Shin Megami Tensei: Persona 3

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
Langsung ke: navigasi, cari
Shin Megami Tensei: Persona 3
Pengembang Atlus Co.
Penerbit Atlus Co. (Jepang/Asia dan Amerika Utara)
Koei (Eropa)
THQ (Jerman)
Platform PlayStation 2
Tanggal rilis Persona 3:

JPN 13 Juli 2006
AU 14 Agustus 2007[1]
PAL 28 Januari, 2008
Persona 3: FES:
JPN 19 April 2007
AU 22 April 2008

Genre RPG
Mode Seorang pemain
Media digital/distribusi 1 DVD-ROM

Shin Megami Tensei: Persona 3 (ペルソナ3 Perusona 3?) adalah judul keempat di dalam seri permainan video RPG berkonsol Persona. Persona 3 dirancang dan diterbitkan oleh Atlus Co. untuk sistem konsol Sony PlayStation 2. Persona 3 dikeluarkan di Jepang pada 13 Juli 2006, sedangkan dirilis di Amerika Utara pula pada 24 Juli 2007, tetapi karena kesalahan produksi dengan buku seni Persona 3, tanggal keluarannya ditangguhkan sampai 14 Agustus, 2007, serta rilis di Eropa dan Australia pada 29 Februari 2008.Sebuah bab baru dan beberapa tambahan yang lain dibuat dalam sebuah judul tambahan, yaitu Persona 3: FES, dikeluarkan di Jepang pada 19 April 2007, sedangkan di Amerika Utara pada 22 April 2008.

Persona 3 membawa para pemain mengontrol kehidupan seorang pelajar yang bergabung anggota lain dari SEES-yaitu Specialized Extracurricular Execution Squad-untuk melawan Shadow dan makhluk lain yang muncul dalam waktu Dark Hour, yaitu waktu yang berlalu di antara satu hari dan hari berikutnya, setiap hari, yang hanya disadari oleh beberapa manusia saja. Para pemain menggunakan senjata dan kemampuan sihir melalui penggunaan "Persona" untuk mengalahkan musuh di dalam sebuah sistem bertarung sesuai giliran. Salah satu fitur yang ironik dalam judul ini terlihat ketika karakter-wataknya menyerukan Persona mereka: dengan menarik picu Evoker yang menyerupai sebuah pistol, yang ditargetkan di kepala mereka, yang tidak melukai mereka, tetapi memberi tekanan emosi yang cukup untuk memanggil keluar Persona tersebut. Selain elemen-elemen biasa yang dilihat dalam RPG lainnya, Persona 3 juga memiliki elemen simulasi dating yang serupa dengan pola permainan The Sims, menurut perjalanan karakter-wataknya melalui pergerakan hari demi hari di dalam satu tahun sekolah, mengembangkan hubungan dan menciptakan rantai sosial untuk memperkuat Persona yang digunakan dalam pertarungan.

Judul ini telah menerima kritik yang positif dan mendapat beberapa penghargaan untuk tahun 2007.

Persona 3 versi Amerika Utara memiliki buku seni tersebut, serta sebuah CD soundtrack.[2]

Gaya permainan[sunting | sunting sumber]

