Shuttle Radar Topography Mission

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Satellite image of Cape peninsula.jpg
Maps-for-free Sierra Nevada.png

Shuttle Radar Topography Mission adalah sebuah penelitian internasional yang bertujuan untuk mendapatkan model elevasi digital pada skala global kecil dari 56 o Lintang Selatan hingga 60 o Lintang Utara untuk menghasilkan database bumi dalam bentuk topografi digital yang memiliki resolusi tinggi yang paling lengkap. SRTM terdiri dari radar yang dimodifikasi secara khusus yang terbang bersama Space Shuttle Endeavour selama sebelas hari pada misi 11 s/d 22 Februari 2000.

Model elevasi diatur menjadi berbentuk persegi-persegi yang masing-masing mencakup satu derajat garis lintang dan satu derajat garis bujur, dinamai dari sudutnya. Misalnya, n45e006 berarti persegi yang menutupi area dari 45 o LU, 6 o BT hingga 46 o LU, 7 o BT. Resolusi dari sumber data adalah satu arc-detik. Setiap satu arc-detik persegi memiliki 3601 baris, masing-masing terdiri dari 3601 sel 16 bit bigendian. DImensi dari tiga arc-detik persegi adalah 1201 x 1201.

Model elevasi yang diturunkan dari data SRTM digunakan dalam Geographic Information Systems dand apat diunduh secara bebas melalui internet dengan format .hgt yang didukung oleh beberapa piranti lunak yang sedang dikembangkan.

SRTM adalah proyek internasional yang dipimpin oleh US National Geospatial-Intelligence Agency (NGA) dan NASA.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]