Shigeo Iwanami

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Shigeo Iwanami
Lahir27 Agustus 1881
Jepang Suwa, Prefektur Nagano, Jepang
Meninggal25 April 1946
PekerjaanPengusaha

Shigeo Iwanami (岩波 茂雄, Iwanami Shigeo) (27 Agustus 1881 - 25 April 1946) adalah pengusaha Jepang yang mendirikan penerbit Iwanami Shoten.

Iwanami dilahirkan sebagai putra sulung keluarga petani di Suwa, Prefektur Nagano. Ayahnya meninggal sewaktu ia masih duduk di bangku sekolah menengah pertama. Sebagai putra sulung, ia harus menggantikan kedudukan ayahnya sebagai kepala keluarga, dan pekerjaannya membantu ibunya bertani. Pada tahun 1889, Iwanami berangkat ke Tokyo untuk melanjutkan sekolah menengah pertama, dan lulus pada tahun berikutnya.

Pada tahun 1901, Iwanami mulai bersekolah di Dai Ichi Kōtō Gakkō (Sekolah Lanjutan Atas I) karena ingin diajar oleh guru bernama Jūgō Sugiura. Peristiwa bunuh diri Misao Fujimura membuat Iwanami terkejut hingga tidak mengikuti ujian dan dikeluarkan dari sekolah.

Pada tahun 1905, Iwanami diterima menjadi mahasiswa Jurusan Filsafat Universitas Kekaisaran Tokyo, dan menikah pada tahun berikutnya. Setelah lulus pada tahun 1908, Iwanami bekerja sebagai guru sekolah menengah atas khusus putri, tetapi akhirnya minta berhenti.

Di kawasan toko buku distrik Kanda, Tokyo, Iwanami membuka toko yang menjual buku bekas pada tanggal 5 Agustus 1913. Toko bukunya diberi nama Iwanami Shoten (Toko Buku Iwanami). Tidak seperti lazimnya toko buku pada zaman itu yang menjual buku dengan sistem tawar menawar, toko buku Iwanami menggunakan sistem harga pas dan label harga.

Pada tahun 1914, Iwanami berkenalan dengan Natsume Sōseki dan mendapat kepercayaan untuk menerbitkan karyanya yang berjudul Kokoro. Sōseki menanggung seluruh biaya penerbitan, dan novel tersebut menjadi buku pertama yang diterbitkan Iwanami Shoten. Setelah Sōseki tutup usia, Iwanami bersama Yoshishige Abe menerbitkan kumpulan semua hasil karya Sōseki dengan judul Sōseki Zenshū. Setelah itu, Iwanami Shoten mulai menerbitkan majalah Shisō (1921), Kagaku (1931), dan Bunka (1934), serta seri Iwanami Bunko sejak tahun 1927.

Yayasan Fujūkai yang bertujuan membantu peneliti, ilmuwan, dan mahasiswa didirikannya pada tahun 1940. Namun pada tahun yang sama, Iwanami dan Sōkichi Tsuda dituntut pengadilan karena dituduh melanggar Undang-undang Penerbitan. Iwanami memang menerbitkan 4 judul buku karya Sōkichi Tsuda (termasuk Kojiki oyobi Nihon Shoki no Kenkyū) yang mendapat pelarangan terbit. Pada tahun 1942, Iwanami dinyatakan bersalah namun bebas setelah naik banding pada tahun 1944.

Pada bulan Maret 1945, Iwanami terpilih sebagai anggota Kizoku-in (Parlemen Kekaisaran) dalam pemilihan umum untuk mengisi kursi anggota dewan yang kosong. Pada bulan September tahun yang sama, Iwanami jatuh pingsan karena pendarahan otak. Tahun berikutnya, Iwanami menerbitkan majalah berjudul Sekai, dan menjadi penerima Penghargaan Kebudayaan (Bunka Kunshō). Pada tanggal 25 April 1946, Iwanami Shigeo, 64 tahun, tutup usia. Makamnya berada di Tōkei-ji, sebuah kuil di Kamakura, Prefektur Kanagawa.

Bibiografi[sunting | sunting sumber]

Tulisan Iwanami Shigeo:

  • Dokushoshi ni yosu: Iwanami Bunko Hakkan ni Sai shite (Pengantar yang menjelaskan tentang seri Iwanami Bunko)

Daftar pustaka[sunting | sunting sumber]

  • Abe Yoshishige. Iwanami shigeo den. Tokyo: Iwanami Shoten, 1957.
  • Kobayashi Isamu. Sekirekisō shujin: hitotsu no Iwanami Shigeo den. Tokyo: Iwanami Shoten, 1963.
  • Oka Shigeo. "Iwanami Shigeo-san to no deai", Honya Fuzei. Heibonsha, 1974. hlm. 224-228.
  • Shiba Ryōtarō. "Tetsugaku shoshi", "San nin no shigeo" dalam Honjo fukagawa sanpo kanda kaiwai. Kaidō o yuku 36, Asahi Shimbunsha, 1992.
  • Tokyo Keiji Chihō Saibansho, ed. Tsuda Sōkichi Iwanami Shigeo shuppanhō ihan yoshin shūketsu kettei-sho. Tokyo: Tokyo Keiji Chihō Saibansho, 1941.

Pranala luar[sunting | sunting sumber]