Persona 3 merupakan sebuah judul pembaruan dari judul-judul sebelumnya karena jalan ceritanya bertahan melalui waktu yang tetap, yang terjadi hari demi hari berdasarkan satu tahun kalender,[3] dibandingkan gaya judul-judul RPG biasa yang lain. Seperti judul-judul sebelumnya, karakter utamanya menuntut di sebuah sekolah menengah; akan tetapi, di dalam judul ini aktivitas sekolah adalah penting dalam membangun sifat-sifat gaya utama tersebut.[4] Misalnya, jika tokoh utamanya putus untuk belajar di perpustakaan sifat "Akademik" dirinya akan meningkat, ataupun dengan meneguk segelas "pheromone Coffee" di mana "Karisma" dirinya akan meningkat, ataupun dengan meluangkan waktunya menyanyi di pusat Karaoke untuk meningkatkan sifat "Keberanian" dirinya. Menciptakan "Rantai Sosial" (Social Link) dengan bersahabat dan merapatkan hubungan di antara teman sekelas dan lain-lain juga merupakan aspek utama yang penting, karena akhirnya, kekuatan setiap hubungan yang terikat dengan Gaya Utama akan berdampak pada kinerjanya di dalam pertarungan. Gaya permainan Persona 3 adalah agak mirip dengan gaya permainan judul-judul permainan video RPG Jepang seperti Harvest Moon, Azure Dreams, atau judul ciptaan Atlus sendiri yaitu Imodoki no Vampire: Bloody Bride. Meskipun separuh dari permainannya ditujukan khusus kepada kehidupan sebagai seorang remaja (bersosialisasi, bergabung klub, belajar, dan sebagainya), separuh lagi melibatkan pertarungan di dalam Tartarus, sebuah menara misterius yang awalnya merupakan sekolah menengah tokoh utamanya, dimana setelah melalui perubahan pada tengah malam, sekolah tersebut berubah menjadi menara yang dipenuhi musuh bergelar "Shadows". Beberapa tingkat tertentu dihuni "bos" dan lemari-lemari emas, sedangkan barang-barang yang ditemukan di dalam sebuah kotak pula ditaburkan di merata-rata tempat. Setiap lantai di dalam Tartarus tidak memiliki peta yang tetap, kecuali lantai yang dihuni bos-bos kecil tersebut, justru daerah mereka adalah acak setiap kali para pemain mengunjunginya. Kombinasi aspek-aspek seperti aktivitas harian serta eksplorasi-eksplorasi misteri ini memberi Persona 3 sebuah identitas unik dikalangan judul-judul Shin Megami Tensei, dan juga kalangan genre RPG umumnya.

Sistem pertarungan Persona 3 adalah bergilir, di mana gaya utama dan teman seperjuangannya menggunakan Persona mereka untuk melawan musuh. Pertarungan di dalam Persona 3 memamerkan penggunaan sistem Once More (Sekali Lagi), serupa dengan sistem Press Turn Battle (Pertarungan Tekan Bergilir) yang digunakan di dalam judul-judul Shin Megami Tensei belakangan ini seperti Digital Devil Saga, di mana para pemain diberi ganjaran dengan mengeksploitasi elemen kelemahan pihak musuh. Namun, hanya giliran tambahan yang diberikan kepada individu yang berhasil melakukan ini, dan bukannya seluruh partai. Misalnya, jika seorang pemain menyerang satu Shadow yang lemah terhadap api dengan elemen api, musuh itu akan rebah. Jika semua musuh direbahkan, suatu serangan yang digelar All-out Attack (Serangan Habis-habisan) bisa dilakukan, di mana setiap anggota partai akan menyerang pihak musuh sekaligus, melukai mereka dengan serangan yang kuat, ditampilkan dengan gaya buku komik di mana onomatopoeia "Bam!" muncul di layar.

Hanya karakter protagonisnya saja yang bisa dikontrol sacara langsung di dalam pertarungan, sementara rekan-rekannya ataupun anggota partai yang lain adalah di bawah kontrol AI.[5] Para pemain bisa memberi pedoman AI menggunakan preset "Taktik", seperti "Sembuh/Dukung" atau "Serangan Lengkap", yang bisa ditambahkan oleh pemain sepanjang permainannya. AI di dalam Persona 3 termasuk juga tokoh utamanya adalah di bawah pengaruh parameter kesehatan yang berangsur dari "terbaik" ( Great) ke "Baik" ( Good) atau "Letih" (Tired) ke "Sakit" ( Sick) sepanjang eksplorasi mereka di Tartarus. Jika seorang pemain atau rekan NPC di tingkat "letih" atau "sakit", prestasi mereka di dalam pertarungan akan menurun dengan drastis, dan akan lebih sering menerima serangan kritikal. Selain itu, jika seorang karakter itu di tingkat "sakit", karakter tersebut dapat mengakibatkan karakter-karakter lain terserang penyakit ini. Dengan istirahat yang cukup, kesehatan karakter bisa dipulihkan.

