah kucing yang ramah, baik, cerdas, giat, kuat, dan lincah. Kucing ini akan mengeong dengan suara khasnya ketika menyambut pemiliknya. Kucing siberia sangat suka air dan mereka sering menjatuhkan mainan ke dalam air. Kucing ini bukanlah kucing hipoalergenik. Kucing siberia senang bermain dan berjelajah keluar rumah.[1]

Referensi[sunting | sunting sumber]

  1. ^ a b c d (Inggris) Siberian Forest Cat. www.petmd.com. Diakses 29 Agustus 2014.
  2. ^ a b Galeri Foto Kucing Siberian (Moscow Semi-longhair). www.kucing.biz. Diakses 18 Mei 2014.
  3. ^ (Inggris) Somerville, Louisa (2007). The Ultimate Guide to Cat Breeds. Edison, New Jersey, US: Chartwell Books. hlm. 86. ISBN 9780785822646. According to legend, the Siberian Forest Cats traditionally lived in Russian monasteries, where they patrolled the rafters on the lookout for intruders. Although fierce, the monks treated them as loving and loyal companions.  Diakses 29 Agustus 2014.
  4. ^ Foto Kucing Siberian Diarsipkan 2014-09-21 di Wayback Machine.. wikimedia.org. Diakses 29 Agustus 2014.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]