Di dalam pertarungan, Gaya Utama dan rekan-rekannya menyerukan Persona mereka menggunakan sejenis alat yang berbentuk mirip dengan sebuah pistol bergelar "Evoker" (secara lit. "Pembangkit"), dengan meletakkan ujung objek tersebut di kepala mereka dan menarik picunya.[6] Dengan bantuan Persona mereka, partai mereka mampu menggunakan sihir dan melempar serangan khusus (anggota partai itu sendiri bisa melakukan serangan fisik biasa tanpa bantuan Persona). Meskipun teman Anda hanya mampu menyerukan satu Persona saja, Gaya Utama mampu menyimpan, menyerukan dan mengubah Persona pilihannya, meskipun di dalam pertarungan. Bila tingkat para Persona meningkat para pemain mewarisi sifat-sifat di dalam statistik dasar seperti kekuatan dan magis. Persona baru tersedia melalui permainan kartu acak, ataupun melalui cantuman dua atau lebih Persona yang dimiliki. Dalam hal ini, mata pengalaman bonus yang diberikan kepada Persona yang dicantumkan adalah berdasarkan kekuatan Rantai Sosial yang terkait dengan "Arcana" Persona tersebut. Social Link ataupun S-Link yang berada di tingkat yang rendah menyumbang poin pengalaman yang kecil, sedangkan S-Link di tingkat yang lebih tinggi menyumbang poin pengalaman yang lebih menguntungkan. Hubungan Rantai Sosial yang berada di batas maksimum diperlukan untuk menciptakan Persona yang terkuat di dalam setiap Arcana.

Plot[sunting | sunting sumber]

Seorang remaja yang dibesarkan sebagai seorang anak yatim saat kecil kembali ke kota zaman silamnya. Segera setelah pindah sekolah ke Sekolah Menengah Gekkoukan, dia diserang oleh beberapa Shadows - makhluk yang hidup dengan memakan pikiran korban mereka. Serangan tersebut membangkitkan Persona di dalam dirinya, Orpheus, yang merupakan satu-satunya kesempatan yang dimiliki untuk mengalahkan makhluk hitam itu. Dia kemudian menemukan bahwa dia berbagi kekuasaan istimewa ini dengan murid-murid lain di sekolah barunya. Melalui merekalah dia mengetahui tentang keberadaan "Dark Hour" (Waktu Gelap), sebuah dimensi dunia yang ada di antara satu-satu hari dan hari kemudian, dihuni penuh oleh makhluk Shadows. Dia bergabung kelompok Specialized Extracurricular Execution Squad (SEES) maupun Tim Pelaksana Khusus Aktivitas Tambahan, dan bersama rekan-rekannya, mulai melawan ancaman Shadows.

Setelah menandatangani kontrak di mana dia "menerima takdirnya pada pilihannya sendiri," Gaya Utama Persona 3 mulai menentang Greater Shadows, jelmaan kembali sifat-sifat dan bentuk yang serupa dengan Arcana Mayor dua belas pertama di dalam permainan pakau. Saat ini terjadi, dia tidak putus-putus bertemu dan akhirnya bersahabat dengan seorang anak lelaki yang memberinya kontrak tersebut pada awal kisah judul ini, yang merupakan satu entitas yang mengelar dirinya sebagai Pharos, maupun identitas sebenarnya adalah Death, yaitu Arcana yang ketiga belas.


Rujukan[sunting | sunting sumber]

  1. ^ "Persona 3 - Penangguhan Tarikh Keluaran". Atlus. 
  2. ^ Atlus mengesahkan tarikh keluaran AU dan Kandungan;15 Ogos 2007
  3. ^ Persona 3 di 1UP.com; 8 Mei 2007
  4. ^ Jeff Haynes (2007-07-24). "Shin Megami Tensei: Persona 3 Review". IGN.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help); Unknown parameter |accessmonthday= ignored (help)
  5. ^ Kevin VanOrd (2007-07-24). "Shin Megami Tensei: Persona 3 Review". GameSpot.  Unknown parameter |accessyear= ignored (help); Unknown parameter |accessmonthday= ignored (help)
  6. ^ Ulasan Gamespot- Persona 3

Pranala luar[sunting | sunting sumber]